Cara Belanja Buku Untuk Pengadaan Perpustakaan Desa Tahun 2018

Cara Belanja Buku Untuk Pengadaan Perpustakaan Desa Tahun 2018

Cara Belanja Buku Untuk Pengadaan Perpustakaan Desa Tahun 2018


Bapak/Ibu Kepala Desa, Perangkat Desa dan Pelaksana Kegiatan Pengadaan Perpustakaan Desa Yang Terhormat

Pada Tahun 2017, Kami telah mendistribusikan Paket Buku-buku ke berbagai Perpustakaan Desa yang tersebar di berbagai pelosok Tanah Air. Alhamdulillah, Puji Tuhan, hingga saat ini kami masih diberikan kepercayaan untuk membantu kawan-kawan dalam pelaksanaan Pengadaan Buku Perpustakaan Desa di daerahnya masing-masing. Berbekal pengalaman di Tahun 2017 yang lalu, maka di Tahun 2018 ini kami juga akan terus ikut serta membantu pelaksanaan Pengadaan Buku Desa yang menggunakan Dana Desa (DD) maupun Anggaran Dana Desa (ADD) sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku. Untuk itu, maka kami selaku Distributor Buku atau Suplayer Buku ingin menyampaikan beberapa hal terkait tentang kenyamanan transaksi dan kerjasama dengan kami. Berikut adalah hal-hal yang ingin kami sampaikan :

PENYUSUNAN RAB

Meskipun kami telah menyiapkan Contoh RAB Buku Desa dengan menyesuaikan Anggaran yang biasa dicanangkan dalam sekali pengadaan Buku Desa (kisaran 30 Juta, 25 juta, 20 Juta, 15 Juta maupun 10 Juta), namun hampir setiap desa yang masuk kepada kami menginginkan penyesuaian RAB buku desa. Penyesuaan tersebuat biasanya terjadi karena :


  • Menyesuaikan Jumlah Anggran yang ada (Nominal tidak bulat atau lebih kurang dari contoh RAB yang kami sediakan)
  • Kebutuhan akan buku di setiap daerah berbeda-beda, Ada desa yang ingin dimasukkan buku Agama Islam, ada juga yang ingin Katolik atau Protestan, ada pula desa yang ingin lebih banyak buku-buku didominasi oleh kategori pertanian dan peternakan dan lain sebagainya


Selaku Distributor Buku yang ingin membantu Pengadaan Buku Desa agar tepat sasaran, maka kami akan tetap membantu melakukan penyesuaian-penyesuaian tersebut di atas. Anda hanya perlu menginfokan kepada kami berapa Anggaran Desa yang akan digunakan serta kategori-kategori dan jenis buku yang diinginkan. Biasanya dalam waktu 2 sd 3 hari kerja, RAB dan Daftar Buku yang diinginkan sudah kami selesaikan dan kami kirimkan.

Namun adakalanya kami benar-benar tidak sempat untuk menyusun RAB dalam waktu sebagaimana biasanya dikarenakan pada saat yang bersamaan sedang dikejar waktu penyusunan RAB yang lebih dahululu masuk atau bersamaan dengan waktu pelaksanaan pengadaan buku lainnya. Oleh karena itu kami biasanya akan menawarkan untuk menunggu lebih dari 3 hari kerja untuk menyelesaikan atau kami persilakan untuk menyusun RAB sendiri sesuai dengan kebutuhan dari Katalog atau Daftar Buku yang sudah kami pilah-pilah berdasarkan Kajian Materi atau Kategori Buku. Anda dapat menyusun RAB sesuai kebutuhan dari Katalog yang kami kirimkan tersebut.

Katalog Lengkap Buku desa Tahun 2018 dapat anda unduh DI SINI

KETERSEDIAAN BUKU

Buku-buku yang kami tawarkan bukankan buku-buku yang terus kami simpan di gudang. Sebagian buku masih beredar di pasaran atau toko-toko buku semisal Gramedia, Gunung Agung, Toga Mas atau Toko-toko Buku lainnya. Hal ini menyebabkan Stok Buku yang kami miliki adalah Stok Buku Berjalan. Artinya sewaktu-waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kami memaklumi bahwa pasca penyusunan RAB Buku Desa, tidak serta merta langsung dilakukan transaksi pembelian atau dibelanjakan, ada beberapa prosedur yang biasa dilakukan di tingkat desa sehingga pembelian bisa tertunda beberapa minggu, beberapa bulan bahkan ada juga yang ditunda tahun depan. Jika pada saat dilakukan transaksi, ada beberapa buku yang sedang kosong, maka kami sampaikan di awal bahwa buku tersebut akan dilakukan pergantian judul yang sesuai dengan kategori buku yang kosong (misal buku pertanian yang kosong maka akan diganti dengan buku pertanian juga). Penggantian judul tersebut tidak akan merubah Total Nilai Harga pembelian yang telah disepakati di awal, karena kami akan melakukan penggantian buku dengan harga yang sama atau melakukan penyesuaian.

Dari pengalaman selama ini, biasanya kami akan melakukan penyesuaian dan penggantian sebanyak 5% – 10% dari jumlah judul yang dipesan. Sering juga kami lakukan penggantian judul kurang dari 10 judul dari kisaran 500 judul yang dipesan.

SISTEM PEMBAYARAN

Kami sampaikan di awal bahwa seluruh sistem pembayaran transaksi dengan kami adalah pembayaran Tunai Di Depan dengan tahapan sebagai berikut :


  • Biasanya Pembeli melakukan pembayaran full di depan bersamaan pada saat pemesanan. Ada juga yang pada saat pemesanan hanya siap dengan Uang Muka (DP). Jika Pembeli hanya siap untuk melakukan DP, maka kami sampaikan bahwa DP pada saat pemesanan adalah minimal 30% dari total nilai transaksi. Kemudian pelunasayan pembayaran akan dilakukan pada saat buku sudah siap dikirim (kami akan kirimkan bukti foto penyiapan buku / buku siap kirim).
  • Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer ke salah-satu rekening kami atau bisa langsung datang ke alamat kantor kami. Demi kenyamanan bersama, maka jika anda berada di luar kota,  luar daerah atau luar pulau, maka kami sarankan untuk bisa mengutus saudara, sanak famili, kerabat atau teman yang kebetulan sedang berada di Kota Yogyakarta untuk bisa bertemu dengan kami di kantor kami untuk melakukan transaksi sekaligus juga ikut mengawasi proses pengadaan.


Mohon maaf dan Mohon Maklum, Atas banyak pertimbangan, kami belum siap jika pembayarn baik DP maupun pelunasan dilakukan pada saat buku diterima di alamat penerima (desa tempat pengadaan)

SISTEM PENGIRIMAN

Segala biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli, kami hanya akan merekomendasikan beberapa jasa pengiriman yang kami anggap cocok baik dalam hal keceptan, ketepatan maupun dalam hal besaran biaya pengiriman. Pemilihan jasa tersebut sepenuhnya kami serahkan kepada pembeli mana yang cocok dan juga layak.

Selain membantu masalah pemilihan jasa pengiriman, kami juga akan membantu melakukan packing yang aman agar ketika buku sampai tujuan tidak terjadi kerusakan.

HARGA DAN RABAT PEMBELIAN

Harga yang kami lampirkan dalam daftar buku atau RAB adalah harga resmi yang dikeluarkan oleh pihak penerbit selaku pemilik barang dan Hak Cipta Buku tersebut. Naik turunnya harga kami sesuaikan dengan regulasi harga penerbit.

Terkait Rabat Pembelian, kami akan sesuaikan dengan banyaknya jumlah pembelian, semakin banyak jumlah transaksi, maka rabatpun akan kami sesuaikan. Kami dapat memberikan info pasti rabat pembelian tersebut setelah mengetahui berapa banyak yang akan dibelanjakan.

PPN DAN PPH

Lazimnya untuk pengadaan Buku Perpustakaan Desa dikenakan PPN dan PPH, harga yang kami berikan belum termasuk PPN dan PPH. PPN dan PPH akan dibayarkan langsung oleh Bendahara Desa yang juga bisa bertindak selaku pemungut pajak Negara.


Hal-hal lain terkain Cara Belanja Buku Untuk Pengadaan Perpustakaan Desa yang belum kami sampaikan dapat anda tanyakan langsung kepada kami melalui kontak telpon atau WA yang telah kami cantumkan. Anda juga dapat dating langsung ke kantor kami untuk berdiskusi langsung bersama kami terkait dengan Pengadaan Buku Perpustakaan Desa tersebut.


Berikut Adalah Beberapa Dokumentasi Pelaksanaan Pengadaan Buku Yang Telah Kami Laksanakan



Terima Kasih
Hormat kami

Distributor Buku Yogyakarta
CV. Berdikari Bagus Mandiri
Alamat Kantor :
Perumahan Tirta Buana Blok H No. 33, Cepor, Sendang Tirto, Berbah, Sleman, DI. Yogyakarta, 55573 Indonesia
No Telpon : 0274-4536165 -
No HP : 082243591879
No WA : 082243591879
Website 1 : http://distributorbuku.com 
Website 2 : http://perpustakaandesa.com 
Email : distributorbukuyk@gmail.com

0 Response to "Cara Belanja Buku Untuk Pengadaan Perpustakaan Desa Tahun 2018"

Posting Komentar