Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 1

Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 1


Berikut adalah Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 1 yang dapat anda pilih untuk memenuhi bahan bacaan anda terkait tentang bidang teknik industri :


Penanggulangan Kerak; Edisi 2

Penanggulangan Kerak; Edisi 2

Prof. Suharso, Ph.D., Dr. Buhani, M.Si.
ISBN : 978-602-262-509-4
Harga Resmi Penerbit : Rp 64.800,00
Halaman : XVI+92

Sinopsis :
Penanggulangan Kerak; Edisi 2

Permasalahan serius yang sering dijumpai pada sebagaian besar peralatan industri yang melibatkan air garam adalah terjadinya penumpukan material anorganik pada dinding-dinding peralatan industri. Terakumulasinya endapan tersebut mengakibatkan terbentuknya kerak, dan kasus ini umum terjadi pada industri yang melibatkan air, seperti proses desalinasi dan ketel, industri minyak dan gas, serta industri kimia. Akibat penumpukan kerak tersebut umur sumur pipa pada industri panas bumi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) hanya berumur 10 tahun, kemudian harus dibuat baru dengan biaya 6–7 juta dolar per sumur.  Hal tersebut mengakibatkan terjadinya inefesiensi pada industri dari sisi waktu, energi, dan biaya.

Buku ini menyajikan hasil-hasil penelitian terkait penanggulangan kerak, baik menggunakan senyawa hasil sintesis maupun ekstrak tanaman yang digunakan sebagai inhibitor dalam menghambat pertumbuhan kerak. Tentunya buku ini layak dibaca bagi para peneliti dan mahasiswa untuk menambah khasanah pengetahuan atau ingin lebih mendalami penelitian terkait penanggulangan kerak.


Penjadwalan Produksi Baja Slab

Penjadwalan Produksi Baja Slab

Sitnah Aisyah Marasabessy
ISBN : 978-602-262-488-2
Harga Resmi Penerbit : Rp 78.800,00
Halaman : XIV+148

Sinopsis :
Penjadwalan Produksi Baja Slab

Secara umum, industri baja menghasilkan dua bentuk produk setengah jadi, yaitu slab dan billet. Proses produksi slab terdiri atas proses peleburan (steelmaking), pencetakan (casting), pemotongan, penyimpanan sementara (piling), pemanasan ulang (reheating), pengerolan (rolling), dan penyelesaian akhir (finishing). Peleburan, pencetakan, dan pemotongan dilakukan di Continuous Caster (CC). Penyimpanan sementara slab dilakukan di Slab Yard (SY), pemanasan ulang di Reheat Furnace (RF), serta proses pengerolan dan penyelesaian akhir dilakukan dalam Hot Strip Mill (HSM). Sistem produksi slab mesti mempertimbangkan adanya production push yang mengharuskan pencetakan semua baja cair menjadi slab, sebab baja cair tidak dapat disimpan, dan production pull yaitu kualifikasi produk akhir di HSM harus sesuai dengan permintaan konsumen. Jumlah produksi slab di CC sangat ditentukan oleh status persediaan di SY, serta permintaan dari RF dan HSM. Persediaan di SY harus memenuhi persyaratan produksi yang dibutuhkan oleh RF dan HSM.  RF memproses slab berdasarkan kualifikasi yang ditentukan oleh HSM. Meski antarsatu proses dengan proses lain saling berhubungan, namun masing-masing memiliki fungsi, tujuan dan pembatas yang berbeda.  Operasi pada setiap mesin dilaksanakan untuk mencapai fungsi tujuan dari masing-masing mesin, dan seringkali fungsi-fungsi tujuan tersebut saling bertentangan satu dengan yang lain.  Oleh karena itu, diperlukan sinkronisasi penjadwalan produksi untuk menghasilkan sequencing dan batching yang memaksimalkan utilisasi di setiap tahap, memaksimalkan fungsi tujuan terintegrasi di keempat tahap, sekaligus meminimalkan konflik tujuan antara keempat tahap tersebut.

Buku ini mengembangkan model penjadwalan terintegrasi pada CC, SY, RF, dan RM dengan meminimasi penalty total. Buku ini menggunakan dasar-dasar model penjadwalan CC, SY, RF, dan RM yang telah dikembangkan oleh berbagai riset sebelumnya. Model-model tersebut masih melaksanakan penjadwalan produksi pada keempat tahap secara terpisah. Karena adanya beberapa kesulitan antara lain munculnya kejadian-kejadian real-time yang mengganggu operasi system dan konflik tujuan penjadwalan antara satu proses dengan proses lain,  maka dibutuhkan suatu model penjadwalan produksi slab yang mengintegrasikan CC, SY, RF, dan RM serta memberikan hasil maksimal.


Pengendalian Kualitas

Pengendalian Kualitas

Hendy Tannady
ISBN : 978-602-262-477-6
Harga Resmi Penerbit : Rp 79.800,00
Halaman : XVI+152

Sinopsis :
Pengendalian Kualitas

Besarnya minat mempelajari 'kualitas' seringkali tidak diimbangi dengan ketersediaan literatur yang mudah dipahami dan memberikan penjelasan lugas tentang 'kualitas'. Buku Pengendalian Kualitas ini sangat direkomendasikan untuk setiap praktisi industri yang berkecimpung di bidang kualitas, seperti QC Analyst, QC Supervisor, Quality Specialist.

Buku ini memberikan pemahaman awal mengenai apa itu kualitas dan Sistem Manajemen Mutu. Selain itu juga dibahas tentang Six Sigma. Penulis mencoba memberikan penjelasan dan langkah-langkah detail dalam melakukan pengendalian kualitas dengan menggunakan metode Six Sigma, ditunjang juga oleh beberapa alat kualitas, seperti FMEA, Peta Kontrol, Regresi Linier, Run Chart, Pareto Diagram, Diagram Tulang Ikan, Scatter Plots, Check Sheet, Flow Chart dan Histogram. Materi yang tidak kalah penting adalah mengenai nilai Cp dalam mengukur kapabilitas proses dan mencari nilai Sigma (σ), didukung oleh teknik pengambilan sampel yang tepatdan desain eksperimen. Pada bagian akhir, penulis juga membahas tentang menjaga kualitas dalam pengembangan produk.


Ekonomi Teknik

Hasan Basri Siregar, Ir., MT
ISBN : 978-602-262-454-7
Harga Resmi Penerbit: Rp 176.800,00
Halaman : XX+364

Sinopsis :
Ekonomi Teknik

Ekonomi Teknik (Engineering Economics) adalah salah satu cabang ilmu ekonomi yang digunakan untuk menganalisis proyek-proyek yang umumnya proyek teknik dan bisnis. Dalam tahun-tahun terakhir ini, penggunaan ilmu ini makin banyak dikembangkan dalam berbagai situasi bisnis dan pembangunan terutama menyangkut pemilihan nilai teknis dan ekonomis, buku ini menguraikan beberapa hal yang menurut penulis termasuk dalam kelompok ekonomi teknik.

Akuntansi sangat mendukung bidang ekonomi teknik, tetapi dipaparkan hanya berupa rumusan nilai-nilainya; demikian juga ekonomi riel, keduanya merupakan sebagai sumber data. Teori 'annuities' yang berkenaan dengan teori pertumbuhan uang menggunakan pertumbuhan berganda (compound interest) dan dipilih pula 'discrete compound interest' ketimbang 'continuous compound interest'. Teori ini sangat baik diaplikasikan untuk mengevaluasi terutama mengenai pendapatan, biaya produksi, biaya 'increment', amortisasi dan/maupun nilai aset walaupun beberapa di antaranya bersifat probabilistik.

Beberapa contoh penggunaan Ekonomi Teknik dipaparkan dalam buku ini, yaitu pengkajian suatu rencana proyek sistem produksi dan tak kalah pentingnya adalah cara-cara peminjaman uang melalui sistem 'kartu kredit' (credit card) yang di Indonesia berkembang pesat sejak dekade tahun 1970-an.



Kelistrikan Industri

Irwan Iftadi
ISBN : 978-602-262-443-1
Harga Resmi Penerbit: Rp 109.800,00
Halaman : XVI+224

Sinopsis :
Kelistrikan Industri

Buku ini membahas tentang rangkaian arus searah, analisis multi sumber, kapasitor & induktor, rangkaian arus bolak-balik, dioda, transistor bipolar, sistem tenaga listrik, elektromagnetik & dasar generator, transformator, motor DC, motor AC dan audit energi listrik. Konstruksi materi disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi teknik industri, di mana menyatukan semua sumber daya yang ada termasuk sumber daya manusia.

Disajikan dengan bahasa yang sederhana, jelas dan komunikatif, setiap bab dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi yang menarik sehingga mudah dipahami. Selain itu, buku ini juga menggunakan pendekatan prinsip kerja dan karakter dari setiap komponen dan mesin listrik yang dibahas.


Desain dan Dekorasi Tekstil

Made Diah Angendari, S.Pd., M.Pd., Ni Ketut Widiartini, S.Pd., M.Pd., Putu Agus Mayuni, S.Pd., M.Si.,I Dewa Ayu Made Budhyani, M.Pd., I Gede Sudirtha, S.Pd., M.Pd.
ISBN : 978-602-262-383-0
Harga Resmi Penerbit: Rp 147.800,00
Halaman : XXII+172

Sinopsis :
Desain dan Dekorasi Tekstil

Desain dan Dekorasi Tekstil adalah teknik menghias tekstil dengan cara memberikan motif atau hiasan pada tekstil. Teknik yang digunakan ada bermacam-macam yang bertujuan untuk menambah keindahan pada tekstil.

Dalam buku ini diuraikan tentang macam-macam teknik menghias kain, yaitu teknik sulam pita, teknik sulam payet, teknik lekapan dan bullion, teknik painting (melukis di atas kain), teknik air brush dan teknik sablon. Semua teknik tersebut diuraikan secara jelas, tahapan pembuatannya  dari teknik dasar sampai penerapan teknik hias dalam tekstil (busana dan lenan) dan dilengkapi dengan foto-foto sebagai penunjang.



Kamus Istilah Produksi Ramping; Berisi Lebih dari 1.000 Istilah yang Sering Digunakan dalam Bidang Teknik & Manajemen Industri

Dr. Hendrastuti H. Agung, M.T., Irma Agustiningsih Imdam, S.T., M.T.
ISBN : 978-602-262-265-9
Harga Resmi Penerbit: Rp 52.800,00
Halaman : VIII+112

Sinopsis :
Kamus Istilah Produksi Ramping; Berisi Lebih dari 1.000 Istilah yang Sering Digunakan dalam Bidang Teknik & Manajemen Industri

Konsep Produksi Ramping (Lean Production) membantu Anda untuk memahami berbagai istilah yang digunakan di dunia industri maupun dalam bidang teknik dan manajemen industri. Istilah-istilah ini sudah banyak diterapkan dalam industri manufaktur. Konsep ini dapat mengurangi pemborosan (waste) dan sediaan, menghemat biaya operasional, meminimalkan ruang penyimpanan dan memperbaiki pelayanan kepada pelanggan. Namun istilah-istilah yang digunakan dalam konsep ini banyak yang kurang dipahami. Kendala yang dihadapi adalah banyaknya pemakaian istilah-istilah dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing. Dengan memahami istilah-istilah yang digunakan, diharapkan konsep Produksi Ramping dapat diterapkan dengan baik. Buku ini sangat penting bagi para manajer dan eksekutif yang berkarya dalam dunia industri, akademisi serta mereka yang menekuni bidang Teknik dan Manajemen Industri.


Sistem Kendali dengan MATLAB

Heru Dibyo Laksono, M.T.
ISBN : 978-602-262-237-6
Harga Resmi Penerbit: Rp 104.800,00
Halaman : XX+244

Sinopsis :
Sistem Kendali dengan MATLAB

Sistem Kendali adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara sistem, mekanisme dan peralatan dari suatu objek tertentu yang saling berinteraksi untuk tujuan tertentu. Matlab menyediakan berbagai fungsi yang bisa digunakan untuk perancangan dan analisis sistem kendali baik untuk sistem kendali yang bersifat kontinu maupun untuk sistem kendali yang bersifat diskrit. Selain itu matlab sebagai bahasa komputasi teknis juga memberikan kemudahan dan keunggulan dalam perancangan dan analisa suatu sistem kendali. Dalam buku ini disajikan materi tentang trik-trik penggunaan fungsi-fungsi yang ada pada Matlab untuk sistem kendali yang bersifat kontinu. Selengkapnya materi buku ini membahas  sebagai berikut
•  Pemodelan Sistem Kendali
•  Karakteristik Sistem Kendali
•  PIDTool Model Paralel
•  PIDTool Model Standard
•  PIDTUNE
•  LTIVIEW


Sistem Kendali

Heru Dibyo Laksono, M.T.
ISBN : 978-602-262-231-4
Harga Resmi Penerbit: Rp 112.800,00
Halaman : XVIII+266

Sinopsis :
Sistem Kendali

Buku ini membahas tentang dasar-dasar sistem kendali (ilmu yang mempelajari hubungan antara sistem, mekanisme dan peralatan dari suatu objek tertentu yang saling berinteraksi untuk tujuan tertentu). Sistem kendali juga merupakan salah satu bidang ilmu teknik yang perkembangannya begitu pesat terutama dengan dikembangkannya penggunaan komputer digital sebagai suatu sarana pengendali. Di perguruan-perguruan tinggi teknik, pelajaran ini dikenal sebagai kendali otomatik, sistem pengaturan, teknik pengaturan, sistem kendali ataupun sistem servo. Istilah-istilah ini pada dasarnya disesuaikan dengan bidang penerapannya yakni apakah untuk proses industri, mesin-mesin, peralatan listrik/elektronik, penerbangan ataupun pemakaian lainnya. Penyajian buku ini dibuat sedemikian rupa agar mudah dipahami yang dimulai dari dasar-dasar matematika yang sering dipergunakan dalam sistem kendali sampai contoh-contoh penerapannya.

Buku ini terdiri dari 9 bab. Antara satu bab dengan bab lain merupakan satu kesatuan rangkaian pembahasan yang utuh dengan materi pembahasan sebagai berikut
 •  Tinjauan umum
 •  Pengantar sistem kendali
 •  Latar belakang matematis
 •  Pemodelan matematis sistem fisik
 •  Tanggapan sistem
 •  Kestabilan sistem
 •  Analisis kesalahan dan kepekaan
 •  Metode tempat kedudukan akar
 •  Metode tanggapan frekuensi



Instrumentasi Industri dan Kontrol Proses

Ir. Sutarno, M.Sc.
ISBN : 978-602-262-228-4
Harga Resmi Penerbit: Rp 69.800,00
Halaman : XII+146

Sinopsis :
Instrumentasi Industri dan Kontrol Proses

Metode dan instrumen yang tepat untuk meningkatkan efisiensi proses, kualitas dan tingkat produksi dalam aktivitas di pabrik atau industri sangatlah penting. Buku Instrumentasi Industri dan Kontrol Proses ini memuat dasar-dasar Instrumentasi dan Kontrol Proses  secara jelas dan ringkas. Buku ini menggambarkan pengalaman penulis yang bertahun-tahun sebagai seorang insinyur dan pendidik, menawarkan panduan praktis dan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang yang bekerja atau terlibat dalam pelatihan fungsi kontrol proses.

Buku ini juga memberikan penjelasan menyeluruh dari komponen pengukuran variabel proses,  dasar-dasar listrik—analog dan digital—pneumatik, aktuator, dan regulator serta rincian aplikasinya untuk proses kontrol di industri. Setiap bab ditulis dengan jelas, cara yang logis, terorganisir serta disertai banyak contoh soal dan penyeleseaian, ditambah banyak soal latihan realistis yang  menantang para pembaca dan praktisi berpikir serta termotivasi untuk mengaplikasikan pengetahuan dasar instrumentasi guna menyelesaikan masalah-masalah dalam praktik sehari-hari.



Pengantar Teknik Industri

Amin Syukron, S.T., M.T., Ir. Muhammad Kholil, MT.
ISBN : 978-602-262-193-5
Harga Resmi Penerbit : Rp 129.800,00
Halaman : X+320

Sinopsis :
Pengantar Teknik Industri

Persaingan bisnis di era pasar bebas memaksa pelaku bisnis untuk lebih cermat dalam menjalankan bisnisnya. Mulai dari aktivitas perencanaan sampai penyampaian produk (delivery order). Efektivitas, efesiensi, dan produktivitas, menjadi kunci pokok keberhasilan.
Dalam buku ini disajikan langkah-langkah implementasi metode-metode dalam industri manufaktur. Diawali dengan Bab 1 membahas tentang sejarah, pengertian, dan perkembangan teknik industri. Bab 2 berbicara tentang analisis perancangan kerja dan ergonomic. Bab 3 tentang sistem produksi, Bab 4 perencaan dan pengendalian produksi, Bab 5 produktivitas, Bab 6  pemodelan sistem, Bab 7 perencanaan dan perancangan tata letak fasilitas, Bab 8 operasional riset dan Bab 9 pengendalian kualitas


Pengantar Manajemen Industri

Amin Syukron, S.T., M.T.
ISBN : 978-602-262-182-9
Harga Resmi Penerbit : Rp 114.800,00
Halaman : X+294

Sinopsis :
Pengantar Manajemen Industri

Kreativitas dan inovatif dua kata kunci yang wajib dipegang oleh para pelaku bisnis  dalam menghadapi tantangan persaingan  global yang begitu keras. Perencanaan dalam menjalankan sebuah industri merupakan langkah awal sebagai penentu keberhasilan untuk menjalankan bisnisnya. Konsumen telah dimanjakan dengan berbagai pilihan pelayanan baik itu dalam bentuk produk maupun jasa karena terjadinya persaingan ini. Dan akhirnya mereka yang bisa tetap survive menjalankan bisnis dan memenangkan kompetisi atau persaingan tersebut adalah mereka yang selalu berusaha untuk melakukan perbaikan (continuous improvement) yang berorientasi pada customer satisfaction.

Di dalam buku ini disajikan materi perencanaan pengembangan industri jasa dan manufaktur. serta dilengkapi dangan studi kasus hasil penelitian implementasi di industri. Materi yang disajikan dalam buku Pengantar Manajemen Industri ini meliputi Pengertian Manajemen, Manajemen Strategi, Akuntansi Manajerial, Ekonomi Teknik, Manajemen Kualitas, Manajemen Kualitas Pelayanan, Analisa Keputusan, Analisa Keputusan. Diharapkan buki ini dapat menjadi referensi kepada praktisi, akademisi, dan pembaca yang ingin memahami dan mengetahui bagaimana mengimplementasikan manajemen di industri jasa dan atau manufaktur.


Manajemen Perawatan Industri; Teknik dan Aplikasi

Ir. Fajar Kurniawan, M.Si, RQP
ISBN : 978-602-262-037-2
Harga Resmi Penerbit : Rp 83.800,00
Halaman : XVIII+168

Sinopsis :
Manajemen Perawatan Industri; Teknik dan Aplikasi

Manajemen Perawatan Industri merupakan upaya jitu dalam menjaga kontinuitas kegiatan produksi, sehingga target yang ingin dicapai dapat terealisir secara sempurna. Produktivitas akan tercapai, jika seluruh sistem, khususnya yang berkenaan dengan fasilitas industri dapat beroperasi dengan baik. Hal ini perlu didukung oleh strategi manajemen, baik yang bersifat kualitatif, maupun kuantitatif.  Sejauh ini, konsep manajemen perawatan hanya berada pada ranah penyusunan prosedur, dan implementasi dokumen perawatan. Padahal strategi perawatan akan lebih baik jika didukung oleh analisis kuantitatif, sehingga dapat menyempurnakan strategi tersebut.

Buki ini akan mengulas teknik dan manajemen perawatan industri secara menyeluruh. Baik yang bersifat prosedur manajemen, strategi pengambilan keputusan perawatan, perhitungan biaya perawatan dan analisis kuantitatif keberadaan fasilitas industri. Disamping itu disajikan simulasi strategi manajemen perawatan, seperti : Total Productive Maintenance (TPM), Preventive maintenance, Reliability Centered maintenance, dan Implementasi Jishu Hozen. Dengan demikian, akan dapat difahami teknik dan aplikasi manajemen perawatan industri secara utuh.



Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System)

Nachnul Ansori, S. T., M. T, Mohamad Imron Mustajib, ST., MT
ISBN : 978-602-262-071-6
Harga Resmi Penerbit : Rp 76.800,00
Halaman : XIV+156

Sinopsis :
Sistem Perawatan Terpadu (Integrated Maintenance System)

Paket buku sistem perawatan terpadu merupakan buku pegangan bagi mahasiswa yang akan memprogram mata kuliah manajemen perawatan atau sistem perawatan. Buku ajar ini berisi Teknik dan Aplikasi Keandalan yang mencakup :

“Konsep Dasar Perawatan, Perhitungan Keandalan VS Kerusakan, Efisiensi Perawatan, Analisis Kerusakan, Perawatan Berbasis Keandalan (RCM), Konsep Garansi, Perhitungan Keandalan Manusia (HRA), Penerapan Jishu Hozen, Perhitungan Efektivitas Peralatan Total (OEE), Aplikasi Perawatan Penghentian, Aplikasi Kebijakan Perawatan ”.

Buku ini cocok dijadikan referensi  oleh  karena  isi  yang dimuat bersifat  praktis serta disertai contoh-contoh soal maupun aplikasi lapangan yang ditulis dari berbagai penelitian. “Teknik dan Aplikasi Keandalan” diramu dengan bahasa yang sederhana disertai dengan studi kasus dan latihan soal yang komprehensif sehingga diharapkan buku ini mampu mensupport mahasiswa dalam telaah referensi pada mata kuliah manajemen perawatan. Isu global program keandalan seperti Jishu Hozen, Kinerja Sistem Perawatan juga dimuat dalam buku ini, sehingga keaktualan buku ajar ini cukup bisa diandalkan.


Teknik Pengolahan Air

Dr. Ir. Budiyono, MSI, Dr. Siswo Sumardiono, ST, MT
ISBN : 978-602-262-054-9
Harga Resmi Penerbit : Rp 63.800,00
Halaman : XII+130

Sinopsis :
Teknik Pengolahan Air

Pemilihan teknologi yang tepat untuk pengolahan air sangat tergantung pada kualitas dan jenis bahan baku serta tujuan penggunaan air yang telah diolah. Pada dasarnya, metode yang digunakan untuk pengolahan air berasal dari berbagai sumber dan untuk berbagai tujuan dapat dibedakan menjadi (1) Pengolahan secara fisik; (2) Pengolahan secara kimia; dan (3) Pengolahan secara biologis. Sistem peralatan yang digunakan untuk pengolahan secara fisika sering disebut sebagai satuan operasi, sedangkan sistem peralatan yang digunakan untuk pengolahan secara kimia sering disebut sebagai satuan proses.

Pembahasan dalam buku ini dimulai dengan bagaimana bentuk diagram alir berbagai teknik pengolahan air secara umum, kemudian membahas  masing-masing unit pengolahan secara detail. Oleh karena itu, buku ini akan memandu para pembaca supaya dapat dengan mudah memahami teknik mengolah air dari berbagai jenis bahan baku menjadi berbagai jenis produk air yang digunakan untuk berbagai keperluan.


Perencanaan & Pengendalian Produksi

Diana Khairani Sofyan, S. T., M. T
ISBN : 978-602-262-052-5
Harga Resmi Penerbit : Rp 83.800,00
Halaman : X+176

Sinopsis :
Perencanaan & Pengendalian Produksi

Buku ini ditulis sebagai bahan referensi bagi mata kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Pemaparannya disusun secara sistematis, isinya memuat ringkasan dan penjelasan secara rinci dan memuat contoh kasus yang diikuti dengan pertanyaan sebagai proses akhir pembelajaran.
Pada buku ini dijelaskan rincian materi yaitu pengantar perencanaan dan pengendalian produksi, peramalan produksi, pengendalian produksi, perencanaan produksi (aggregate planning), MRP 1, MRP 2, Penjadwalan mesin, DRP, Just in time dan sistem Kanban, yang secara keseluruhannya memaparkan konsep, fungsi serta penerapannya pada perusahaan manufaktur.

Buku ini memberikan pemahaman yang sederhana tetapi menyeluruh mengenai teknik perencanaan, pengendalian serta penerapan sistem produksi pada perusahaan manufaktur, sehingga buku ini dapat mudah dipahami serta dimengerti, khususnya bagi kalangan mahasiswa jurusan teknik industri.

Dengan selesainya buku ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada penerbit Graha Ilmu yang telah melakukan pekerjaan setting, editing, layout, pencetakan dan distribusi buku ini sehingga dapat tersedia dan digunakan oleh para pembaca. Semoga buku ini dapat memberikan kontribusi yang nyata dalam proses pembelajaran dan dapat dijadikan sebagai salah satu buku acuan bagi peneliti, praktisi, konsultan pada perusahaan industri.




Teknologi Fermentasi Edisi 2

Lieke Riadi, Prof., Ir., Ph.D
ISBN : 978-979-756-948-8
Harga Resmi Penerbit : Rp 71.800,00
Halaman : VIII+150

Sinopsis :
Teknologi Fermentasi Edisi 2

Pada edisi kedua buku Teknologi Fermentasi ini, materi baru sudah ditambahkan, termasuk Fermentasi Bahan Pangan. Sudah banyak buku yang ditulis tentang fermentasi. Untuk melengkapi buku-buku tersebut, buku ini lebih fokus pada teknologi fermentasi dari proses hulu sampai hilir, dimulai dengan  pembuatan media sampai pada proses pengambilan produk, yang disertai sebuah aplikasi proses fermentasi untuk bahan pangan. Buku ini ditulis berbasis pembelajaran, sehingga terdapat soal-soal yang disampaikan dan contoh-contoh soal beserta penyelesaiannya.

Walaupun ditulis untuk mahasiswa strata-1, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa pasca-sarjana.


Antropometri dan Aplikasinya

Hari Purnomo
ISBN : 978-979-756-947-1
Harga Resmi Penerbit : Rp 46.800,00
Halaman : VIII+96

Sinopsis :
Antropometri dan Aplikasinya

"Antropometri merupakan bagian dari ilmu ergonomi yang mempelajari tentang dimensi tubuh manusia dalam perancangan. Pentingnya antropometri dikarenakan diperlukan kesesuaian antara rancangan yang dibuat dengan dimensi tubuh pengguna. Hal ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan dalam penggunaan peralatan sehingga dapat meningkatkan produktivitas. Buku ini menjelaskan secara detail  tentang :
• Definisi, sejarah dan penerapan antropometri
• Variabilitas, perkembangan variabilitas dimensi tubuh manusia dan metode pengukuran dimensi tubuh manusia
• Aplikasi data antopometri, penentuan nilai persentil, proses perancangan, penyesuaian dalam perancangan,  variabilitas data antropometri antar etnis
• Aktivitas kerja dengan posisi berdiri dan duduk, aktivitas kerja dengan posisi duduk-berdiri,  rancangan tinggi permukaan kerja, area kerja horisontal, rancangan tempat duduk
• Rancangan ruang tamu dan keluarga, rancangan ruang tidur, rancangan dapur, rancangan kamar mandi
• Rancangan ruang kantor, rancangan ruang berbasis komputer, rancangan ruang perkantoran, ruang komputer
Disamping diberikan teori-teori dasar tentang cara-cara pengukuran dimensi tubuh manusia serta konsep perancangan, buku ini juga memberikan pemahaman aplikasi data antropometri. Sehingga buku ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang teori, konsep dan aplikasi antropometri dalam perancangan.
"


Sumberdaya Energi

Ir. Sutarno, M.Sc.
ISBN : 978-979-756-965-5
Harga Resmi Penerbit : Rp 81.800,00
Halaman : X+172

Sinopsis :
Sumberdaya Energi

Sumberdaya energi adalah kekayaan alam yang bernilai strategis dan sangat penting untuk mendukung keberlanjutan kegiatan ekonomi. Indonesia mempunyai potensi energi yang cukup besar, apakah itu sumber energi konvensional maupun energi terbarukan. Setiap jenis energi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu dalam pengelolaan energi yang meliputi penyediaan, pemanfaatan dan pengusahaannya harus memahami konsep dan teknologinya. Dalam buku ini dijelaskan konsep dasar maupun teknologi penyediannya, mulai dari energi fosil (batubara, minyak dan gas bumi, energi nuklir, energi surya, energi biomassa, energi angin energi laut, energi panas bumi, energi hidrogen, dan fuel cell. Buku ini merupakan langkah awal yang amat penting untuk mencapai hal tersebut dan sangat sesuai bagi mahasiswa dengan berbagai latar belakang disiplin ilmu, yang terlibat dengan sains dan teknologi energi (kimia, fisika, ilmu lingkungan, teknik perminyakan, pertambangan & teknik mesin, dll.) maupun masyarakat umum terutama para aktivis lingkungan dan energi.



Analisis Sistem Pengendalian Proses

Prof. Dr. Ir. Loekman Satibi, Irfan Purnawan, ST, MChemEng, Alvika Meta Sari, ST, MChemEng
ISBN : 978-979-756-932-7
Harga Resmi Penerbit : Rp 108.800,00
Halaman : X+230

Sinopsis :
Analisis Sistem Pengendalian Proses

Di dalam industri kimia modern, penggunaan pengendalian proses baik untuk unit process maupun unit operation tidak dapat dihindari karena unjuk kerja keduanya baik secara kualitatif maupun kuantitatif sangat dipengaruhi oleh pengendalian proses.

Analisis sistem pengendalian proses adalah studi perilaku sistem-sistem dinamis. Buku ini menerangkan tentang pengendalian proses secara umum, transformasi Laplace dan aplikasinya, gambaran menyeluruh tentang pengendalian proses, respon sistem orde pertama, respon sistem orde pertama seri, system orde lebih dari satu dilanjutkan dengan merancang sistem pengendalian serta elemen-elemen yang diperlukan, dan bagaimana menganalisa sistem pengendaliannya.
Buku ini dilengkapi juga dengan contoh-contoh sistem pengendalian temperatur, tekanan dan laju alir yang penting dalam dunia industri. Buku ini cocok untuk digunakan oleh mahasiswa jurusan Teknik Kimia, Teknik Elektro, para professional yang bergerak di bidang pengendalian proses serta pembaca yang berminat di dunia pengendalian proses dari deskripsi, perancangan serta analisisnya.




DAPATKAN DISKON HINGGA 305 UNTUK BUKU-BUKU TEKNIK INDUSTRI HANYA DI TOKO ONLINE KAMI DI TOKOPEDIA
SILAKAN BELI BUKU-BUKU TEKNIK INDUSTRI PILIHAN KAMI DI :





1 Response to "Daftar Lengkap Buku Teknik Industri Bagian 1"

  1. Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
    selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA Di Jamin Murah!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di agen.selltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
    No handphone : 085363402103
    PIN : D364EDCB

    BalasHapus