Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Panduan Budidaya & Memaster Jalak Suren

SPM : Panduan Budidaya & Memaster Jalak Suren
SPM : Panduan Budidaya & Memaster Jalak Suren
Dahulu, burung Jalak Suren (Sturnus contra) mudah ditemui di persawahan atau pohon-pohon di sekitar rumah. Akan tetapi itu mungkin 30 tahunan silam. Saat ini burung yang juga dianggap sebagai penjaga rumah ini mulai dikategorikan sebagai burung langka. Sebagaimana tren burung kicau, semakin langka semakin dicari, semakin mahal pula harganya. Jika tidak diupayakan penangkaran, bisa dipastikan burung ini akan punah dengan sendirinya. 

Burung yang masih kerabat dengan burung Beo (Gracula religiosa) ini punya banyak keistimewaan. Di antaranya mempunyai suara yang nyaring serta bisa dimanfaatkan sebagai "anjing" penjaga rumah. Jalak Suren juga piawai menirukan suara burung ocehan lain, sehingga sangat prospektif dimaster sebagai burung maskot. Jika dimanfaatkan sebagai penjaga rumah, burung satu ini akan bersuara nyaring dan bermacam-macam saat, misalnya rumah dimasuki pencuri. Suara nyaringtersebut untuk memberi tahu kepada tuannya bahwa ada yangtidak beres di rumah. 

Buku ini berupaya mengupas seluk-beluk penangkaran Jalak Suren, mulai dari pemilihan indukan, persiapan kandang, penjodohan, perawatan piyik, hingga pembesarannya. Selain itu, dikupas pula teknik perawatannya sehari-hari, mulai dari pakan, sangkar, penjemuran, pemandian, dan pengendalian penyakit. Di akhir bagian, akan dijelaskan teknik memaster Jalak Suren agar siap menghadapi kontes. 

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Panduan Budidaya & Memaster Jalak Suren
PENULIS: Hariadi Prasetya
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978-6027-819-504
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 204

Posting Komentar untuk "SPM : Panduan Budidaya & Memaster Jalak Suren"