Buku Terbaru Penerbit Gadjah Mada University Press Tahun 2014 - Bagian 1

Buku Terbaru Penerbit Gadjah Mada University Press Tahun 2014 - Bagian 1

Kompetensi Dasar Olimpiade Sains Nasional Geografi
Kompetensi Dasar Olimpiade Sains Nasional Geografi
Rika Harini, Nugroho Christanto, Muh Aris Marfai
ISBN    :  979-420-858-2
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Maret 2014
Isi    :  xiv + 174 halaman
Harga : 52.000

Sinopsis :
Kompetensi Dasar Olimpiade Sains Nasional Geografi
Buku berjudul “Kompetensi Dasar Olimpiade Sains Nasional” ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM). Buku ini berisi mengenai materi-materi Geografi, di antaranya adalah Geografi Pertanian, Geologi dan Geomorfologi, Oseanografi, serta Hidrologi dan Metereologi. Tahun2013 merupakan pertama kalinya Geografi masuk dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) sebagai kompetisi untuk menjaring peserta lomba international Geography Olimpiad (IGEO). Siswa yang mengikuti OSN Geografi merupakan siswa yang telah lolos di tingkat kabupaten dan provinsi. Oleh karena itu, siswa membutuhkan materi-materi yang mendukung dalam pemahaman Geografi. Buku ini berisi 5 chapter yang disusun sedemikian rupa sehingga pembaca mendapatkan gambaran tentang Geografi, baik aspek sosial ekonomi maupun fisik. Pada bagian pertama, pembaca akan diberikan materi Geografi Pertanian. Selanjutnya pembaca akan memahami aplikasi Geografi Pertanian dalam Pembangunan dengan contoh Studi Kasus Konversi Lahan dan Ketahanan Pangan di Daerah Pinggiran Kota Yogyakarta. Bagian berikutnya membahas Geologi dan Geomorfologi. Selanjutnya pembaca akan mendapatkan materi terkait Oseanografi dan chapter terakhir dalam buku ini akan membahas tentang Hidrologi dan Metereologi.


Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Penulis    :  Su Rito Hardoyo, dkk
ISBN    :  979-420-865-5
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  April 2014
Isi    :  xxiii + 288 halaman
Harga : 86.000

Sinopsis :
Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Ancaman banjir rob akibat perubahan iklim dan pemanasan global dinilai sebagai penyebab utama naiknya permukaan air laut (rob) yang berdampak pada kehidupan sosial ekonomi masyarakat di wilayah kepesisiran, seperti kerusakan permukiman, infrastruktur wilayah, lahan tambak dan lain sebagainya. Atas dasar isu utama tersebut maka buku yang berjudul “Aspek Sosial Banjir Genangan (Rob) di Kawasan Pesisir” ini disusun. Pada buku ini terdapat beberapa hasil penelitian dan temuan di lapangan yang terkait dengan kondisi sosial ekonomi masyarakat serta isu kebencanaan banjir genangan (rob) lainnya. Beberapa hasil penelitian tersebut meliputi perkembangan kuantitas dan kualitas permukiman daerah rawan banjir rob di Pekalongan, strategi adaptasi masyarakat terhadap banjir rob di permukiman pesisir Kabupaten Pekalongan, pemetaan kerentanan banjir rob dan implikasinya terhadap penyediaan infrastruktur wilayah, strategi adaptasi masyarakat terhadap banjir rob di Kabupaten Pekalongan, kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi banjir rob, dan kerentanan masyarakat dalam menghadapi banjir rob.

Pada hasil penelitian yang berjudul “Perkembangan Kuantitas dan Kualitas Permukiman Daerah Rawan Banjir Rob di Permukiman Pesisir Kabupaten Pekalongan” menyimpulkan bahwa kualitas permukiman pada wilayah kepesisiran dipengaruhi oleh lokasi absolut maupun relatif, jumlah dan agihan penduduk, bentuk penggunaan lahan, ketersediaan sarana prasarana serta kejadian banjir genangan (rob).

Pada hasil penelitian yang berjudul “Strategi Adaptasi Masyarakat terhadap Banjir Rob di Permukiman Pesisir Kabupaten Pekalongan” menyimpulkan adanya pola dan motif adaptasi masyarakat di wilayah kepesisiran. Adapun yang menjadi aspek pemicu masyarakat untuk bertahan hidup di wilayah kepesisiran dengan ancaman banjir genangan (rob) tersebut meliputi aspek lingkungan yang telah lama terbentuk, kebersamaan antarwarga yang sudah terjalin kuat, kedekatan dengan tempat kerja, serta faktor ekonomi yang kurang mendukung untuk berpindah mukim.

Pada hasil penelitian yang berjudul “Pemetaan Kerentanan Banjir Rob dan Implikasinya terhadap Penyediaan Infrastruktur Wilayah” dapat disimpulkan bahwa kerentanan bencana banjir rob dapat ditinjau dari aspek fisik, sosial, dan ekonomi. Pada aspek fisik, kerentanan ditinjau dari aspek kondisi fisik bangunan dan infrastruktur jalan. Pada aspek sosial ditinjau dari aspek kepadatan penduduk, sedangkan pada aspek ekonomi ditinjau dari aspek pendapatan masyarakat dan lahan tambak yang tergenang akibat banjir rob.

Pada hasil penelitian yang berjudul “Strategi Adaptasi Masyarakat dalam Mengatasi Banjir Rob di Pekalongan” menyimpulkan adanya bentuk-bentuk adaptasi masyarakat sebagai wujud dari keinginannya untuk tetap menetap dengan segala aktivitasnya. Strategi adaptasi dilakukan sebagai upaya untuk mengatasi dampak negatif dari banjir rob terhadap kondisi fisik, sosial, ekonomi, dan lingkungan. Bentuk-bentuk strategi tersebut dilakukan secara bersama-sama antara masyarakat dan pemerintah Kota Pekalongan.

Pada hasil penelitian yang berjudul “Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Banjir Rob” menyimpulkan bahwa peran kelembagaan serta inisiatif masyarakat sangat penting dalam fase kesiapsiagaan terhadap bencana banjir rob. Kelembagaan yang sifatnya formal dan informal memiliki peran dalam pengambilan kebijakan dan sinkronisasi kebijakan dalam penanggulangan bencana banjir rob.

Pada hasil penelitian yang berjudul “Kerentanan Masyarakat dalam Menghadapi Banjir Rob” menyimpulkan bahwa kawasan permukiman yang tumbuh di pesisir pantai serta sarana dan prasarana yang mendukungnya semakin rentan terhadap banjir rob dan dinamika lingkungan, sebagai akibat hilangnya kawasan lindung seperti hilangnya hutan mangrove.


Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu
Penulis    :  Sudarmadji, dkk
ISBN    :  979-420-862-0
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Mei 2014
Isi    :  xvii + 242 halaman
Harga : 99.000

Sinopsis :
Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Buku berjudul “Pengelolaan Sumberdaya Air Terpadu” berisikan 6 (enam) chapter terkait pengelolaan sumberdaya air terpadu. Chapter pertama berjudul “Paradigma Pengelolaan Sumberdaya Air”, merupakan chapter yang memayungi chapter-chapter berikutnya, yaitu Pengolahan Data Hujan, Metode Analisis dan Potensi Air Permukaan, Metode Analisis dan Potensi Airtanah, Kualitas Air, dan Kebutuhan Air.

Air tawar di bumi hanya memiliki persentase sebesar 2,5% yang terdistribusi sebagai air sungai, air danau, airtanah, dan lainnya. Di samping itu, ketersediaan air bersifat dinamis dari waktu ke waktu, dengan kuantitas yang berbeda-beda antardaerah yang satu dengan daerah yang lain, sehingga sangat diperlukan pengelolaan air agar kuantitas dan kualitas tetap terjaga. Chapter 1 (satu) membahas mengenai paradigma pengelolaan sumberdaya air telah bergeser dari air sebagai benda sosial menjadi air sebagai benda ekonomi yang memiliki fungsi sosial.

Hujan merupakan salah satu komponen penting dalam mempelajari siklus hidrologi. Jatuhnya air di permukaan bumi akan mengawali berbagai macam proses, seperti erosi, sedimentasi, intersepsi, overlandflow, runoff dan berbagai proses lain yang mengikutinya. Mempelajari hujan akan bersinggungan dengan tata cara dalam memperoleh data hujan yang baik. Data hujan yang baik dapat diperoleh dengan memperhatikan komponen alat dan metode yang tepat untuk menentukan jaringan stasiun hujan. Chapter 2 (dua) buku ini akan menjelaskan mengenai jenis-jenis intrumen pencatat hujan, pencatatan data hujan, penentuan jaringan stasiun hujan, distribusi spasial hujan, keterkaitan hujan dengan lingkungan, pemanenan air hujan untuk berbagai keperluan dan beberapa penelitian terkait alisis data hujan untuk identifikasi anomali atau perubahan cuaca dan iklim. Lebih lanjut bagian hujan yang menjadi air permukaan, akan dibahas pada chapter 3 (tiga) mengenai berbagai komponen yang membentuk air permukaan, posisinya dalam siklus hidrologi. Berbagai cara perhitungan debit dijelaskan di sini termasuk debit rancangan dan debit andalan. Selain itu, masalah dan tantangan dalam pengelolaan air permukaan juga disinggung pada chapter ini. Chapter 4 (empat) membahas mengenai bagian hujan yang menjadi air tanah, jenis-jenis akuifer, potensi, pengelolaan, dan tantangan dalam pengelolaan air tanah.

Terkait bahasan pada chapter sebelumnya, maka akan muncul bahasan mengenai pentingnya kualitas dan isu kebutuhan air yang dalam buku ini dibahas pada chapter 5 dan   chapter 6. Chapter kelima berjudul Kualitas Air. Kualitas air dikemas dengan bahasan dari sudut pandang yang berbeda. Chapter ini membahas tentang kualitas air dalam konteks pengelolaan sumberdaya air. Selain itu, di dalamnya dibahas pula faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas air dari sudut pandang geografi. Chapter ini juga dilengkapi dengan gambaran karakteristik kualitas air perairan alami, peruntukan air secara kualitas, serta permasalahan kualitas air yang terjadi di Indonesia.

Bagian chapter keenam membahas tentang kebutuhan air. Pengelolaan sumberdaya air terpadu tidak terlepas dari pertimbangan besarnya pemanfaatan air di suatu wilayah. Kebutuhan air dibedakan berdasarkan jenis pemanfaatannya antara lain kebutuhan air untuk domestik, industri, pertanian, perikanan, dan peternakan. Besarnya kebutuhan air masing-masing pemanfaatan dipengaruhi oleh perkembangan industri dan teknologi. Perubahan besarnya kebutuhan air penting diketahui untuk perencanaan pemenuhan kebutuhan airnya, sehingga proyeksi kebutuhan air dilakukan. Proyeksi kebutuhan air yang berbasis spasial bermanfaat untuk menunjang pemenuhan kebutuhan air di suatu wilayah. Maka, pengelolaan sumberdaya air terpadu dapat dilakukan dengan tepat.



Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Aspek Sosial Banjir Lahar
Penulis    :  Sri Rum Giyarsih, dkk
ISBN    :  979-420-861-2
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juni 2014
Isi    :  xix + 216 halaman
Harga : 65.000

Sinopsis :
Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Buku ini berisi mengenai aspek sosial kemasyarakatan akibat banjir lahar yang ditimbulkan oleh erupsi Gunungapi Merapi. Selama beberapa generasi, masyarakat sekitar sungai yang berhulu di lereng Merapi telah berinteraksi dengan berbagai fenomena alam yang ditimbulkan oleh aktivitas Merapi salah satunya banjir lahar. Interaksi yang telah terjadi dengan waktu yang sangat panjang ini menimbulkan sebuah keterikatan batin yang erat antara masyarakat dengan Merapi sehingga membentuk kondisi sosial yang unik. Buku berjudul “Aspek Sosial Banjir Lahar” ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengadian Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM).

Buku ini berisi 6 chapter yang disusun sedemikian rupa sehingga pembaca mendapatkan gambaran yang utuh mengenai aspek sosial banjir lahar khususnya pada masyarakat yang berada di sekitar Gunungapi Merapi. Pada chapter pertama, pembaca akan diberikan gambaran mengenai dampak banjir lahar terhadap aspek sosial dengan mengambil studi kasus pada banjir lahar pascaerupsi Gunungapi Merapi 2010. Selanjutnya pembaca akan memahami mengenai kerentanan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir lahar. Chapter ketiga membahas mengenai mitigasi banjir lahar berbasis partisipasi. Bagian berikutnya membahas mengenai aspek kelembagaan dalam manajemen banjir lahar. Selanjutnya pembaca akan mendapatkan wawasan mengenai strategi penghidupan masyarakat pascaerupsi banjir lahar. Terakhir pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai kesiapsiagaan masyarakat pascabencana banjir lahar.



Potensi Sumberdaya Pesisir Kabupaten Jepara
Potensi Sumberdaya Pesisir Kabupaten Jepara
Penulis    :  Djati Mardiatmo, dkk
ISBN    :  979-420-859-0
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juni 2014
Isi    :  viii + 246 halaman
Harga : 91.500

Sinopsis :
Potensi Sumberdaya Pesisir Kabupaten Jepara
Buku ini berisi mengenai potensi sumberdaya, potensi bencana, dan pengelolaan terpadu di pesisir. Pesisir merupakan wilayah yang memiliki potensi sumberdaya potensial sehingga banyak didiami oleh masyarakat, namun wilayah ini juga berpotensi mengalami bencana alam sehingga diperlukan pengelolaan terpadu pada pesisir yang mencakup kondisi sosial ekonomi dengan memperhatikan karakteristik pesisir yang dimiliki. Penerbitan buku ini didukung oleh dana hibah dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat Universitas Gadjah Mada (LPPM UGM).

Buku ini berisi 6 bab yang disusun sedemikian rupa sehingga pembaca akan mendapatkan gambaran yang utuh mengenai potensi sumberdaya alam dan potensi bencana alam yang ada di pesisir. Uraian yang ada dalam buku ini mengambil kasus yang ada di pesisir Kabupaten Jepara. Pada bagian awal buku ini, pembaca diajak untuk mengenali karakteristik pesisir dan potensi sumberdayanya,dengan harapan pembaca juga akan dapat memahami potensi bencana yang ada di pesisir. Bagianselanjutnya membahas tentang pengelolaan terpadu dan tata ruang pesisir, yang dilanjutkan dengan upaya pengelolaan kawasan permukiman di pesisir.Pemahaman mengenai karakteristik sosial ekonomi dan pengembangan kawasan pesisir juga diuraikan secara rinci pada bagian ini. Pada bagian terakhir, pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai inventarisasi potensi dan sumberdaya hutan mangrove di wilayah yang dikaji.



Modal Sosial dalam Manajemen Bencana
Modal Sosial dalam Manajemen Bencana
Penulis    :  R. Rijanta, D.R. Hizbaron, M. Baiquni
ISBN    :  979-420-868-X
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juni 2014
Isi    :  xvii + 214 halaman
Harga : 64.000

Sinopsis :
Aspek Sosial Banjir Genangan (ROB)
Buku ini terdiri dari lima bab yang masing-masing membahas mengenai pemulihan kondisi pasca bencana dilihat dari aspek sosial ekonomi. Secara geografis, Indonesia terletak pada wilayah yang rentan terhadap ancaman bencana alam, mulai dari letusan gunungapi, banjir, gempa bumi, hingga tsunami. Keadaan ini membuat masyarakat harus dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut mengingat dampak dari bencana tersebut sangat luas, baik dari segi fisik maupun sosial ekonomi.

Buku Modal Sosial dalam Manajemen Bencana berisi tentang kumpulan penelitian berupa studi kasus yang telah dilakukan dengan memfokuskan pada perilaku dan cara masyarakat dalam beradapatasi terhadap dampak bencana. Secara detil buku ini menjelaskan bagaimana masyarakat pesisir maupun yang tinggal di gunung melakukan manajemen sosial untuk memulihkan penghidupan ekonomi kembali.

Aspek sosial ekonomi merupakan faktor yang penting dalam kajian manajemen kebencanaan, disamping aspek fisik. Manusia memegang peranan penting untuk terciptanya kembali kondisi penghidupan seperti sediakala sebelum terjadi bencana (disaster resilience). Manusia sebagai pelaku objek dalam kajian kebencanaan serta pemulihan perekonomian pasca bencana yang dilakukan manusia, menjadi topik utama dalam buku ini.

Nilai-nilai kebersamaan dan saling tolong-menolong antar masyarakat, khususnya masyarakat terdampak bencana, tercermin dari masih mengakarnya budaya gotong royong di kawasan pedesaan. Belajar dari bencana gempa bumi di Yogyakarta tahun 2006, erupsi Gunungapi Merapi 2010, serta banjir rob yang yang rutin terjadi di Demak., gotong royong menjadi senjata yang ampuh dalam komunitas masyarakat menanggulangi akibat yang ditimbulkan suatu bencana karena gotong royong merupakan kombinsi antara solidaritas dan kerjasama antar sesama.

Kajian bencana tidak dapat terlepas dari pemulihan kondisi ekonomi. Dalam proses pemulihan kondisi ekonomi ,modal sosial dalam masyarakat merupakan salah satu summberdaya yang penting untuk dimaksimalkan efektifitasnya. Modal sosial bagi masyarakat di kawasan rawan bencana merupakan jenis strategi adaptasi untuk bertahan hidup. Sumberdaya lokal dan kearifan lokal menjadi dasar dan bentuk dari modal sosial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa modal sosial menjadi faktor yang penting dalam penanggulangan bencana.



Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Penulis    : Slamet Suprayogi, Ig.L. Setyawan Purnama, Darmakusuma Darmanto
ISBN    :  979-420-866-3
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  April 2014
Isi    :  xv + 260 halaman
Harga : 103.000

Sinopsis :
Pengelolaan Daerah Aliran Sungai
Air mempunyai nilai kemanfaatan sesuai dengan keberadaannya untuk memenuhi kebutuhan yang ditentukan oleh pemanfaat. Pembangunan berkelanjutan dalam upaya pelestarian sumberdaya air pada Daerah Aliran Sungai (DAS) merupakan suatu proses pembangunan yang mengoptimalkan manfaat sumberdaya alam, sumberdaya air, dan juga sumberdaya manusia secara berkelanjutan. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu bentuk pengembangan wilayah dengan DAS sebagai suatu unit pengelolaan.


Buku ini menjelaskan secara rinci mengenai pengelolaan antarsektor sumberdaya (air, lahan, lingkungan, serta kelembagaan) dalam pengelolaan DAS sebagai tajuk umum. Perlunya sinergitas antarsektor sumberdaya merupakan bukti bahwa keberhasilan pengelolaan Daerah Aliran Sungai sebagai unit kelola tidak akan berjalan jika dilakukan oleh satu pihak saja.



Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir
Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir
Penulis    :  Nurul Khakhim, dkk.
ISBN    :  979-420-863-9
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Mei 2014
Isi    : xx, 272 halaman
Harga : 80.000

Sinopsis :
Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir
Buku dengan judul “Perubahan Iklim dan Pemanfaatan SIG di Kawasan Pesisir” terdiri dari delapan chapter yaitu Mitigasi Perubahan Iklim di Wilayah Pesisir, Pemanfaatan Teknologi Pengindraan Jauh (PJ) dan Sistem Informasi Geografis (SIG) untuk Analisis Perubahan Tutupan Mangrove di Delta Wulan, SIGPJ untuk Identifikasi Dampak Perubahan Iklim, SIGPJ dalam Pengelolaan Pesisir, Perubahan Iklim Sebagai Isu Lingkungan Global, Dampak Perubahan Iklim di Kawasan Pesisir, Kajian Gumuk Pasir Ditinjau dari Konservasi Biologi, dan Budi Daya Tanaman Melon Ramah Lingkungan Sekitar Gumuk Pasir Pantai Kebumen.

Perubahan iklim adalah perubahan dalam iklim yang disebabkan oleh langsung atau tidak langsung dari kegiatan manusia yang mengubah komposisi dari atmosfer global. Dampak dari perubahan iklim ini akan memengaruhi semua aspek kehidupan manusia, tidak terkecuali pada lingkungan pesisir. Di Indonesia banyak kota-kota besar berada di lingkungan pesisir seperti Jakarta, Semarang, dan Surabaya.

Perkembangan teknologi terutama dalam PJ dan SIG berguna dalam mengestimasi perubahan iklim dan dampaknya. Data PJ dan integrasinya dengan SIG berguna dalam melakukan pengukuran, pemetaan pemodelan, dan pemantauan terhadap dampak perubahan iklim. Pendekatan dengan menggunakan PJSIG lebih efektif dan efisien dari segi waktu, biaya, dan tenaga. Pengurangan dampak perubahan iklim salah satunya dengan kegiatan konservasi. Konservasi secara biologi memungkinkan aspek lingkungan yang sering kali terabaikan dapat terakomodasi tanpa meninggalkan aspek sosial ekonomi sehingga dapat terwujud pembangunan berkelanjutan (sustainable development). Budi daya tanaman komersil seperti melon yang ramah lingkungan di areal belakang gumuk pasir dapat menyejahterakan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pesisir. Kegiatan budi daya yang diiringi dengan upaya konservasi gumuk pasir dengan penanaman vegetasi spesifik gumuk pasir, seperti pandan dan cemara udang, dapat membantu upaya adaptasi masyarakat pesisir terhadap perubahan iklim. Konservasi gumuk pasir dilakukan agar dapat berfungsi sebagai barrier/penghalang dari hempasan angin laut terhadap lahan pertanian sehingga pemanfaatan areal sekitarnya untuk budi daya melon bersifat berkelanjutan (sustainable) dan ramah lingkungan berdasarkan budi daya serta kearifan lokal.


Kajian Lingkungan Hidup Strategis Kabupaten Banggai Kepulauan
Kajian Lingkungan Hidup Strategis Kabupaten Banggai Kepulauan
Penulis    :  Langgeng Wahyu Santosa, dkk.
ISBN    :  979-420-869-8
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juli 2014
Isi    : xxxi + 424 halaman
Harga : 136.500

Sinopsis :
Kajian Lingkungan Hidup Strategis Kabupaten Banggai Kepulauan
Buku berjudul “Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Kabupaten Banggai Kepulauan” merupakan buku karya hasil penelitian yang di dalamnya berisi tentang: (1) Kebijakan Dasar tentang Kajian Lingkungan Hidup Strategis sebagai bagian dari amanah Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup; (2) Potensi dan Daya Dukung Sumberdaya Alam, Sumberdaya Hayati, Sumberdaya Manusia, Sosial Ekonomi, dan Budaya; (3) Permasalahan dan Akar Permasalahan yang terjadi pada setiap sumberdaya; dan (4) Rumusan Strategi dan Kebijakan perlindungan dan pengelolaan sumberdaya, serta strategi dan kebijakan pengembangan sumberdaya manusia, sosial ekonomi, dan budaya untuk mendukung perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, yang dirinci ke dalam program-program pembangunan berbasis potensi dan pemecahan permasalahan lingkungan. Kabupaten Banggai Kepulauan sebagai salah satu wilayah kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, merupakan wilayah yang strategis untuk penerapan pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Hal ini mengingat wilayah kajian secara geografis termasuk ke dalam kelompok pulau-pulau kecil, dan secara administrasi merupakan wilayah kabupaten baru hasil pemekaran dari Kabupaten Banggai pada tahun 1999 berdasarkan Undang-Undang Nomor 51 Tahun 1999 tentang Pembentukan Kabupaten Buol, Morowali, dan Banggai Kepulauan.


Geomorfologi dan Dinamika Pesisir Jepara
Geomorfologi dan Dinamika Pesisir Jepara
Penulis    :  Sunarto, Muh Aris Marfai, Muhammad Anggri Setiawan
ISBN    :  979-420-867-1
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juli 2014
Isi    : xxiv + 228 halaman
Harga : 76.000

Sinopsis :
Geomorfologi dan Dinamika Pesisir Jepara
Buku ini berisi tentang geomorfologi dan dinamika di wilayah pesisir, khususnya geomorfologi dan dinamika Pesisir Jepara. Pesisir merupakan wilayah yang sangat dinamis, sangat rentan terhadap suatu perubahan. Dinamika di wilayah pesisir perlu dipelajari agar dapat diketahui langkah-langkah strategis yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya dinamika tersebut.

Buku ini terdiri atas lima chapter. Chapter pertama berjudul “Konsep Geomorfologi dan Dinamika Kepesisiran: Terapan di Kabupaten Jepara”, yang di dalamnya membahas mengenai konsep dasar geomorfologi dan konsep dasar dinamika kepesisiran. Chapter kedua berjudul “Erosi dan Sedimentasi Kawasan Pesisir Jepara”, yang membahas tentang permasalahan yang terjadi dengan contoh kasus erosi dan sedimentasi di Pantai Jepara. Chapter ketiga berjudul “Dinamika Lingkungan Daerah Aliran Sungai dan Pesisir” yang membahas mengenai dinamika yang terjadi di suatu DAS dan pengaruhnya terhadap dinamika pesisir. Chapter keempat berjudul “Deskripsi Lingkungan Wilayah Pesisir Jepara”, yang mendeskripsikan tentang lingkungan biotik dan abiotik wilayah Pesisir Jepara. Chapter kelima dengan judul “Potensi Bencana Hidrometeorologi di Kawasan Sub-DAS Ampel Kabupaten Jepara”, yang membahas tentang bencana hidrometeorologi yang terdapat di Sub-DAS Ampel yang merupakan bagian dari pesisir Jepara.



Pengelolaan Wilayah Perbatasan NKRI
Pengelolaan Wilayah Perbatasan NKRI
Penulis    :  Luthfi Muta’ali, Djaka Marwasta, Joko Christanto
ISBN    :  979-420-864-7
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juli 2014
Isi    : xviii + 286 halaman
Harga : 85.000

Sinopsis :
Pengelolaan Wilayah Perbatasan NKRI
Buku dengan judul “Pengelolaan Wilayah Perbatasan NKRI” terdiri atas 6 (enam) chapter. Keenam chapter tersebut antara lain “Overview Kebijakan Pengelolaan Perbatasan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”, “Pengembangan Pusat Pertumbuhan di Wilayah Perbatasan”, “Penentuan Lokasi Prioritas Pengembangan Ekonomi Wilayah Perbatasan”, “Model Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Komoditas Unggulan”, dan “Kondisi Geografis Wilayah Perbatasan Merauke, Papua, dan Sumberdaya Lahan Wilayah Perbatasan Merauke, Papua”. Keenam chapter tersebut dijelaskan dengan sudut pandang yang berbeda. Akan tetapi, tetap mengacu ke dalam konsep pengelolaan wilayah perbatasan NKRI.

Buku dengan judul “Pengelolaan Wilayah Perbatasan NKRI” mengawali pembahasan mengenai Kebijakan Pengelolaan Perbatasan NKRI. Kebijakan pemerintah dinilai sangat menentukan kesejahteraan warga masyarakat. Kebijakan pemerintah tersebut dapat berupa produk perencanaan (RTRW, MP3EI, MP4B) dan status kawasan perbatasan dalam RTRWN (PKSN, PKN, PKW, PKL, KPE, KEK).

Chapter kedua buku ini mengkaji mengenai Pengembangan Pusat Pertumbuhan di Wilayah Perbatasan. Di bagian ini, sumberdaya manusia memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan wilayah perbatasan. Namun, sumberdaya manusia yang mumpuni tidak akan berjalan dengan baik jika pengembangan infrastruktur lumpuh/mati. Oleh karena itu, peranan antara sumberdaya manusia yang mumpuni dengan infrastruktur wajib memiliki sinergi yang sejalan sehingga pertumbuhan di kawasan perbatasan dapat berlangsung secara optimal dan maksimal.

Chapter ketiga membahas mengenai Penentuan Lokasi Prioritas Pengembangan Ekonomi Wilayah Perbatasan. Pengembangan ekonomi wilayah perbatasan hendaknya ditentukan berdasarkan kemampuan potensi sumberdaya alam di wilayah itu sendiri, bukan dari kebutuhan sesaat semata. Pengembangan ekonomi wilayah perbatasan perlu mendapatkan peranan lebih dari pemerintah pusat. Hal tersebut dimaksudkan agar negara tetangga tidak memberikan pengaruhnya di wilayah perbatasan NKRI.

Chapter keempat membahas mengenai Model Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Komoditas Unggulan. Model pengembangan ekonomi lokal berbasis komoditas unggulan diupayakan berdasarkan potensi sumberdaya alam di daerah sendiri. Strategi untuk mengembangkan potensi tersebut dapat diupayakan melalui input produksi, pengolahan produksi, pemasaran, penunjang, kondisi sosial ekonomi, dukungan dan kebijakan, dan persepsi masyarakat.

Chapter kelima mengkaji mengenai Kondisi Geografis Wilayah Perbatasan Merauke, Papua. Chapter ini mengangkat mengenai wilayah Kabupaten Merauke. Kondisi geografis yang dipaparkan berupa kondisi fisik dan kondisi sosial. Kondisi fisik dapat berupa kondisi iklim, geologi, penggunan lahan, lereng, dan ketinggian. Kondisi sosial dapat berupa kepadatan penduduk, pendidikan, dan mata pencaharian.

Sumberdaya Lahan Wilayah Perbatasan Merauke, Papua merupakan pembahasan terakhir buku ini. Wilayah kajian yang diangkat adalah Distrik Oliokobel, Distrik Sota, Distrik Merauke, dan Distrik Naukenjerai. Tiap-tiap kajian dikaji berdasarkan kondisi sosial dan kondisi fisik wilayah.


Ralstonia Solanacearum : Biologi, Penyakit yang Ditimbulkan, dan Pengelolaannya
Ralstonia Solanacearum : Biologi, Penyakit yang Ditimbulkan, dan Pengelolaannya
Buku Biologi
Penulis    :  Triwidodo Arwiyanto
ISBN    :  979-420-843-4
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  April 2014
Isi    :  xii + 99 halaman
Harga : 42.000

Sinopsis :
Ralstonia Solanacearum : Biologi, Penyakit yang Ditimbulkan, dan Pengelolaannya
Penyakit layu yang disebabkan oleh bakteri Ralstonia solanacearum mendapatkan perhatian yang sangat serius dari para ahli Ilmu Penyakit Tumbuhan di dunia. Seratus lima belas tahun telah lewat setelah Erwin F. Smith pertama kali mendeskripsikan penyakit ini pada kentang, tomat, dan terung. Lebih dari 5000 makalah ditulis dan dipublikasikan pada berbagai jurnal dan prosiding ilmiah maupun tulisan ilmiah populer di koran dan majalah. Konferensi yang khusus membahas penyakit ini (International Conference on Bacterial Wilt) telah dilaksanakan sebanyak lima kali tiap lima tahun sekali. Penyakit ini telah lama dikenal oleh para petani walaupun jauh sebelum EF Smith melaporkan secara ilmiah, dan penyakit ini terjadi di seluruh belahan dunia pada berbagai tanaman budidaya maupun tanaman liar.

Dibandingkan dengan penyakit bakteri lainnya maka penyakit layu bakteri yang disebabkan oleh R. solanacearum ini merupakan penyakit yang paling penting karena dapat menyerang lebih dari 200 spesies tanaman inang dari berbagai family. Kerusakan yang ditimbulkan bervariasi hingga mencapai puso atau 100%. Di Indonesia telah banyak penelitian dilakukan terhadap R. solanacearum dan penyakit yang ditimbulkan. Penyakit ini juga menyebabkan banyak kematian tanaman seperti pada tembakau cerutu di Deli, Sumatra Utara; tembakau rakyat di Temanggung, Klaten, dan Jember; kacang tanah, tomat, terung, kentang, dan jahe. Di samping itu juga dilaporkan adanya penyakit ini pada tanaman keras seperti tanaman nilam, kayu putih dan jati.

Melihat begitu pentingnya penyakit yang ditimbulkan oleh patogen tersebut maka sangat dipandang perlu adanya sebuah buku monograf yang mengumpulkan berbagai informasi tentang R. solanacearum. Buku ini disusun dengan harapan dapat memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan di bidang pertanian, mulai dari petani, pengusaha agribisnis, pengusaha bahan kimia untuk pengendalian bakteri patogen, mahasiswa, dan kolega di perguruan tinggi maupun di berbagai balai penelitian pertanian di Indonesia. Diharapkan pula informasi yang diberikan dalam buku ini dapat memberikan fasilitas penelitian bagi mereka yang tertarik dalam bidang ini dan dapat merangsang/menstimulasi penelitian-penelitian aspek lain yang sangat menantang yang sampai saat ini belum bisa difahami dengan baik.


Manajemen Pengetahuan : Teori dan Praktek
Manajemen Pengetahuan : Teori dan Praktek
Penulis    :  Nurul Indarti dan Dhiani Dyahjatmayanti
ISBN    :  979-420-834-5
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Mei 2014
Isi    : x + 146 halaman
Harga : 45.000

Sinopsis :
Manajemen Pengetahuan : Teori dan Praktek
Buku Manajemen Pengetahuan: Teori dan Praktik ditulis sebagai respon dari fakta dan permasalahan yang terjadi seperti globalisasi bisnis, perampingan organisasi, dan perkembangan teknologi yang merupakan faktor pendorong perkembangan manajemen pengetahuan. Bagi perusahaan, manajemen pengetahuan dapat menjadi jalan keluar atas tantangan dan permasalahan yang dihadapi dan menjadi keunggulan bersaing perusahaan. Dalam tataran literatur, buku ini memberikan jawaban dari kekurangan bahan bacaan manajemen Pengetahuan khususnya yang berbahasa Indonesia.

 Buku ini dirancang sebagai buku pembelajaran terutama bagi para mahasiswa, baik yang sedang mengambil program studi manajemen maupun yang mendalami manajemen pengetahuan serta para pengajar. Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dan pengajar, para praktisi yang mempunyai problematika di lapangan yang berkaitan dengan manajemen pengetahuan pun dapat membaca sebagai bahan referensi.

 Buku ini dibagi menjadi delapan pokok bahasan dengan alur yang runtut. Pada awal bagian buku memaparkan mengenai pentingnya pengetahuan bagi keberlangsungan hidup suatu organisasi sehingga muncul konsep manajemen pengetahuan sehingga menjadi dasar teori dan fakta. Kemudian, diikuti dengan pembahasan definisi dan siklus manajemen pengetahuan; karakteristik, tipologi, dan domain pengetahuan; proses pengkapturan atau penciptaan pengetahuan beserta metode-metodenya; proses berbagi dan transfer pengetahuan; komunitas praktik (community of practices); aplikasi dan kunci sukses implementasi; dan terakhir menyajikan perangkat dan pengukuran manajemen pengetahuan.

Buku ini tidak hanya menyajikan teori tetapi juga dilengkapi dengan fakta, contoh permasalahan di lapangan dan solusi permasalahan. Buku ini pun dilengkapi dengan soal latihan bagi mahasiswa untuk mengevaluasi hasil pembelajaran.



Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik
Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik
Penulis    :  Agus Dwiyanto (Editor)
ISBN    :  979-420-606-7
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-4
Tahun Terbit    :  2014
Isi    :  xv + 432 halaman
Dimensi    :  14,5 cm x 21 cm
Harga : 116.000

Sinopsis :
Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik
Buku ini semula adalah serangkaian modul pelatihan “Pelayanan Publik yang Berwawasan Good Governance” yang diselanggarakan oleh JICA bekerjasama dengan Badan Diklat Propinsi Sumatera Utara dan Badan Diklat Departemen Dalam Negeri. Karenanya, buku ini menjelaskan bukan hanya konsep “good governance” tetapi juga menjelaskan ciri-ciri pelayanan publik yang mencerminkan praktik governance yang baik. Bahkan, buku ini dengan jelas mendiskusikan good and bad practices dalam penyelengaraan pelayanan publik di Indonesia.

Dengan membaca buku ini, para agen pembaharu, pimpinan organisasi publik, mahasiswa, dan peneliti dapat memperoleh informasi yang lengkap mengenai aspek dari reformasi pelayanan publik untuk mewujudkan praktik governance yang baik. Dengan demikian, mereka diharapkan dapat mengembangkan kebijakan dan program aksi untuk memperbaharui praktik pelayanan publik.

Dengan terbitnya buku yang dapat dinikmati oleh khalayak luas ini, diharapkan pemikiran mengenai reformasi pelayanan publik untuk mewujudkan good governance dapat disebarluaskan kepada para agen pembaharu, pimpinan organisasi publik, mahasiswa, dan peneliti yang berkepentingan dengan terwujudnya good governance di Indonesia.




Culture Of Bureaucracy
Culture Of Bureaucracy
Buku Ekonomi dan Bisnis
Penulis    :  Prijono Tjiptoherijanto
ISBN    :  979-420-827-2
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  2014
Isi    :  xii + 76 halaman
Dimensi    :  14,5 cm x 21 cm
Harga : 40.000

Sinopsis :
Culture Of Bureaucracy
Culture, in the ideas people life with, is a steady process correlated with future development and progress. Eventhough political culture is preoccupied with teaching mortality, “money politics” dominated the electorial and parliamentary processes in most of the Southeast Asian Countries.

The Bureaucratic culture in the ASEAN’s societies is typified by corruption, factionalism, departmentalism and tendency to preserve the status and autonomy of individuals, cliques and department as well as depending on the patron-client relationship.


Audit Keuangan Sektor Publik Untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Audit Keuangan Sektor Publik Untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Buku Ekonomi dan Bisnis
Penulis    :  Faiz Zamzami, Mukhlis, dan Anissa Eka Pramesti
ISBN    :  979-420-837-X
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  2014
Isi    : xiii + 206 halaman
Harga : 51.000

Sinopsis :
Audit Keuangan Sektor Publik Untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah
Buku Audit Sektor Publik ini diperuntukkan secara khusus bagi mahasiswa yang mengambil minat pada keuangan sektor publik dan para praktisi, yaitu auditor yang bekerja di Kantor Akuntan Publik dan auditor yang bekerja di BPK, BPKP, dan Inspektorat.

Penulis membahas audit sektor publik dengan memfokuskan pada audit laporan keuangan di Pemerintah Daerah yang berupaya memenuhi kriteria good government governance. Buku ini mengantarkan mahasiswa untuk memahami konsep audit sektor publik serta perkembangan audit, khususnya di sektor pemerintahan. Pembahasan proses dan teknik meliputi standar audit, pengendalian internal, perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan pemeriksaan yang dijabarkan secara spesifik pada siklus aktivitas akuntansi, yaitu siklus kas, siklus aset, siklus investasi, siklus pendapatan, siklus belanja, dan pembiayaan.

Buku ini dikemas menarik dengan menampilkan contoh, kertas kerja, studi kasus, dan pertanyaan pendalaman di setiap akhir bab yang dapat menjadi bahan diskusi mahasiswa agar lebih memahami materi audit sektor publik, khususnya pada LKPD. Selain itu, penyusunan buku ini sudah disesuaikan dengan PP 71/2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintah. Untuk itu, penulis berharap ada keseimbangan antara materi, konsep dan kasus yang diberikan.


Validasi dan Penjaminan Mutu Metode Analisis Kimia
Validasi dan Penjaminan Mutu Metode Analisis Kimia
Buku Farmasi
Penulis    :  Abdul Rohman
ISBN    :  979-420-854-X
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Agustus 2014
Isi    :  xi + 238 halaman
Harga : 75.000

Sinopsis :
Validasi dan Penjaminan Mutu Metode Analisis Kimia
Data analisis yang dihasilkan dari suatu analisis kimia harus dijamin keabsahannya (validitasnya) sehingga memenuhi harapan customer. Untuk melakukan penjaminan mutu analisis, maka proses analisis mulai dari pengambilan sampel sampai pengolahan data harus difahami dengan baik oleh seorang Analis. Buku ini membahas proses analisis mulai dari pengambilan sampel, penyiapan sampel, pengukuran sampel, dan pengolahan data analisis. Dalam buku ini juga dibahas berbagai macam tahapan penjaminan mutu analisis yang meliputi: validasi metode analisis, penjaminan mutu internal, penjaminan mutu eksternal, dan akreditasi berdasarkan pada ISO 17025: 2005.



Farmakologi Molekuler: Target Aksi Obat dan Mekanisme Molekulernya
Farmakologi Molekuler: Target Aksi Obat dan Mekanisme Molekulernya
Buku Farmasi
Penulis    :  Zullies Ikawati
ISBN    :  979-420-924-4
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Juni 2014
Isi    : xii + 180 halaman
Harga : 59.000

Sinopsis :
Farmakologi Molekuler: Target Aksi Obat dan Mekanisme Molekulernya
Farmakologi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana suatu bahan kimia/obat berinteraksi dengan sistem biologis, khususnya mempelajari aksi obat di dalam tubuh. Seiring dengan perkembangan yang pesat pada ranah molekuler, diikuti dengan kemajuan teknik elektrofisiologi dan perkembangan teknologi DNA rekombinan yang memungkinkan kloning, dimulailah era farmakologi molekuler. Ruang lingkup kajian farmakologi molekuler adalah bagaimana obat mengatur berbagai gen dan ekspresi protein sehingga menghasilkan suatu respon selular.

Buku ini merupakan buku pertama di Indonesia yang mengantarkan pembaca menuju wawasan farmakologi molekuler, yang dilengkapi dengan banyak ilustrasi untuk membantu pembaca membayangkan peristiwa molekuler serta memudahkan pemahaman. Buku ini membahas berbagai target aksi obat meliputi kanal ion, enzim, protein pembawa, dan reseptor, yang akan dibahas satu demi satu mekanisme molekulernya beserta masing-masing contoh obatnya. Untuk reseptor sebagai target aksi, akan disampaikan secara sistematis berdasarkan signal transduksinya. Selain itu akan diberikan perkembangan penemuan obat pada masing-masing target aksi tersebut yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Beberapa penyakit terpilih juga akan dibahas mekanisme molekulernya, untuk memberikan gambaran di mana obat bekerja dan pengembangan obatnya di aras molekuler. Penyakit artritis rematoid dan asma dipilih untuk dibahas karena cukup kompleks dan melibatkan berbagai fenomena.



Manajemen Farmasi
Manajemen Farmasi
Penulis    :  Moh. Anief
ISBN    :  979-420-339-4
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-6
Tahun Terbit    :  2014
Isi    :  ix+ 139 halaman
Dimensi    :  14,5 cm x 21 cm
Harga : 28.000

Sinopsis :
Manajemen Farmasi
Profil profesi farmasi merupakan insti­tusi profesi yang memerankan peranan sebagai team kesehatan dibidang obat-obatan dan juga merupakan pengusaha farmasi.

Adalah hal yang wajar bila setiap usa­ha mengharapkan laba yang wajar seperti dikatakan: profit is not only necessary, but it is also the heart of the system.

Oleh karena itu dalam buku Manaje­men Farmasi ini diuraikan tentang mana­jemen karena dalam tugasnya Apoteker dibantu orang lain.

Dalam buku ini diuraikan tentang:

1. Bentuk teknis ekonomis dan yuridis suatu perusahaan.

2. Struktur organisasi.

3. Pembelanjaan yang menguraikan pen­carian dana dan penggunaannya.

4. Masalah bank sebagai sumber modal.

5. Masalah biaya dalam usaha Farmasi dan analisis finansiilnya.

6. Masalah pengendalian persediaan ba­rang agar lebih efisien.

7. Masalah harga dan teori harga.

8. Masalah pemasaran.

Karena apoteker merupakan pimpinan tunggal dibidang apotek dalam buku ini diuraikan apa yang perlu diperhatikan dalam mengelola apotek.

Semoga buku ini ada manfaatnya.




Taksonomi Tumbuhan (Schizophyta, Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta)
Taksonomi Tumbuhan (Schizophyta, Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta)
Buku Biologi, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Hewan, Kehutanan, Pertanian, Teknologi Pertanian
Penulis    :  Gembong Tjitrosoepomo
ISBN    :  979-420-134-0
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-10
Tahun Terbit    :  2014
Isi    :  xi + 309 halaman
Dimensi    :  14,5 cm x 21 cm
Harga    : 63.000

Sinopsis :
Taksonomi Tumbuhan (Schizophyta, Thallophyta, Bryophyta, Pteridophyta)
Buku ini merupakan buku teks bagi para mahasiswa yang untuk mencapai kesarjanaannya memilih bidang biologi sebagai ”major”-nya, seperti misalnya para mahasiswa fakultas/jurusan biologi. Selain itu buku inipun dapat sangat berguna, bahkan mungkin mutlak diperlu­kan sebagai prasyarat atau penunjang bagi para mahasiswa yang bidang studinya merupakan biologi terapan, seperti mahasiswa fakultas Pertanian, Kehutanan, Farmasi, Kedokteran, Kedokteran Hewan, dan lain-lain.

Buku ini berisi berbagai hal mengenai tumbuhan tingkat rendah yang dulu dikenal dengan nama ilmiah Crypto­gamae, yang mencakup tumbuh-tumbuhan yang perkembangbiakannya terutama terjadi dengan perantaraan spora, oleh karena itu dalam bahasa Indonesia juga disebut tumbuhan spora. Dalam buku ini tumbuhan spora dibedakan dalam empat golongan (divisi), yaitu: Schizophyta (tumbuhan belah), Thallophyta (tumbuhan talus), Bryophyta (tumbuhan lumut), dan Pteridophyta (tumbuhan paku). Penulisan buku ini sekaligus menunjukkan urutan perkembangan filogenetik dari yang rendah ke yang lebih tinggi. Mengingat kedudukan dan kepentingannya bagi manusia sebagai sumber daya, golongan tumbuhan tertinggi, yaitu Spermatophyta (tumbuhan biji), oleh penulis dan penerbit yang sama, golongan ini dipisahkan menjadi buku tersendiri di bawah judul Taksonomi Tumbuhan (Spermatophyta) tidak hanya berguna bagi para mahasiswa saja, tetapi juga untuk lingkungan yang jauh lebih luas.



Argumentasi Hukum
Argumentasi Hukum
Buku Hukum
Penulis    : Philipus M Hadjon
ISBN    : 979-420-593-1
Penerbit    : Gadjah Mada University Press
Cetakan    : ke-6
Tahun Terbit    : 2014
Isi    : ix + 100 halaman
Dimensi    :14,5 cm x 21 cm
Harga : 25.000

Sinopsis :
Argumentasi Hukum
Kenyataan menunjukkan bahwa salah satu dampak negatif kekayaan dan kemakmuran adalah merosotnya moral. Kemerosotan moral ini sangat berbahaya, sebab ia mendorong lahirnya berbagai kejahatan dan kekerasan. Tidak heran bila banyak tokoh masyarakat yang menghimbau agar pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama berjuang memelihara moral anak bangsa.

Tetapi, bersamaan dengan perjuangan itu, hukumnya juga harus diperkuat agar lebih responsif dan masuk akal. Kalau ada individu yang terpaksa berbuat jahat atau melakukan kekerasan, ada hukum positif yang bisa memberikan sanksi yang rasional dan adil. Dengan sanksi semacam itu, diharapkan dia kapok berbuat jahat atau melakukan kekerasan.

Buku ini, sebenarnya coba menjelaskan seluk-beluk argumentasi hukum. Penjelasan dimulai dan keberadaan ilmu hukum sebagai ilmu jenis sendiri, diikuti oleh pembahasan tentang logika hukum, uraian tentang dasar argumentasi hukum, diskusi tentang langkah pemecahan masalah hukum dan diakhiri oleh contoh-contoh legal opinion. Dengan semua penjelasan ini kita jadi maklum bahwa setiap individu perlu mengenal argumentasi hukum. Berkat argumentasi hukum itulah seorang individu yang merasa dirugikan bisa menuntut ganti rugi pihak yang merugikannya secara rasional. Berkat argumentasi hukum itu pula seorang individu bisa paham kedudukan hukum dalam menjalani kehidupannya. Tidak terlalu berlebih-lebihan bila buku itu pantas dibaca oleh setiap individu dewasa.




Rayuan Pohon Beringin: Antologi Cerpen
Rayuan Pohon Beringin: Antologi Cerpen
Buku Antologi Cerpen
Penulis    :  Fitriawan Nur Indrianto, Saeful Anwar (Penyusun)
ISBN    :  979-420-928-7
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Agustus 2014
Isi    : xxvi + 192 halaman
Harga : 38.000

Sinopsis :
Rayuan Pohon Beringin: Antologi Cerpen
Untuk melawan sebuah rezim kekuasaan, dalam bentuk apa pun, kegilaan perlu diidap oleh banyak orang. Kumpulan cerpen ini mengisyaratkan akan kebutuhan itu. Hanya orang-orang gila yang berani menerobos norma, mengubah nilai, dan bahkan memperbaharui moralitas.
–Dr. Aprinus Salam, M.Hum.
Kepala Pusat Studi Kebudayaan UGM

Cerpen-cerpen dalam kumpulan ini menggambarkan kerinduan untuk menemukan tempat baru, ruang-ruang yang berbeda, mencampurkan berbagai kemungkinan, dan terus-menerus bergerak melampaui normalitas sastra yang ada. Selain tuntutan estetik dan originalitas, saya melihat ada semangat emansipatif yang justru membebaskan para penulisnya dari nilai-nilai yang membatasi, sekalipun harus menjadi gila.
–Ramayda Akmal, S.S., M.A.
Staf pengajar di Jurusan Sastra Indonesia FIB UGM



Distopia-Antologi Puisi
Distopia-Antologi Puisi
Buku Antologi Puisi
Penulis    :  Fitriawan Nur Indrianto, Saeful Anwar (Penyusun)
ISBN    :  979-420-927-6
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  Agustus 2014
Isi    : xxiv + 182 halaman
Harga : 36.000

Sinopsis :
Distopia-Antologi Puisi
Puisi-puisi ini ditulis oleh sebagian besar penyair dengan usia yang terbilang muda. Pada umumnya mereka lahir pada tahun 1980-an dan 1990an. Dengan latar belakang kelahiran yang demikian, jelas bahwa mereka merupakan generasi yang lahir ketika Indonesia memasuki era globalisasi dalam berbagai bidang, yang berlangsung dengan kecepatan yang tinggi dan dengan tingkat keanekaan yang tidak kalah pula tingginya.

Prof. Dr. Faruk HT. (Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UGM)

Dalam kumpulan puisi ini dapat kita lihat kegelisahan mereka yang tengah menghadapi zaman modern. Ada yang menunjukkan luka-lukanya sehingga jelas bahwa kemajuan ini juga memberi banyak masalah yang perlu dijawab. Ada yang memilih untuk kembali menggali tradisinya untuk menemukan kembali apa yang klan jauh. Ada yang memilih menggali makna dan kisah-kisah dalam kitab suci dan ritual religius. Ada juga yang memilih untuk mencari ketentraman dalam wilayah personal bernama keluarga. Secara tematik, puisi-puisi tersebut cukup menarik untuk mengantarkan pada kegelisahan-kegelisahan kontekstual sekarang ini.

Retno Iswandari S.S. M.A.  (Akademisi Sastra lulusan Pascasarjana Ilmu Sastra UGM)

Kedung Darma Romash’//Dwi Rahariyoso//Abimardha Kurniawan
Latief S. Nugraha// I Dewa Putu Wijana //Ayu Diah Cempaka
Royyan Julianh// lqbal H. Saputra//La Ode Gusman Nasiru
Khairul Umamh/ /Fitriawan Nur lndriantoh// Muh. Wahyu Sholihuddin
Wahyu Wiji Astuti// Wahyu Budi Utomo
Faradila Nurbaiti// Imam Baihaqi//Adhi Pandoyo


Stilistika
Stilistika
Buku Ilmu Budaya, Sastra
Penulis    :  Burhan Nurgiyantoro
ISBN    :  979-420-898-1
Penerbit    :  Gadjah Mada University Press
Cetakan    :  ke-1
Tahun Terbit    :  2014
Isi    :  xiv+ 405 halaman
Dimensi    :  14,5 cm x 21 cm
Harga    : 75.000

Sinopsis :
Stilistika
Buku yang berbicara tentang seni berbahasa dalam bahasa Indonesia tampaknya belum banyak ditemukan. Apalagi buku yang secara khusus berbicara tentang stile dan stilistika. Padahal, di berbagai perguruan tinggi yang memiliki jurusan bahasa dan sastra umumnya terdapat mata kuliah Stilistika. Maka, kesulitan untuk mendapatkan buku dan sumber-sumber rujukan sering dirasakan oleh mahasiswa dan pembaca yang menaruh perhatian terhadap bidang itu. Buku sederhana ini hadir untuk mengisi kekurangan buku sumber tersebut.
Istilah ‘stilistika’ terkait erat dengan istilah ‘stile’ yang dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan istilah ‘gaya bahasa’. Stile terkait dengan masalah pemilihan bentuk dalam aktivitas berbahasa, sedang stilistika adalah kajian terhadap pemilihan bentuk bahasa itu terutama yang berkaitan dengan aspek ketepatan dan efek keindahan. Pemilihan bahasa yang tepat memunyai dampak keindahan. Artinya, wacana yang dihasilkan, dalam ragam bahasa apa pun, memiliki unsur dan efek keindahan. Keindahan bahasa tidak hanya monopoli bahasa ragam sastra, melainkan juga ragam-ragam bahasa yang lain walau dengan kriteria yang berbeda. Maka, tiap pembicaraan aspek stile disertai dengan contoh-contoh yang dikutip dari karya-karya sastra tertentu untuk lebih mengongkretkannya. Jika suatu bentuk stile itu dinyatakan indah, pernyataan itu mesti berdasar bukti-bukti yang memang ditemukan dalam teks yang sedang dikaji.

3 Responses to "Buku Terbaru Penerbit Gadjah Mada University Press Tahun 2014 - Bagian 1"

  1. Balasan
    1. Untuk melakukan pembelian bisa langsung melalui website toko online kami di http://bagusstore.com atau silakan langsung kontak kami melalui kontak yang tersedia. terima Kasih

      Hapus