Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Panduan Budidaya Kakao

SPM : Panduan Budidaya Kakao
SPM : Panduan Budidaya Kakao
Kakao (Theobroma cacao) merupakan salah satu komoditas perkebunan yang peranannya cukup penting bagi perekonomian nasional, khususnya sebagai penyedia lapangan kerja, sumber pendapatan dan devisa negara. Di samping itu, kakao juga berperan dalam mendorong pengembangan wilayah dan pengembangan agroindustri. 

Dari segi kualitas, kakao Indonesia tidak kalah dengan kakao dunia dimana bila dilakukan fermentasi dengan baik dapat mencapai cita rasa setara dengan kakao yang berasal dari Ghana dan kakao Indonesia mempunyai kelebihan yaitu tidak mudah meleleh sehingga cocok bila dipakai untuk blending. Sejalan dengan keunggulan tersebut, peluang pasar kakao Indonesia cukup terbuka baik ekspor maupun kebutuhan dalam negeri. Dengan kata lain, potensi untuk menggunakan industri kakao sebagai salah satu pendorong pertumbuhan dan distribusi pendapatan cukup terbuka. 

Buku ini mencoba untuk memaparkan tentang sejarah perdagangan kakao yang ternyata sudah kondang sejak dulu kala, biologi tanaman kakao jenis-jenis kakao, manfaat kakao dan teknik berkebun kakao. Serta dilengkapi juga dengan analisis usaha bisnis kakao yang tentu saja cukup menggiurkan untuk dicoba. Singkat kata, selamat mendapatkan Untung Jumbo dari Bisnis Kakao.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Panduan Budidaya Kakao
PENULIS: Aji Kristanto
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-7819-269
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 142 

Posting Komentar untuk "SPM : Panduan Budidaya Kakao "