Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Budidaya Ikan Napoleon

SPM : Budidaya Ikan Napoleon
SPM : Budidaya Ikan Napoleon
Ikan Napoleon (Cheilunus undulatus) memiliki nilai ekonomis yang penting di pasar Asia. Jenis ikan yang dapat berganti jenis ketamin ini sangat diminati kalangan berduit di luar negeri seperti Hongkong, Thailand, Jepang, Taiwan, dan Singapura. Mahalnya ikan berfamili Labridae ini menyebab-kan populasinya semakin menurun saja. Bahkan, karena kekhawatiran akan kerusakan habitatnya, pemerintah mengeluarkan larangan untuk menangkap ikan yang banyak hidup di karang-karang ini. 

Di Indonesia, kita dapat menemukan ikan ini hidup di sekitar daerah Papua (Raja Ampat dan sekitarnya), perairan Sulawe-si Tenggara (Kabupaten Buton, perairan Wakatobi dan sekitarnya), perairan Sulawesi Utara (Bunaken dan sekitar-nya), perairan Nusa Tenggara (Sikka dan sekitarnya), per-airan Sulawesi Selatan (Takabonerate dan sekitarnya), dan perairan Maluku. 

Perdagangan ikan Napoleon juga harus mengikuti undang-undang yang telah ditetapkan. Sebagaimana yang sudah diterangkan dalam peraturan yang dikeluarkan Menteri Kelautan, Menteri Perdagangan, dan Menteri Kehutanan, me-larang perdagangan ikan napoleon yang diambil langsung dari alam. Adapun jika ikan tersebut diperoleh melalui proses pembudidayaan, hai itu merupakan pengecualian. Ma-syarakat boleh memperdagangkan ikan napoleon selama diperoleh dengan proses budidaya. 

Buku ini akan menyajikan proses pembudidayaan ikan napoleon yang meliputi pemijahan induk, pemeliharaan larva ikan napoleon, pembuatan keramba jaring apung, hingga pengendalian hama dan penyakit. Akhirnya selamat mem-baca, semoga bermanfaat.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Budidaya Ikan Napoleon
PENULIS: Doni Setianto S.Pi
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-99885-8-1
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 162

Posting Komentar untuk "SPM : Budidaya Ikan Napoleon"