Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SPM : Budidaya Unggul Lele Phyton

SPM : Budidaya Unggul Lele Phyton
SPM : Budidaya Unggul Lele Phyton
Jika selama ini kita mengenal varietas lele unggulan yakni Dumbo dan Sangkuriang, kini ditemukan lele Phyton, oleh salah seorang pembudidaya asal Pandeglang, Banten. Meski dari segi bentuk fisik tidak banyak berbeda, tetapi dari segi ketahanan dan masa panen, banyak perbedaan. Lele Phyton diketahui paling cepat panen. Jika lele Sangkuriang ditemukan oleh para peneliti di laboratorium, lele Phyton ditemukan oleh "pembelajar otodidak", namun memiliki kualitas yang mumpuni. 

Lele Phyton memiliki keunggulan di mana ia mampu bertahan dalam suhu yang berada di titik ekstrem panas maupun dingin. Selain itu, lele Phyton juga memiliki pertumbuhan yang cukup cepat, dari ukuran benih 7-8 cm membutuhkan waktu 50 sampai 55 hari pemeliharaan untuk mencapai ukuran konsumsi. Semen-tara pemeliharaan ukuran benih 9-10 cm, hanya butuh waktu 40- 45 hari hingga mencapai masa panen. Lele Phyton memiliki bentuk tubuh lebih panjang dan lentur dengan daging yang lebih padat. 

Beberapa keunggulan lele Phyton antara lain; Jumlah telur yang lebih banyak, Pertumbuhan lebih cepat besar, Dapat menurunkan generasi untuk menjadi induk Iele Phyton, Mampu hidup dan berkembang biak di perairan air tawar mana pun, Daya tahan hidup yang tinggi, Tingkat mortalitas yang relatif rendah (di bawah 20 %), Tahan terhadap perubahan suhu yang ekstrem, Lebih mudah dibudidayakan di lahan sempit dan terbatas. 

Jika Anda tertarik untuk membudidayakannya, buku ini bisa menjadi panduan. Di dalamnya secara lengkap dijabarkan mulai dari teknik pemijahan, pembuatan kolam, manajemen pembesaran (pakan, air, dan kesehatan) hingga pemasaran hasil panen. Usaha budidaya lele bisa dijadikan usaha sampingan maupun usaha utama. Ketimbang jadi buruh, lebih baik mencoba peruntungan bisnis lele Phyton. Akhirnya kami ucapkan terimakasih dan semoga bermanfaat.

Spesifikasi Buku:

JUDUL: SPM : Budidaya Unggul Lele Phyton
PENULIS: Hendro Budianto S,Pi
PENERBIT: Pustaka Baru Press
ISBN: 978 - 602-99887-2-7
TAHUN: 2018
UKURAN: 14 x 20
HALAMAN: 154

Posting Komentar untuk "SPM : Budidaya Unggul Lele Phyton "