Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN BAGI GURU

Di era profesionalime guru, kapabilitas guru menjadi ranah yang harus berkembang secara kontinyu, Butuh kesadaran, kemauan, dan tekad setiap insan pendidik untuk senantiasa mengembangkan profesionalismenya, Tanpa ada upaya pengembangan diri secara kontinyu maka pentasbihan sebagai guru professional tidak memberi value added (nilai tambah) bagi dirinya, organisasi profesinya, dan tentu kualitas pendidikan nasional. Dalam konteks pengembangan profesionalisme guru dikenal dengan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan). 

PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN  BERKELANJUTAN BAGI GURU
PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN  BERKELANJUTAN BAGI GURU
Secara umum, keberadaan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah/madrasah yang berimbas pada peningkatan mutu pendidikan. Secara khusus, tujuan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan) menurut Dian Mahsunah, dkk. (2012) adalah pertama; meningkatkan kompetensi guru untuk mencapai standar kompetensi yang ditetapkan, kedua; memutakhirkan kompetensi guru untuk memenuhi kebutuhan guru dalam memfasilitasi proses belajar peserta didik dalam memenuhi tuntutan perkembangan ilmu, teknologi, dan seni di masa mendatang, ketiga; mewujudkan guru yang memiliki komitmen kuat melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga professional, keempat; menumbuhkan rasa cinta dan bangga sebagai penyandang profesi guru, dan ketima; meningkatkan citra, harkat, dan martabat profesi guru di masyarakat. 

Untuk melaksanakan PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutanj dapat ditempuh dengan banyak cara, antara lain melalui mentoring guru, peer teaching, meningkatan keterampilan menulis, dan mengikuti seminar atau kegiatan ilmiah lainnya. Secara khusus teknik dan kiat pengembangan keprofesian berkelanjutan di bahas untuk mempermudah pembaca dalam mengimplementasikan kajian dalam buku ini. 

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN  BERKELANJUTAN BAGI GURU
PENULIS: BARNAWI & M. ARIFIN
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-39-4
TAHUN: 2014
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: viii + 134

Posting Komentar untuk "PENGEMBANGAN KEPROFESIONALAN BERKELANJUTAN BAGI GURU "