Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar

Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar
Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar
Modul Pembelajaran disusun berdasarkan prinsip-prinsip pengembangan suatu modul, meliputi: Analisis Kebutuhan, Pengembangan Desain Modul, Implementasi, Penilaian, Evaluasi dan Validasi serta Jaminan Kualitas. 

Pengembangan bahan ajar penting dilakukan guru untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan tersebut memiliki peran penting baik bagi guru maupun siswa. Dalam mengembangkan bahan ajar khususnya modul guru perlu memperhatikan prosedur dan komponen-komponen modul. Komponen-komponen tersebut meliputi tinjauan mata pelajaran, pendahuluan, kegiatan belajar, latihan, rangkuman, evaluasi dan kunci jawaban dan tindak lanjut serta daftar pustaka. 

Pemanfaatan modul dalam proses pembelajaran disuatu kelas dapat dilakukan pada sistem pembelajaran individual maupun klasikal. Saat ini pengembangan bahan ajar dalam bentuk modul menjadi kebutuhan yang sangat mendesak. Hal ini merupakan konsekuensi diterapkannya kurikulum tingkat satuan pendidikan berbasis kompetensi di sekolah. Pendekatan kompetensi mempersyaratkan penggunaan modul dalam pelaksanaan pembelajarannya. Modul dapat membantu sekolah dalam mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Penerapan modul dapat mengkondisikan kegiatan pembelajaran lebih terencana dengan baik, mandiri, tuntas dan dengan hasil (output) yang jelas. 

Untuk membantu guru dalam pengembangan modul, perlu disusun suatu acuan yang bersifat operasional. Acuan yang dimaksud berupa pedoman teknis yang minimal memuat prinsip-prinsip, kaidah-kaidah, ketentuan-ketentuan dan prosedur pengembangan modul. Pedoman teknis perlu dirancang sedemikian rupa sehingga praktis dan menarik untuk dibaca dan digunakan oieh guru dan unsur-unsur lain dalam penyusunan modul. Buku ini merupakan pedoman yang dapat dipakai oleh guru dalam melaksanakan tugasnya jika anda ingin menjadi guru profesional.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar
PENULIS: Drs. Daryanto
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-7869-15-8
TAHUN: 2013
UKURAN: 16 x 23 cm
HALAMAN: viii + 210

Posting Komentar untuk "Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar"