Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Pedoman Lengkap Bertanam Kentang

SPM : Pedoman Lengkap Bertanam Kentang
SPM : Pedoman Lengkap Bertanam Kentang
Kebutuhan kentang (Soianum tuberosum L.) nasional terus meningkat setiap tahunnya. Namun sayang, sampai sekarang, produksi dari petani belum mampu menutup kekurangan itu. Hingga akhirnya, kentang dari negeri seberang pun terus berdatangan, misalnya China. Inilah yang sempat dikeluhkan para petani kentang di pe-gunungan Dieng beberapa waktu lalu. Produktivitas yang rendah tersebut, salah satunya disebabkan oleh ketersediaan benih bermutu yang sangat kurang. Bayangkan saja, benih berkualitas bagus hanya mampu disediakan para penangkar dan balai benih, tidak lebih 5% dari total kebutuhan benih nasional. Itupun sudah dibantu benih impor. 

Atas kondisi itu, banyak pihak yang ternyata malah ingin meraup keuntungan dengan menjual bibit palsu dengan kualitas yang sangat rendah. Benih tersebut bukannya menghasilkan, tetapi hasilnya jelek sehingga petani yang akan dirugikan. Meski demikian, sesungguhnya, peluang pasar kentang konsumsi cukup menjanjikan. Peningkatan permintaan kentang membuktikan semakin berkembangnya pasar lokal dan ekspor. 

Di pasar lokal, kentang dimanfaatkan untuk sayuran dan industri olahan makanan ringan. Sedangkan pasar ekspor datang dari Malaysia dan Singapura. Jangankan untuk ekspor, untuk menutup kebutuhan dalam sendiri saja masih kurang. Untuk mendapatkan produksi yang maksimal, selama pertumbuhan tanaman kentang menghendaki temperatur rata-rata antara 15,5° C-18,3° C. 

Jika dikelola dengan tepat, misalnya dengan menanam benih yang berkualitas, teknik pemupukan yang tepat, pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) yang benar, peluang keuntungan dari budidaya kentang masih terbuka lebar. Inilah buku yang akan memandu Anda menjadi petani kentang yang handal. Selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Pedoman Lengkap Bertanam Kentang
PENULIS: Nurul Idawati S.P
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-99885-6-5
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 164  

Posting Komentar untuk "SPM : Pedoman Lengkap Bertanam Kentang "