Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Harus Tiap Desa Tahu Tentang Perpustakaan Desa

Dewasa ini masyarakat seharusnya tahu dan menyadari betapa pentingnya perpustakaan desa. Perpustakaan merupakan tempat yang tepat untuk mengembangkan kemampuan Anda dalam berbagai bidang. Karena di dalam perpustakaan pada umumnya memiliki berbagai buku yang bagus untuk di pelajari apalagi untuk daerah pedesaan.

Di pedesaan terkadang penduduknya kurang dalam hal baca membaca. Hal ini bisa disebabkan karena fasilitasnya yang tidak memadai, sehingga tidak terbentuknya minat baca pada masyarakat pedesaan. Ditambah lagi dengan infrastruktur di pedesaan yang kebanyakan masih belum memenuhi standar kelayakan untuk digunakan.

Yang Harus Tiap Desa Tahu Tentang Perpustakaan Desa

Padahal membaca adalah hal yang sangat penting, terutama untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam bersaing dengan dunia luar. Maka dari itu, jika ingin mengembangkan sebuah desa, kita harus meningkatkan SDM nya mulai dari membiasakannya membaca. Selain itu, ada beberapa hal penting lain yang menjadi alasan pentingnya perpustakaan desa.

Perpustakaan Desa Sudah Diatur Oleh UU

Saat ini Indonesia sudah mulai memperhatikan kualitas literasi masyarakat. Salah satunya ditunjukan dengan munculnya UU No. 43 tahun 2007 yang membahas tentang perpustakaan. Undang-undang ini menunjukan betapa pentingnya literasi dalam upaya mencerdaskan bangsa. Karena suatu bangsa bisa berkembang pesat jika sumber daya manusianya sudah berkualitas.

Meskipun sudah diatur dengan UU, namun nyatanya pentingnya perpustakaan desa masih belum disadari dilihat dari masih minimnya desa yang menyediakan perpustakaan di desa mereka. Terlepas dari berbagai permasalahan internal yang ada di desa masing masing. Harusnya UU ini sedini mungkin diterapkan, agar rencana perubahan dari pusat bisa lebih cepat terealisasikan.

Perpustakaan Desa Sudah Diatur Oleh UU

Dengan diaturnya masalah perpustakaan ini di dalam UU menunjukan bahwa, betapa penting peran perpustakaan ini. Untuk merealisasikannya setiap desa bisa mengalokasikan dana desa untuk keperluan perpustakaan desa. Karena perpustakaan desa ini merupakan salah satu infrastruktur yang dibutuhkan untuk perkembangan desa.

Perpustakaan Desa Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Minat baca yang rendah bukan hanya dipengaruhi oleh faktor internal yang ada di dalam diri pribadi masing-masing, namun lingkungan juga ikut berjasa dalam hal ini. Jika lingkungan tempat tinggal tersebut mendukung adanya proses literasi, maka masyarakat akan lebih tergerak untuk melakukan kegiatan literasi.

Namun jika lingkungan tidak mendukung, maka akan sulit budaya literasi ini berkembang. Kehadiran perpustakaan desa menjadi sangat penting, dimana tempat ini akan menjadi sebuah wadah yang mampu menampung dan mengembangkan minat baca masyarakat. Apalagi jika perpustakaan tersebut dikemas dengan semenarik mungkin.

Perpustakaan Desa Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Anda bisa menata sedemikian rupa perpustakaan desa tersebut dengan semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk menarik minat pengunjung. Tempat yang instagrammable bisa menarik minat pengunjung lebih tinggi. Meskipun pada awalnya pengunjung tidak bertujuan untuk membaca, namun lambat laun minat membaca akan muncul dengan sendirinya.

Perpustakaan Desa Mencerdaskan Generasi Bangsa

Pada umumnya masyarakat Indonesia kurang sekali dalam literasi terutama dalam bidang ilmu pengetahuan. Maka dari itu, mendirikan perpustakaan di tiap desa sangat penting. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa generasi muda yang akan menentukan akan seperti apa bangsa ini nantinya. Beberapa tahun ke depan generasi muda yang akan memimpin bangsa.

Perpustakaan Desa Mencerdaskan Generasi Bangsa

Mempersiapkan generasi muda yang lebih baik adalah tugas dari kita semua selaku warga negara Indonesia. Dengan generasi muda yang berkualitas, Indonesia akan mampu bersaing dan bertahan di era globalisasi yang persaingannya sangat ketat. Dengan adanya perpustakaan di setiap desa, maka ilmu pengetahuan akan lebih mudah tersebar dan terserap oleh masyarakat.

Distributor Buku
Distributor Buku Distibutor Buku Yogyakarta adalah salah sayu divisi usaha dari kami. Melalui Distributor Buku Yogyakarta ini, kami hendak menyebarluaskan buku ke beberapa daerah pelosok negeri. Tak hanya bekerjasama dengan penerbit lokal Yogyakarta saja, Kami juga bekerjasama dengan ratusan penerbit Indonesia yang tersebar di bernagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan kota lainnya.

Posting Komentar untuk "Yang Harus Tiap Desa Tahu Tentang Perpustakaan Desa"