Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Sehat & Kaya Dengan Budidaya Ikan Garra Rufa

SPM : Sehat & Kaya Dengan Budidaya Ikan Garra Rufa
SPM : Sehat & Kaya Dengan Budidaya Ikan Garra Rufa
Konon, terapi ikan sudah dikenal di Indonesia sejak zarnan kerajaan. Misalnya di Priangan Timur, Jawa Barat. Kerajaan seperti Galuh, Sukapura diketahui telah mengenal terapi ikan, di mana para menak dan kaum ningrat berendam diri di kolam-kolam ikan nilem milik keraton. Tujuannya adalah untuk memelihara kesehatan dan kebugaran mereka. Dalam masyarakat Sunda, laku demikian disebut dengan istilah "Gerenyem Nilem". Ikan tersebut memakan sel-sel kulit mati sehingga dapat menyehatkan tubuh manusia. Kini, terapi dengan ikan (fish therapy) kembali marak. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya dan sebagainya, dengan mudah dijumpai spa ikan. 

Ikan yang dipakai adalah Garra rufa, ikan tawar yang didatangkan langsung dari Turki. Ikan ini dipercaya mampu menyembuhkan pelbagai masalah kulit dan menjaga kebugaran para penggunanya. Ikan ini memang bukan untuk konsumsi, sehingga memiliki panjang maksimal 14cm. Pamor ikan ini langsung menyedot perhatian masyarakat. Sejak masuk ke indonesia sekitar tahun 2008, kini sudah ada ribuan spa ikan yang menggunakan Garra rufa. Ikan ini memiliki kelebihan dibanding ikan terapi lain seperti; hanya memakan sel-sel kulit mati, tidak bergigi sehingga tidak berbahaya, tidak menyebarkan penyakit, mampu melancarkan peredaran darah dan sebagainya. Tak heran, permintaan ikan ini terus mengalami kenaikan, baik yang digunakan untuk usaha spa ikan komersil maupun home spa (spa di rumah). 

Buku yang ada di tangan pembaca ini berupaya menjelaskan segala seluk-beluk ikan Garra rufa, mulai dari asal-usul, manfaat terapi ikan, hingga teknik membudidayakannya. Selain itu, di buku ini Anda juga diajak untuk mengetahui lebih jauh peluang usaha pembuatan spa il<an, yang kini mulai digemari masyarakat dari pelbagai kalangan. Tentu saja dilengkapi dengan analisis eko-nominya. Akhirnya selamat membaca dan semoga bermanfaat.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Sehat & Kaya Dengan Budidaya Ikan Garra Rufa
PENULIS: Arum Fatimah S.Pi
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978 - 602-99885-5-7
TAHUN: 2019
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 142 

Posting Komentar untuk "SPM : Sehat & Kaya Dengan Budidaya Ikan Garra Rufa"