Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 2

Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 2


Berikut adalah Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 2 yang dapat anda pilih untuk memenuhi bahan bacaan anda terkait tentang bidang teknik industri :


Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di industri

Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di industri

Anizar
ISBN : 978-979-756-560-2
Harga Resmi Penerbit : Rp 89.800,00
Halaman : X + 190

Sinopsis :
Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di industri

Secara umum penyebab kecelakaan ada dua, yaitu unsafe action (faktor manusia) dan unsafe condition (faktor lingkungan). Menurut penelitian bahwa 80-85% kecelakaan disebabkan oleh unsafe action. Kecelakaan pasti akan menimbulkan kerugian baik dari segi biaya maupun waktu tersita. Kecelakaan kerja adalah salah satu dari sekian banyak masalah di bidang kesehatan kerja. Dengan menerapkan usaha keselamatan dan kesehatan kerja (K3) maka kejadian kecelakaan kerja semestinya bisa dihindari. Namun acapkali masih sering terjadi saja kecelakaan, baik dari faktor pekerja, peralatan, mesin atau sekitar pekerjaan. Dampak kecelakaan kerja dirasakan langsung oleh pekerja, di mana pekerja dapat mengalami cedera dari ringan sampai berat bahkan dapat menyebabkan kematian. Dampak tidak langsung dirasakan oleh masyarakat misalnya hilangnya waktu kerja, produktivitas menurun, dan lain-lain. Oleh karena besarnya kerugian yang ditanggung maka kecelakaan harus dicegah. Dan pencegahan kecelakaan itu perlu ada campur tangan dari berbagai pihak yang terkait, karena bagaimanapun pekerjalah yang mempunyai potensi untuk terkena kecelakaan. Pencegahan kecelakaan harus berdasarkan pengetahuan tentang sebab-sebab kecelakaan, itu dapat diketahui dengan mengadakan analisa tentang kecelakaan. Dari sini, kebijakan perusahaan memegang peranan penting dalam mengatasinya sehingga hal-hal yang tidak diinginkan tersebut tidak terjadi. Tentu saja pihak pekerja memegang peranan penting untuk meminimalisasi kecelakaan akibat kerja tersebut.


Unit Air Baku dalam Sistem Penyediaan Air Minum

Tri Joko
ISBN : 978-979-756-596-1
Harga Resmi Penerbit : Rp 109.800,00
Halaman : XIV + 230

Sinopsis :
Unit Air Baku dalam Sistem Penyediaan Air Minum

Air baku untuk air minum rumah tangga, yang selanjutnya disebut air baku adalah air yang dapat berasal dari sumber air permukaan, cekungan air tanah dan/atau air hujan yang memenuhi baku mutu tertentu sebagai air baku untuk air minum. Unit air baku dapat terdiri dari bangunan penampungan air, bangunan penampungan air, bangunanan pengambilan/penyadapan, alat pengukuran dan peralatan pemantauan, sistem pemompaan, dan/atau bangunan sarana pembawa serta perlengkapannya. Buku ini dimulai dengan penjelasan tentang apa itu sistem penyediaan air minum, kebijakan pemerintah dalam pengembangan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan selanjutnya menjelaskan tentang jenis-jenis, potensi sumber air baku dan permasalahan terhadap kualitas dan kuantitas berkaitan dengan pengembangan sistem penyediaan air minum. Buku ini juga menjelaskan bagaimana sumber air baku untuk air minum itu terbentuk, faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terhadap kualitas, kuantitas dan kontinuitasnya serta menjelaskan bagaimana sistem penyadapannya.




Sistem Produksi Tepat Waktu

Agus Ristono
ISBN : 978-979-756-591-6
Harga Resmi Penerbit : Rp 132.800,00
Halaman : X + 284

Sinopsis :
Sistem Produksi Tepat Waktu

Buku ini membahas tentang berbagai model dalam Just-in-Time (JIT) dan berbagai teori yang berkaitan dengannya, dimulai dari konsep JIT itu sendiri, Kanban beserta model-model tarik dan dorong, model lini rakit, sistem produksi tahap ganda, metode penjadwalan urutan, pengurangan waktu Setup, sinkronisasi manufaktur, penjadwalan bottleneck, model empiris JIT, sampai dengan market driven system. Pembahasan dalam sistem produksi yang tepat waktu ditentukan dari ketepatan proses dalam lantai produksi, sehingga perlu pembahasan yang menyeluruh barkaitan dengan berbagai teori yang dapat memberikan ketepatan dalam sistem produksi. Kelebihan yang ditunjukkan dalam buku ini adalah adanya penjelasan tentang model matematika yang digunakan disertai juga dengan contoh penerapan dari model matematika yang digunakan dalam buku ini. Kelebihan yang lainnya adalah pembahasan yang sangat rinci berkaitan dengan model-model dasar dari sistem produksi tepat waktu.



Perancangan Produk

Rosnani Ginting
ISBN : 978-979-756-567-1
Harga Resmi Penerbit : Rp 122.800,00
Halaman : x+262

Sinopsis :
Perancangan Produk

Buku ini ditulis untuk dipergunakan sebagai referensi bagi mata kuliah Perancangan produk dan Rancangan Teknik Industri. Selain itu buku ini juga dapat digunakan oleh para praktisi pada bagian perancangan produk dibagian manufaktur dan jasa. Perancangan produk merupakan langkah-l;angkah rancangan suatu produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Buku ini membahas: Perancangan dan Karakteristiknya Fase-fase dalam Proses Perancangan ProdukPeranan Kreativitas dalam Perancangan Produk Analisa Atribut Produk Klarifikasi Tujuan Penetapan Fungsi Penetapan Kebutuhan Penentuan Karakteristik dengan QFD Pembangkitan Alternatif Evaluasi Alternatif Improving Details Strategi Perancangan Perancangan Produk secara Ergonomi.




Psikologi Teknik Industri

Minto Waluyo
ISBN : 978-979-756-536-7
Harga Resmi Penerbit : Rp 99.800,00
Halaman : viii + 212

Sinopsis :
Psikologi Teknik Industri

Bidang industri secara umum dibagi menjadi dua yakni industri manufaktur dan jasa, dalam memproduksi jasa/manufaktur ada empat elemen fokus yang jadi perhatian yakni pelanggan, manusia, strategi dan sistem.Proses industri melibatkan manusia (pekerja) yang mempunyai hirarki kebutuhan seperti yang diungkapkan Maslow, yang terdiri dari kebutuhan fisiologis dasar, kebutuhan akan rasa aman dan tentram, kebutuhan untuk dicintai dan disayangi, kebutuhan untuk harga diri dan kebutuhan untuk aktualisasi diri. Menciptakan masyarakat industri berharkat dan bermartabat harus diperhatikan materi duniawi dan jasmani secara seimbang sehingga rohani dan jasmani tidak pincang yakni berjalan selaras dan serasi. Sebab itu masyarakat industri/calon masyarakat industri (Mahasiswa) perlu bekal materi psikologi industri yang terdiri dari Materi Psikologi Industri & Organisasi, Psikologi Manusia, Pola Pikir, Sikap, Tindak dan Tunduk, Kepemimpinan, Moralitas dan Mentalitas, Motivasi, Kreatifitas dan Inovasi, Daya Juang dan Daya Saing, Kesungguhan, Enterprenuer dan semangat, Globalisasi, Rekrutmen, Seleksi & Penempatan Kerja, Psikiologi Untuk Industri, Nilai Tambah, Stres dan Keselamatan Kerja, Kepuasan Kerja &Konsumen, dan Keberhasilan Organisasi/ Perusahaan




Perencanaan & Pengendalian Produksi

Sukaria Sinulingga
ISBN : 978-979-756-521-3
Harga Resmi Penerbit : Rp 192.800,00
Halaman : x+418

Sinopsis :
Perencanaan & Pengendalian Produksi

Materi pembahasan buku ini meliputi: Bab 1 Pengertian statistik dan statistika, deskriptif dan inferensial Bab 2 Cara penyajian data sehingga mudah dibaca Bab 3 Uraian rataan dan varians Bab 4 Dasar teori dan peluang, berapa sebaran deskriftif dan kontinyu terutama yang paling sering digunakan Bab 5 Sebaran sampel dengan uraian konsep yang mudah dimengerti Bab 6 Teori tentang menaksir suatu parameter beserta penggunaanya Bab 7 Pengujian hipotesis sebagai pemahaman terapan teori statistik untuk salah satu dasar pengambilan keputusan Bab 8 Analisis Varians (pengembangan lebih dalam) serta beragam variasi pengujian hipotesis atas sebaran data dalam berbagai peubah yang banyak digunakan dalam eksperimen Bab 9 Uji Khi Kwadrat yang merupakan pengujian kecocokan sebaran frekwensi data dalam pengamatan dengan teoritis sebaran tertentu.




Penjadwalan Mesin

Rosnani Ginting
ISBN : 978-979-756-466-7
Harga Resmi Penerbit : Rp 126.800,00
Halaman : x+272




Manajemen Persediaan

Agus Ristono
ISBN : 978-979-756-456-8
Harga Resmi Penerbit : Rp 147.800,00
Halaman : XII+316

Sinopsis :
Manajemen Persediaan

Buku ini membahas tentang berbagai model dalam sistem persediaan, dimulai dari persediaan tradisional kemudian berlanjut kepada model yang lebih sesuai dengan kondisi aktual. Kondisi tersebut berkaitan dengan model persediaan karena adanya back order, kehilangan penjualan, potongan harga dan kenaikan harga. Model yang dibahas tidak hanya bersifat deterministik statis maupun dinamis saja, melainkan juga model persediaan yang berkarakteristik probabilistik. Kelebihan yang ditunjukkan dalam buku ini adalah adanya  penjelasan tentang proses pembentukan berbagai model matematika yang digunakan dalam buku ini secara rinci, mulai dari influence diagram, hubungan verbal hingga proses pembuatan hubungan matematikanya. Buku ini diakhiri dengan pembahasan tentang kebijakan apa yang harus dilakukan oleh perusahaan karena adanya perubahan sistem persediaan yang sedang dijalani di perusahaan tersebut.
Materi Pembahasan meliputi:
Konsep Persediaan
Manajemen Persediaan Tradisional
Model Persediaan Deterministik
Model Persediaan Deterministik dengan Backorder
Model Persediaan deterministik dengan Potongan Harga
Model Persediaan Deterministik dengan Perubahan Harga
model Persediaan Deterministik dengan Laju Kedatangan Uniform
Model Persediaan Deterministik Dinamis
Model Persediaan Banyak Produk
Manajemen Persediaan Agregat
Konsep Persediaan Probabilistik
Analisis Sistem Persediaan Probabilistik
Safety dalam Persediaan Probabilistik
Model Persediaan Under Risk
Perubahan Sistem Inventori




Simulasi Sistem Industri

Miftahol Arifin
ISBN : 978-979-756-455-1
Harga Resmi Penerbit : Rp 112.800,00
Halaman : X+240




Manajemen Proyek Konsep & Implementasi

Budi Santosa
ISBN : 978-979-756-441-4
Harga Resmi Penerbit : Rp 118.800,00
Halaman : XVI+248

Sinopsis :
Manajemen Proyek Konsep & Implementasi

Manajemen proyek kini merupakan keharusan, bukan lagi sekedar pilihan. Ini berarti bahwa pekerjaan-pekerjaan tertentu akan lebih efisien dan efektif jika dikelola dalam kerangka proyek dan bukan diperlakukan sebagai pekerjaan biasa. Dengan demikian diperlukan penerapan manajemen proyek secara benar. Maka memahami manajemen proyek secara benar sangatlah penting dalam rangka bisa melaksanakannya.

Buku ini membahas manajemen proyek sedemikian rupa hingga mudah untuk dipahami bagi pembaca yang sedang mempelajarinya. Buku ini menyajikan teori dan implementasi mengenai manajemen proyek. Setelah membaca buku ini diharap pembaca  memahami konsep, metodologi dan implementasi dari manajemen proyek.

Materi pembahasan meliputi:
Konsep dan Pengertian
Siklus Hidup Proyek
Organisasi Proyek
Tim Proyek
Perencanaan Proyek
Penjadwalan Proyek
Minimasi Biaya dan Alokasi Sumberdaya
Estimasi Biaya dan Penganggaran
Pengendalian Proyek
Evaluasi, Audit, Pelaporan dan Penyelesaian Proyek
Pemilihan Proyek
Mengelola Konflik dalam Proyek
Manajemen Risiko Proyek
Critical Chain Project Management




Manajemen Teknologi

Nazaruddin
ISBN : 978-979-756-381-3
Harga Resmi Penerbit : Rp 92.800,00
Halaman : VIII+198

Sinopsis :
Manajemen Teknologi

Teknologi sudah menjadi faktor dominan dalam kehidupan sehari-hari termasuk dalam kegiatan bisnis di mana teknologi menentukan jalannya masyarakat (determinisme teknologi). Untuk tetap mempertahankan daya saing perusahaan, pihak manajemen dituntut mempunyai kemampuan bukan hanya sekedar keahlian manajemen tetapi memahami kebutuhan teknologi perusahaan sehingga sesuai dengan tujuan perusahaan. Dikotomi antara keahlian manajerial dengan penguasaan teknologi yang merupakan disiplin berbeda saat ini mulai tereleminir. Seorang manajer yang berkeahlian manajemen harus memahami teknologi demikian juga sebaliknya, sehingga pemanfaatan teknologi menjadi optimal.

Buku ini membahas masalah yang mendasar terkait dengan bagaimana perusahaan mengelola teknologi yang merupakan jantungnya kegiatan produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing  perusahaan, mulai dari bagaimana mengevaluasi kebutuhan teknologi, perencanaan, pemilihan sampai pada pengambilan keputusan terkait dengan pengadaan teknologi perusahaan.
Buku ini  dapat dijadikan referensi bagi pembaca yang sedang mempelajari  Teknik Industri atau Manajemen pimpinan perusahaan terutama yang bergerak di sektor manufaktur.




Perencanaan & Pengendalian Produksi

Arman Hakim Nasution - Yudha Prasetyawan
ISBN : 978-979-756-365-3
Harga Resmi Penerbit : Rp 204.800,00
Halaman : xii+444




Pengukuran Teknik

M. Sayuthi - Fadlisyah - Syarifuddin
ISBN : 978-979-756-362-2
Harga Resmi Penerbit : Rp 84.800,00
Halaman : X+180

Sinopsis :
Pengukuran Teknik

Pengukuran dalam arti yang umum adalah membandingkan suatu besaran dengan besaran acuan/pembanding/referensi. Pengukuran Teknik  membantu pemahaman bagi pembaca yang tertarik dengan teknik, maka dirancang sebuah buku yang sistematis yang membahas tentang pengukuran.

Buku Pengukuran Teknik yang Anda pegang ini membahas secara terperinci: Konsep Dasar Pengukuran, Jenis Alat Ukur & Cara Pengukuran, Konstruksi Alat Ukur & Prinsip Kerja, Sifat-sifat Alat Ukur, dan berbagai Deviasi dalam Pengukuran.





Instrumentasi & Alat Ukur

Poerwanto - Juliza Hidayati - Anizar
ISBN : 978-979-756-360-8
Harga Resmi Penerbit : Rp 61.800,00
Halaman : VIII+128

Sinopsis :
Instrumentasi & Alat Ukur

Instrumentasi dan Alat Ukur merupakan piranti untuk mengukur suatu besaran selama pengamatan. Pengukuran merupakan perbandingan secara kuantitatif suatu standar yang telah ditentukan sebelumnya dengan suatu besaran yang tidak diketahui. Dasar-dasar alat ukur berisi status standar pengukuran internasional untuk satuan dasar pengukuran penjang, massa, waktu dan frekuensi, suhu dan listrik. Konsep alat ukur terbagi atas 1) Operasi dan daya guna yang dilihat dari unsur-unsur fungsional sistem alat ukur dan 2) Operasi dan daya guna yang dilihat dari karakteristik sistem dinamisnya.

Buku ini juga menyampaikan sistem instrumentasi pada bidang kesehatan kerja, meliputi kapasitas kerja, dan kalibrasi tubuh manusia serta kelelahan otot. Pengukuran kapasitas kerja atau kemampuan dalam melaksanakan kerja menggunakan digital electronic back muscle dynamometer, digital trunk flexion downward flexibility, digital electronic hand dynamometer, digital hyper extention meter, dan pulse counter heart pet. Untuk pengukuran kelelahan otot digunakan alat whole body reaction tester dan tapping tester.

Pengukuran antropometri dilakukan secara statis dan dinamis. Pengukuran statis dilakukan pada tubuh manusia yang berada pada posisi diam. Sedangkan pengukuran dinamis dilakukan dalam berbagai posisi tubuh yang sedang bergerak dalam melaksanakan pekerjaan. Piranti ukur tubuh yang digunakan adalah martins human body measuring instrument.



Elemen Mesin untuk Teknik Industri

Boy Isma Putra - Alfan Hidayat - Jaka Purnama
ISBN : 978-979-756-359-2
Harga Resmi Penerbit : Rp 86.800,00
Halaman : XII+180

Sinopsis :
Elemen Mesin untuk Teknik Industri

Setiap sarjana ilmu terapan dan ahli teknik, baik insinyur mesin, industri, sipil, elektro atau lainnya selalu berhubungan dengan bahan. Produk dapat berupa jembatan, komputer, pesawat, mobil, di mana semuanya perlu memiliki pengetahuan yang memadai mengenai sifat-sifat bahan yang digunakan serta kekuatan-kekuatan teknis yang dapat diterima oleh bahan tersebut.
Buku Elemen Mesin Untuk Teknik Industri ini sengaja dirancang semudah mungkin agar dapat dipahami oleh para pembaca sebagai dasar untuk langkah-langkah perhitungan teknis selanjutnya sesuai dengan bidang keteknikan para pembaca.
Materi pembahasan meliputi:
Satuan dan Standar
Tegangan dan Tekanan Bidang
Pemilihan Bahan
Sambungan Kelingan
Sambungan Las
Sambungan Paksa dan Sambungan Susut
Sambungan Ulir  (Baut-Mur)
Sambungan Pasak, Pen dan Ring Pegas




Analisis Kelayakan Pabrik

M. Sayuti
ISBN : 978-979-756-297-7
Harga Resmi Penerbit : Rp 74.800,00
Halaman : X+158

Sinopsis :
Analisis Kelayakan Pabrik

Analisis kelayakan pabrik merupakan salah satu mata kuliah pada jurusan Teknik Industri. Tujuan dari mata kuliah ini tiada lain adalah memberdayakan para mahasiswa agar mampu melakukan analisis yang menyeluruh mengenai pendirian/pengembangan usaha baru, berdasarkan aspek pemasaran, teknis dan operasi, organisasi, legal, lingkungan dan keuangan, serta mampu memberikan rekomendasi untuk usaha tertentu agar layak dijalankan. Adapun isi buku ini memaparkan secara konseptis dengan bahasa yang sederhana. Materi pembahasan meliputi: Latar belakang investasi (konsep pengembangan usaha, ruang lingkup analisis kelayakan, pendekatan analisis kelayakan, analisis potensi penawaran dan permintaan); Aspek pemasaran (perencanaan bauran pemasaran, perencanaan produk, dan perencanaan kapasitas); Aspek teknis (perencanaan lokasi, perencanaan proses, tata letak fasilitas produksi, permesinan, dan sistem produksi); Aspek organisasi dan ketenagakerjaan; Aspek lingkungan (AMDAL, implementasi AMDAL, dan sistem pengolahan limbah industri); Aspek hukum (badan hukum, perijinan usaha industri, dan acuan peraturan yang terkait); Aspek finansial (estimasi biaya tetap dan tidak tetap, penyusunan sumber pendanaan, penyusunan cash flow, dan pengukuran kelayakan investasi secara finansial); Evaluasi kelayakan pabrik secara terpadu.




Pengantar Teknik Industri

Sukaria Sinulingga
ISBN : 978-979-756-293-9
Harga Resmi Penerbit : Rp 171.800,00
Halaman : XII+368




Sistem Produksi

Rosnani Ginting
ISBN : 978-979-756-290-8
Harga Resmi Penerbit : Rp 154.800,00
Halaman : XII+332

Sinopsis :
Sistem Produksi

Buku ini ditulis untuk dipergunakan sebagai referensi bagi mata kuliah Sistem Produksi dan Perencanaan Pengendalian Produksi bagi mahasiswa Teknik Industri. Selain itu buku ini juga dapat digunakan oleh para praktisi produksi, material dan logistik dalam memahami fungsi dan perencanaan dan pengendalian produksi.Sistem Pruduksi merupakan kumpulan dari sub sistem yang saling berinteraksi dengan tujuan mentransformasikan input produksi menjadi output produksi, input produksi dapat berupa bahan baku, mesin, tenaga kerja, modal dan informasi, sedangkan output produksi merupakan produk yang dihasilkan.Buku ini akan membahas: Sistem Produksi, Sistem Manufakturing Modern, Peramalan, Perencanaan Produksi, Perancangan Produk, Pengendalian Persediaan, Perencanaan Berbahan Material (MRP), Line Balancing, Just In Time, Penjadwalan Mesin, Penjadwalan Tenaga Kerja, dan Quality dan Process Control.Buku ini dapat memberikan pemahaman yang menyeluruh mengenai teknik Perencanaan dan Pengendalian Produksi serta pemahaman Implementasi Sistem Produksi (Penjadwalan Produksi) di lantai produksi (Fasilitas Produksi).



Teknologi Fermentasi

Lieke Riadi
ISBN : 978-979-756-233-5
Harga  Resmi Penerbit : Rp 72.800,00
Halaman : X+152

Sinopsis :
Teknologi Fermentasi

Pemahaman yang baik untuk aspek-aspek Teknologi Fermentasi dibutuhkan apabila kita ingin mempelajari Teknologi Fermentasi. Teknologi Fermentasi sudah dan akan terus berperan di dunia industri, terlebih lagi era kedepan adalah era biologi. Ditulis dengan gaya penulisan yang sederhana yang memudahkan untuk dipahami dan diperkaya dengan soal-soal latihan.


Kembali ke Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 1


DAPATKAN DISKON HINGGA 305 UNTUK BUKU-BUKU TEKNIK INDUSTRI HANYA DI TOKO ONLINE KAMI DI TOKOPEDIA
SILAKAN BELI BUKU-BUKU TEKNIK INDUSTRI PILIHAN KAMI DI :


0 Response to "Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 2"

Posting Komentar