Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
Pendidikan karakter ditempatkan sebagai landasan untuk mewujudkan visi pembangunan nasional, yaitu mewujudkan masyarakat berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya, dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila. Upaya pembentukan karakter sesuai dengan budaya bangsa ini tentu tidak semata-mata hanya dilakukan di sekolah melalui serangkaian kegiatan belajar mengajar dan luar sekolah, akan tetapi juga melalui pembiasaan (habituasi) dalam kehidupan, seperti: relegius, disiplin, toleran, kerja keras, cinta damai, tanggung-jawab, dan sebagainya. 

Pembiasaan itu bukan hanya mengajarkan aspek mana yang benar dan salah, akan tetapi juga mampu (aspek afektif) nilai yang baik dan tidak baik dan bersedia melakukannya (aspek psiko-motorik) dari lingkup terkecil seperti keluarga sarnpai dengan cakupan yang lebih luas di masyarakat. Hal tersebut perlu ditumbuh-kembangkan peserta didik yang pada akhirnya akan menjadi pencerminan hidup bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, sekolah memiliki peranan yang besar sebagai pusat pembudayaan melalui pengembagan (school culture). 

Buku ini ditulis sebagai instrumen implementasi pendidikan budaya dan karakter bangsa. Isi buku memuat tentang "Pedoman dan pelaksanaan pendidikan karakter" dan "Pendidikan budaya dan karakter bangsa". Dilengkapi dengan Permendiknas Nomor 30 Tahun 2005 Tentang Pembinaan Kesiswaan.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa
PENULIS: Zaenal Aqib & Ahad Arullah, S.Th.I.MA
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-6948-85-4
TAHUN: 2017
UKURAN: 16 X 23 cm
HALAMAN: X + 218

Posting Komentar untuk "Pedoman Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa"