Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik Untuk Tanaman

SPM : Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik Untuk Tanaman
SPM : Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik Untuk Tanaman
Gerakan pertanian organik sudah dimulai di mancanegara semenjak tahun 1970-an. Akibat lebih banyak dampak buruk revolusi hijau, maka masyarakat lebih menginginkan produk pertanian yang baik bagi kesehatan manusia dan sekaligus ramah lingkungan. Amerika Serikat dan negara-negara Eropa sangat memperhatikan hal ini. Dengan demikian, secara pelahan pertanian organik berkembang dan produknya harus mempunyai standar yang lebih tinggi. Pertanian organik juga berkembang di Asia, terutama di Jepang, Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Sekarang ini, negara Eropa dan Amerika sangat menyukai produk organik. Sekitar 3 ribu ton/tahun sayuran organik beku dan olahan buah-buahan organik berpeluang menembus pasar. Dalam perkembangan ini, para pedagang sering memasang label organik untuk menaikkan harga dagangannya. Oleh karena itu, misalnya, produk organik di Jerman harus diawasi dan dipasangi label ekolabeling (label ramah lingkungan). 

Dari pemaparan di atas terlihat jelas betapa penting produk organtik dan pertanian organik. Termasuk dalam hal ini adalah pupuk organik sebagai dasar lahirnya produk-produk pertanian organik. Kehadiran pupuk organik tak bisa dilepaskan dari proyek pertanian yang ramah lingkungan. Oleh karena itulah buku ini menjadi relevan dan penting untuk dibaca oleh siapa pun yang berminat terhadap isu kesehatan dan ramah lingkungan. 

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik Untuk Tanaman
PENULIS: Darma Susetya SP
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978 - 602-99887-6-5
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 206

Posting Komentar untuk "SPM : Panduan Lengkap Membuat Pupuk Organik Untuk Tanaman "