Daftar Buku Terbaru Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta Tahun 2014 (Update)

Daftar Buku Terbaru Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta Tahun 2014 (Update)

Konsep dan Strategi Keamanan Informasi Di Dunia Cyber
Prof. Richardus Eko Indrajit
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-234-5
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XIV+260
Harga : Rp 99.800,00

Sinopsis :
Konsep dan Strategi Keamanan Informasi Di Dunia Cyber
Sejalan dengan besarnya manfaat yang dirasakan masyarakat melalui penerapan teknologi informasi dan Internet yang berkembang sedemikian pesat, terdapat pula sejumlah risiko yang menyertainya. Pada dasarnya teknologi adalah netral—dampak positif dan negatif yang ditimbulkannya sangat bergantung pada manusia yang menggunakannya.
Buku ini sengaja disusun untuk mengantar mereka yang sehari-hari aktif menggunakan Internet dalam memahami risiko keamanan yang dimaksud. Dimulai dengan prinsip dasar yang harus diketahui semua orang dalam meghadapi fenomena perkembangan teknologi informasi yang sedemikian cepat hingga menciptakan sebuah arena interaksi baru yang disebut dunia maya. Penulis akan membawa pembaca mendalami berbagai isu lain yang mengikutinya, seperti: ragam risiko yang dihadapi pengguna, jenis-jenis ancaman dan serangan di dunia maya, keberadaan tim penangangan insiden Internet, hingga tren kejahatan pada masa mendatang. Selain itu diperkenalkan pula cara-cara mencegah terjadinya aktivitas negatif tersebut. Berbagai teknik pencegahan seperti penetration test, vulnerability analysis, dan audit juga disinggung dalam buku ini. Sebagai tambahan, dibicarakan pula sejumlah standar manajemen keamanan yang dipergunakan dewasa ini, di samping teknik-teknik lain terkait investigasi kejahatan Internet—seperti malware analysis, digital forensics, dan lain sebagainya.
Somoga buku ini dapat menjadi pengantar bagi mereka yang ingin mendalami masalah keamanan informasi di dunia maya dan memperkaya khasanah buku teknologi informasi dan memberikan kontribusi signifikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di tanah air.


Teaching Factory; Rencana dan Nilai Entrepreneurship
Agung Kuswantoro, S. Pd., M. Pd
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-168-3
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XIV+118
Harga : Rp 49.800,00

Sinopsis :
Teaching Factory; Rencana dan Nilai Entrepreneurship
SMK sebagai sekolah vokasional bertujuan menghasilkan peserta didik yang memiliki life skill yang sesuai dengan bidangnya sehingga mampu hidup mandiri di masyarakat. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui pembelajaran kewirausahaan. Penanaman nilai-nilai entrepreneurship di sekolah dapat dilakukan melalui teaching factory.
Buku Teaching Factory ini mengkaji tentang perencanaan teaching factory yang meliputi identifikasi kebutuhan dan masalah, kebijakan, strategi, pengembangan, serta evaluasi pendahuluan yang didasarkan kajian teori dan studi empiris di SMK Negeri 6 Semarang, sebagai sekolah yang telah sukses mengaplikasikan teaching factory, bahkan produk-produknya telah dikenal di Singapura dan Malaysia.



Hukum Ketenaganukliran; Tinjauan dari Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Eri Hiswara, M.Sc.
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-226-0
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : X+190
Harga : Rp 84.800,00

Sinopsis :
Hukum Ketenaganukliran; Tinjauan dari Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Aplikasi ketenaganukliran di berbagai bidang di Indonesia telah meningkat pesat di Indonesia. Berdasar data yang ditampilkan dalam situs Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), pada akhir Februari 2014 BAPETEN sebagai instansi yang diberi wewenang melakukan pengawasan terhadap pemanfaatan tenaga nuklir di Indonesia tercatat telah mengeluarkan sebanyak 11.766 izin pemanfaatan kepada 2.645 instansi baik pemerintah maupun swasta. Kenyataan bahwa selain membawa manfaat yang sangat besar, penggunaan tenaga nuklir juga memiliki efek yang berbahaya bagi kesehatan manusia, maka setiap aplikasi tenaga nuklir ini harus diatur melalui suatu sistem peraturan perundangan yang ketat.
Buku ini menyajikan sistem peraturan perundangan ketenaganukliran di Indonesia, dengan penekanan pada aspek keselamatan dan kesehatan kerja. Dari pengamatan tampak bahwa aspek keselamatan dan kesehatan kerja pada hukum ketenaganukliran di Indonesia telah diatur dengan baik. Standar internasional yang dikembangkan oleh Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA) juga telah diakomodasi dan disesuaikan dengan kebutuhan Indonesia. Namun demikian, analisis rinci terhadap dua peraturan pokok, yaitu Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2007 dan Peraturan Kepala BAPETEN Nomor 4 tahun 2013 menunjukkan masih ada beberapa kelemahan pada kedua peraturan ini yang walaupun tidak mengganggu terhadap kandungan peraturan dari sisi legal secara keseluruhan, namun dari segi ilmiah dan konsistensi dengan standar internasional masih dapat diperbaiki dan disempurnakan.



Hukum Pembebasan Tanah Hak Milik Adat untuk Pembangunan Kepentingan Umum
Sarkawi, S.H., M.H.
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-230-7
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : X+136
Harga : Rp 59.800,00

Sinopsis :
Hukum Pembebasan Tanah Hak Milik Adat untuk Pembangunan Kepentingan Umum
Tanah merupakan unsur terpenting bagi kehidupan manusia. Tanah memiliki banyak fungsi dan kegunaan baik secara sosial, ekonomi, agama maupun politik. Sebagai fungsi sosial, tanah menjadi faktor utama pendukung kehidupan dan kesejahteraan masyarakat. Dalam pembebasan tanah acapkali meninggalkan masalah antara masyarakat adat yang menguasai tanah dengan pelaku pembangunan. Hal ini kadang terjadi karena sering melupakan fungsi sosial tanah (Pasal 33 ayat 3 UUDN RI Tahun 1945) walaupun wacana pembebasan tanah tersebut dilakukan dengan dalih pembangunan demi kepentingan umum. Berbagai masalah dalam proses pembebasan tanah acapkali menimbulkan konflik yang berkelanjutan baik antara masyarakat dengan masyarakat, antara masyarakat dengan aparat keamanan maupun antara masyarakat dengan pemerintah. Hal ini diakibatkan oleh berbagai faktor yang pada prinsipnya tidak sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat adat.
Oleh karena itu, buku berjudul Pembebasan Tanah Hak Milik Adat untuk Pembangunan Kepentingan Umum ini membahas tentang beberapa hasil penelitian penulis yang mengkaji mengenai tanah-tanah yang dimiliki oleh masyarakat hukum adat yang dijadikan obyek pembangunan demi kepentingan umum. Buku ini membahas tentang; (1) Dasar-dasar pengaturan sistem Hukum Adat dalam sistem hukum nasional, yang tertuang dalam berbagai aturan perundang-undangan (konstitusional) sejak zaman kolonial hingga kini, baik konstitusional Indonesia (dalam negeri) maupun luar negeri, antara lain; (a) Perundang-Undangan Kolonial (b) Konstitusional Indonesia yaitu; Peraturan Pemerintah, Keputusan/Peraturan Presiden, Keputusan/Peraturan Menteri, dan (c) Konvensi Internasional; (2) Proses-proses peralihan tanah adat yang dijadikan obyek pembangunan, yang dalam hal ini dibagi menjadi 3 (tiga) tahap sebagai berikut: (a) Persiapan, (b) Pelaksanaan, dan (c) Pelaporan. serta (3) Menelaah berbagai faktor yang memengaruhi proses peralihan tanah adat untuk kepentingan pembangunan, seperti faktor internal dan eksternal. Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kita semua.



Wireless Sensor Networks
Firdaus
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-189-8
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : X+180
Harga : Rp 84.800,00

Sinopsis :
Wireless Sensor Networks
Wireless Sensor Network (WSN) merupakan salah satu komponen penting dari visi komputasi tersebar (ubiquitous computing). Menggabungkan komunikasi nirkabel, komputasi dan sensor dalam perangkat embedded, WSN mengintegrasikan lingkungan fisik dalam dunia komputasi. Buku ini memberikan pengantar WSN dari sisi protokol, aplikasi sampai contoh penerapan menggunakan hardware yang bisa dibeli di Indonesia. Disusun dengan gaya bahasa yang jernih, lugas disertai contoh yang mudah dimengerti, buku ini memberikan pengantar yang baik bagi pembaca untuk pengenalan WSN secara khusus, dan ubiquitous computing  secara umum.” (Widyawan, Ph.D - Universitas Gadjah Mada).
Perkembangan sistem dan teknologi WSN sangat pesat di berbagai bidang dengan manfaat yang cukup signifikan baik secara teknis maupun ekonomis. WSN bisa diaplikasikan untuk proses monitoring maupun pengendalian. Area aplikasinya pun sangat luas; meliputi industri, lingkungan, rumah tangga, hingga bidang keamanan dan militer. Buku ini terdiri dari 8 (delapan) bab yaitu : dasar WSN, aplikasi WSN, teknologi sensor, standar komunikasi nirkabel untuk WSN, keamanan pada WSN, routing pada WSN, aplikasi WSN menggunakan ZigBee, aplikasi WSN menggunakan TRW-2,4GHz. Tidak hanya membahas secara teori, pembaca juga dipandu untuk mempraktikan aplikasi WSN untuk telemonitoring, sehingga bisa dikembangkan lebih lanjut.



Manajemen Organisasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi
Prof. Richardus Eko Indrajit

Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-235-2
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XVI+208
Harga : Rp 89.800,00

Sinopsis :
Manajemen Organisasi dan Tata Kelola Teknologi Informasi
Prof. Richardus Eko Indrajit

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sedemikian pesat memberikan tantangan tersendiri bagi pemilik dan pimpinan organisasi dalam menyikapinya. Jika perusahaan mengabaikan atau tidak menerapkan beragam aplikasi teknologi yang tersedia, akan mempersulit memenangkan persaingan global yang semakin ketat ini. Sementara jika ingin menerapkannya, harus ada alokasi keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan investasi dan operasionalnya. Pada saat yang sama, manfaat yang diperoleh akan diiringi pula dengan sejumlah risiko yang dihadapi.
Mengelola aset teknologi informasi dan komunikasi adalah pekerjaan yang sangat menantang bagi organisasi, khususnya unit atau divisi teknologi informasi. Bentuk struktur organisasi yang tepat, ragam prosedur yang harus dimiliki, standar pengelolaan yang perlu diadopsi, kompetensi dan keterampilan sumber daya manusia yang harus dipenuhi, kultur dan perilaku yang perlu dibangun, hanyalah merupakan sejumlah isu yang membayang-bayangi para nakoda pengelola teknologi informasi dan komunikasi di organisasi semacam perusahaan.  Buku ini disusun dengan berpegang pada dua konsep tata kelola utama dalam organisasi, yaitu seputar GOVERNANCE dan MANAGEMENT. Kedua kata yang kerap saling salah kaprah dipertukarkan tersebut pada dasarnya merupakan kunci utama terciptanya struktur, proses, dan kultur tata kelola yang baik. Dengan diadopsinya model tata kelola yang efektif, maka nischaya manfaat yang diharapkan pemilik serta pimpinan dengan adanya teknologi informasi dapat benar-benar diperoleh—sejalan dengan visi, misi, dan obyektif yang telah dicanangkan. Di samping itu, perlu dicatat bahwa manfaat yang diperoleh harus diimbangi dengan optimalisasi terhadap pemakaian sumber daya dan manajemen risiko yang andal.



Peranan Teknologi Informasi pada Perguruan Tinggi; Paradigma, Konsep dan Strategi Implementasi
Prof. Richardus Eko Indrajit
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-236-9
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XII+300
Harga : Rp 124.800,00

Sinopsis :
Peranan Teknologi Informasi pada Perguruan Tinggi; Paradigma, Konsep dan Strategi Implementasi
Kehadiran teknologi informasi dan komunikasi di dunia pendidikan telah merubah pola pikir dan perilaku individu serta masyarakat dalam melakukan proses pembelajaran. Sumber daya pembelajaran yang dahulu hanya berada dalam sekat-sekat lembaga pendidikan formal, kini telah tersedia luas tak terbatas dan bebas diakses oleh siapa saja, dari mana saja, kapan saja, dan menggunakan apa saja. Keberadaan Internet yang menghubungkan titik-titik sumber materi dan pusat pembelajaran telah mengakibatkan terjadinya transformasi besar di dunia pendidikan.
Sebagaimana UNESCO menyatakan bahwa kehadiran teknologi informasi dalam dunia pendidikan adalah “to meet the unmet educational needs”, maka diperlukan kerjasama yang erat antara seluruh pemangku kepentingan dalam dunia pendidikan dalam bentuk komunikasi dan kolaborasi lintas fungsi serta lintas generasi. Hal ini sungguh penting karena kunci keberhasilan adopsi sungguh terletak pada perkawinan antara kearifan masa lalu (knowledge literacy) dan kemajuan masa kini (technology literacy). Buku ini merupakan bunga rampai dari artikel yang disusun penulis dalam mengantar pemangku kepentingan di dunia pendidikan tinggi dalam memahami fenomena perkembangan teknologi informasi pada sektor pendidikan secara holistik dan sistemik. Mudah-mudahan keberadaannya dapat memberikan kontribusi positif dan signifikan bagi perkembangan dunia pendidikan di tanah air tercinta.




Manajemen Operasional Pendukung Sistem Informasi
Irwan Basir Isa
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-179-9
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XVIII+186
Harga : Rp 81.800,00

Sinopsis :
Manajemen Operasional Pendukung Sistem Informasi
Salah satu pendukung Sistem Informasi adalah sistem jaringan komputer. Dalam beberapa tahun terakhir, jaringan komunikasi data, baik yang berupa Local Area Network (LAN) maupun Wide Area Network (WAN) telah berperan sangat penting di dunia bisnis. Teknologi jaringan komputer memiliki teknologi khusus, serta memengaruhi kualitas administrasi (atau menjalankannya) pada beberapa banyak aktifitas dengan mengambil keuntungan yang diberikan oleh networking. Sangat penting bagi perusahaan untuk menjalankan aktifitasnya dengan memanfaatkan jaringan komputer yang memiliki kualitas yang tinggi.  
Naskah ini memberikan pengenalan secara praktis dari contoh pengalaman bagaimana mengelola jaringan komputer, dan pada saat yang bersamaan melihat latar belakang teknologi dan servis ini. Pembahasan akan dimulai dari topologi jaringan komputer, manajemen secara umum sampai pengrekrutan staf yang handal untuk mengelola jaringan komputer ini.



Perancangan Power Supply SwitchMode
Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-229-1
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XIV+194
Harga : Rp 94.800,00

Sinopsis :
Perancangan Power Supply SwitchMode
Power supply jenis switchmode merupakan jenis power supply paling banyak dipergunakan sebagai sumber daya peralatan elektronik aplikasi. Jenis switch mode memberikan banyak kelebihanan yang tidak dimiliki jenis konvensional lainnya, beratnya yang sangat ringan, kestabilan tegangan keluaran yang sangat baik, dan jangkauan variasi catu tegangan masukan yang lebar, di samping respons yang baik dan proteksi pembebanan lebih atau hubung singkat yang sangat baik.
Buku ini merupakan kelanjutan dari buku penulis yang telah terbit dan berisi penjelasan mendalam dan lengkap mengenai persyaratan yang dibutuhkan dalam merancang power supply jenis switch mode (contoh perancangan praktis dapat dilihat pada buku penulis yang telah terbit). Buku ini dapat menjadi referensi sangat baik bagi kalangan akademisi di bidang elektronik dan juga kalangan praktisi /hobist atau lingkungan industri pada umumnya.



Aspek Hukum Transaksi Elektronik; Perikatan, Pembuktian dan Penyelesaian Sengketa
Resa Raditio
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-218-5
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : VIII+168
Harga : Rp 69.800,00

Sinopsis :
Aspek Hukum Transaksi Elektronik; Perikatan, Pembuktian dan Penyelesaian Sengketa
Perkembangan teknologi informasi pada akhir abad 20 ini telah menyebabkan informasi dapat bergerak cepat. Informasi mengalir dari suatu lokasi ke lokasi lain tanpa dibatasi jarak dan hanya dalam hitungan detik. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan sistem perdagangan yang berbasis teknologi canggih e-commerce, di mana transaksi bisnis yang menggunakan elektronik telah mereformasi perdagangan konvensional; dari interaksi antara para pihak yang sebelumnya dilakukan secara langsung menjadi interaksi tidak langsung. E-commerce telah merubah paradigma bisnis klasik dengan menumbuhkan model-model interaksi antara para pihak di dunia virtual. Dari ulasan tersebut dapat diperhatikan bahwa perkembangan bisnis perdagangan berbasis IT (elektronik), sadar atau tidak, telah memberikan dampak terhadap perkembangan hukum. Hal ini merupakan tantangan sekaligus peluang yang harus dihadapi, khususnya di bidang hukum bisnis. Kompleksitas hubungan menyangkut bisnis internasional yang menggunakan e-commerce ini akan sangat rentan terhadap persengketaan, kemudian pembuktiannya dalam ruang lingkup Hukum Acara Pidana apabila terjadi masalah pidana (pencurian data, password dan sebagainya) kemudian belum lagi aturan mengenai legalitas pembuktian elektronik dalam menangani sengketa perdagangan berbasis IT (elektronik) tersebut.
Buku ini membahas beberapa persoalan dalam transaksi bisnis berbasis IT (elektronik). Tidak hanya dikupas dalam sisi hukum, tetapi juga perpaduan antara hukum dan teknologi sehingga akan dapat diketahui beberapa pembuktian tindak kejahatan dalam e-commerce, penyelesaian sengketa, perlindungan hukum bagi para pihak yang menggunakan sistem Rekening Bersama (RekBer) dalam suatu transaksi di forum komunitas, hingga legalitas pembuktian forensik digital dalam hukum acara pidana. Penulis juga menyertakan beberapa contoh kasus terkait pembuktian elektronik di Indonesia.



Metodologi Six Sigma; Teori dan Aplikasi di Lingkungan Pabrikasi
Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-181-2
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XVIII+426
Harga : Rp 174.800,00

Sinopsis :
Metodologi Six Sigma; Teori dan Aplikasi di Lingkungan Pabrikasi
Metodologi Six Sigma dipopulerkan oleh perusahaan kelas dunia Motorola pada tahun 80-an dan sepanjang perkembangannya, banyak dipakai oleh perusahaan besar kelas dunia untuk meningkatkan mutu produksi dan penghematan biaya di tengah persaingan bisnis yang mematikan, yang terkenal dengan ungkapan bahwa posisi normer satu akan selalu untung, posisi nomer dua bisa untung bisa rugi sedangkan posisi ketiga sudah pasti rugi. Dengan kata lain, Metodologi Six Sigma telah menjadi sebuah kebutuhan dan alat bagi perusahaan agar mampu bersaing dan tumbuh di tengah-tengah globalisasi. Pada dasarnya six sigma merupakan gabungan antara pengetahuan statistik (SPC & pemodelan) dan aspek manajemen (terdokumentasi,  ISO) dan dikonsepkan secara sistematis (metodologi) dalam model  DMAIC yang terstruktur.
Buku ini merupakan kelanjutan dari buku sejenis karangan penulis yang sudah diterbitkan. Buku ini menekankan sisi praktek yang dilengkapi contoh-contoh penggunaan perangkat lunak Minitab, selain memperluas pembahasan perancangan faktorial 2k yang sering dipergunakan dalam melakukan DOE.
Secara garis besar, isi buku ini mencakup:
Konsep metodologi six sigma /DMAIC    √
Dasar-dasar  statistik untuk menunjang tahapan DMAIC  √
Design of experiment / DOE     √
Teori Perancangan Faktorial 2k    √
Contoh proyek six Sigma     √
Contoh-contoh Minitab dalam aplikasi metodologi six sigma √



Instrumentasi Industri dan Kontrol Proses
Ir. Sutarno, M.Sc.
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-228-4
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : XII+146
Harga : Rp 69.800,00

Sinopsis :
Metodologi Six Sigma; Teori dan Aplikasi di Lingkungan Pabrikasi
Metode dan instrumen yang tepat untuk meningkatkan efisiensi proses, kualitas dan tingkat produksi dalam aktivitas di pabrik atau industri sangatlah penting. Buku Instrumentasi Industri dan Kontrol Proses ini memuat dasar-dasar Instrumentasi dan Kontrol Proses  secara jelas dan ringkas. Buku ini menggambarkan pengalaman penulis yang bertahun-tahun sebagai seorang insinyur dan pendidik, menawarkan panduan praktis dan mudah digunakan untuk memenuhi kebutuhan setiap orang yang bekerja atau terlibat dalam pelatihan fungsi kontrol proses.
Buku ini juga memberikan penjelasan menyeluruh dari komponen pengukuran variabel proses,  dasar-dasar listrik—analog dan digital—pneumatik, aktuator, dan regulator serta rincian aplikasinya untuk proses kontrol di industri. Setiap bab ditulis dengan jelas, cara yang logis, terorganisir serta disertai banyak contoh soal dan penyeleseaian, ditambah banyak soal latihan realistis yang  menantang para pembaca dan praktisi berpikir serta termotivasi untuk mengaplikasikan pengetahuan dasar instrumentasi guna menyelesaikan masalah-masalah dalam praktik sehari-hari.



Transportasi Komprehensif dan Multi Moda
Sakti Adji Adisasmita, Ir., M. Si., M. Eng., Sc.,
Penerbit : Graha Ilmu
ISBN : 978-602-262-232-1
Cetakan Tahun : 2014
Halaman : X+154
Harga : Rp 64.800,00

Sinopsis :
Transportasi Komprehensif dan Multi Moda
Jaringan prasarana transportasi (trayek, dan rute), terminal (terminal angkutan darat, pelabuhan, dan bandar udara), sarana transportasi (kendaraan bermotor, kapal laut, dan pesawat udara), dan muatan (manusia dan barang) merupakan unsur fundamental transportasi. Jaringan transportasi komprehensif yang didukung oleh tersedianya prasarana dan sarana transportasi harus diselenggarakan ke seluruh pelosok tanah air, yang menghubungkan antar pulau, antar wilayah/daerah, antar kota, antar tata ruang yang tersebar, melalui jaringan transportasi darat, laut, dan udara.
Sistem transportasi komprehensif harus didukung oleh Sistem Transportasi Antar Moda (STAM)/Multi Moda (STMM) yang mengupayakan terjadinya peralihan barang dari suatu wilayah ke wilayah lain melalui terminal/pelabuhan/bandar udara, secara lancar dan aman untuk menyediakan pelayanan transportasi dari pintu ke pintu (door to door transportation service). Untuk mewujudkan Sistem Transportasi Komprehensif dan Sistem Transportasi Antar Moda/Multi Moda yang terkonsolidasi dan terintegrasi dibutuhkan perumusan kebijakan dan penyusunan rencana pembangunan transportasi yang komprehensif, terarah, dinamis, dan berwawasan masa depan, diperlukan tersedianya sumber daya manusia yang berkapasitas dan berkemampuan tinggi, yang didukung oleh peraturan perundangan dan iklim investasi dan usaha/berusaha yang kondusif dan favorable, serta penguatan kelembagaan dalam arti luas.









0 Response to "Daftar Buku Terbaru Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta Tahun 2014 (Update)"

Posting Komentar