Anda Sedang atau Akan Melakukan Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan ? Hubungi Kami ! Kami Akan Bantu Anda.

Bapak dan Ibu Pelanggan Yang terhormat.... Di Lingkungan terdidik, keberadaan bahan bacaan mutlak sangat dibutuhkan. Sangat ...

SPM : Budidaya Gaharu Satu Pohon Hasilkan Jutaan Rupiah

SPM : Budidaya Gaharu Satu Pohon Hasilkan Jutaan Rupiah
SPM : Budidaya Gaharu Satu Pohon Hasilkan Jutaan Rupiah
Sudah menjadi rahasia umum, Gaharu menjadi pohon yang termahal di dunia. Apa sebetulnya yang menjadikan Gaharu sebegitu mahal, bahkan bisa mencapai Rp 200 juta - 300 juta untuk satu liter minyak gaharu super? Gaharu dihasilkan oleh tanaman jenis Aquilaria spp yang sudah dikenal di Indonesia sejak 1200 tahun yang lalu pada zaman pemerintahan Hindia Belanda. 

Proses pembentukan Gaharu sebagai respons atas masuknya mikroba ke jaringan tanaman yang terluka, baik secara alami maupun buatan. Masuknya mikroba tersebut, memaksa sel tanaman memproduksi senyawa fitoaleksin yang berfungsi se-bagai pertahanan terhadap penyakit/pathogen. Senyawa fito-aleksin tersebut dapat berupa resin berwarna coklat dan ber-aroma harum, serta menumpuk pada pembuluh xilem dan floem untuk mencegah meluasnya luka ke jaringan lain. 

Salah satu ciri tanaman sudah menghasilkan gaharu adalah kulit batang menjadi lunak, tajuk tanarnan menguning dan rontok, serta terjadi pembengkakan, pelekukan, atau penebalan pada batangdan cabang tanaman. Senyawa itulah yang memiliki bau harum khas yang tidak bisa ditemui pohon lain. Karena keunikannya itu, wajar jika Gaharu bisa dihargai sangat mahal. 

Pemanfaatan Gaharu, selain untuk parfum dan pewangi pasa spa-spa kelas atas, juga digunakan sebagai bahan kosmetik dan obat-obatan. Sejauh ini, Gaharu yang banyak diperdagangkan berasal dari alam, yang keberadaanya semakin langka. Tak heran jika PBB mengumumkan Gaharu sebagai tanaman yang rawan punah. Di pelbagai negara, ekspor Gaharu dari alam diperketat, bahkan dilarang. 

Buku ini akan membantu Anda yang tertarik dengan budidaya Gaharu dengan potensi keuntungan ratusan juta rupiah. Pembentukan Gaharu bisa dilakukan dengan inokulasi dengan persentase keberhasilan mencapai 100 persen lebih dan dengan panen yang lebih cepat. Apa dan bagaimana teknik budidaya Gaharu bisa dilakukan, simak terus buku ini. 

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Budidaya Gaharu Satu Pohon Hasilkan Jutaan Rupiah
PENULIS: Dharma Susetya
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-602-7819-023
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 158 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SPM : Budidaya Gaharu Satu Pohon Hasilkan Jutaan Rupiah"

Posting Komentar