Anda Sedang atau Akan Melakukan Pengadaan Buku Untuk Perpustakaan ? Hubungi Kami ! Kami Akan Bantu Anda.

Bapak dan Ibu Pelanggan Yang terhormat.... Di Lingkungan terdidik, keberadaan bahan bacaan mutlak sangat dibutuhkan. Sangat ...

Membangun Masyarakat Berkualitas Melalui Perpustakaan Desa

Perpustakaan merupakan salah satu pusat literasi penting bagi masyarakat. Saking pentingnya literasi bagi terbentuknya masyarakat harus didukung baik dari pihak pemerintah maupun masyarakat itu sendiri. Selain di sekolah-sekolah formal, perpustakaan juga ternyata dapat ditemukan di hampir setiap kota di Indonesia. Bahkan baru-baru ini, pemerintah mulai menggalakkan didirikannya perpustakaan desa melalui dana desa yang setiap tahun dikucurkan oleh pemerintah untuk desa-desa yang ada di Indonesia.

Membangun Masyarakat Berkualitas Melalui Perpustakaan Desa

Koleksi perpustakaan desa

Layaknya perpustakaan pada umumnya, perpustakaan desa juga seharusnya menyimpan banyak koleksi-koleksi ilmu pengetahuan yang dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Koleksi yang ada di dalam perpustakaan desa bisa berupa koleksi fisik maupun koleksi digital yang kontennya dapat dengan mudah diakses oleh setiap orang dimanapun dan kapanpun. Adapun koleksi-koleksi yang biasa ditemukan di dalam perpustakaan adalah buku, majalah, novel, tabloid. Kesemua koleksi ini harus diakses secara gratis oleh masyarakat. Koleksi yang seharusnya ada di dalam perpustakaan desa adalah buku-buku mengenai keterampilan praktis yang bisa langsung dijadikan panduan oleh masyarakat desa untuk dipraktikkan. Adapun contoh-contoh dari buku yang dimaksud adalah cara beternak lele/ayam/unggas lain, cara efektif dan efisien dalam bertani, cara memaksimalkan hasil panen dan lain sebagainya. Semua koleksi buku seperti ini pasti akan sangat membantu masyarakat desa untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Adapun koleksi digital yang dimaksud bisa berupa video tutorial yang berhubungan dengan keterampilan-keterampilan praktis seperti yang sudah disebutkan di atas. Video-video ini setidaknya harus terunggah secara online di server perpustakaan desa yang bisa diakses oleh setiap lapisan masyarakat dimanapun dan kapanpun. Dengan begini, maka akan semakin banyak orang yang akan merasakan manfaat dari keberadaan perpustakaan desa.

Koleksi perpustakaan desa

Oleh karena kini segalanya sudah serba online, sudah banyak perpustakaan desa yang menyediakan internet gratis di kawasan sekitar perpustakaan. Dengan adanya internet gratis ini, semakin mampu memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini. Selain fasilitas koleksi buku dan internet gratis, perpustakaan desa juga sudah seharusnya menyediakan ruang bagi masyarakat untuk berdiskusi membahas isu-isu terkini. Ruang diskusi yang dimaksud bisa dijadikan sebagai lokasi para pemuda dan pemudi desa untuk rapat. Fasilitas seperti ini mampu membuat masyarakat desa lebih kritis, terbuka terhadap isu-isu terkini untuk kemudian mampu menyumbangkan solusi yang konkret untuk kemajuan desa bersama.

Kondisi terkini

Tetapi sayangnya, meskipun perpustakaan desa dikenal sebagai pusat laboratorium masyarakat, tidak banyak orang yang tergugah hatinya untuk sekadar berkunjung ke tempat ini. Padahal awal peradaban sebuah masyarakat yang berkualitas berasal dari perpustakaan dan salah satunya adalah perpustakaan desa. Tidak sedikit perpustakaan desa yang pada akhirnya hanya terbengkalai, banyak koleksi yang tidak pernah dibaca atau dipelajari. Kondisi seperti ini bisa diperbaiki dengan cara memperbaiki sistem dan menambah fasilitas yang disediakan oleh perpustakaan desa. Contohnya seperti memperbaiki sistem peminjaman buku dengan cara mempermudah syarat menjadi anggota dan syarat pinjam buku.

Padahal manfaat yang bisa Anda rasakan dengan pergi ke perpustakaan desa sangatlah banyak. Di antara manfaat-manfaat tersebut adalah Anda bisa mendapatkan banyak ilmu pengetahuan yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya, Anda juga bisa menambah jejaring pertemanan dengan orang lain yang bisa jadi berasal dari desa yang berbeda dengan Anda.

Apa yang bisa dilakukan

Adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat masyarakat desa lebih tertarik lagi untuk sekadar datang ke perpustakaan desa. Pertama, sebagai seorang pengelola perpustakaan desa, Anda bisa memulai dengan melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada masyarakat mengenai keberadaan perpustakaan desa. Mungkin salah satu alasan mengapa tidak banyak masyarakat berkunjung ke perpustakaan desa karena memang mereka tidak mengetahui jika ternyata di desa mereka ada perpustakaan desa. Kedua, Anda bisa mengadakan beberapa event-event tertentu di perpustakaan desa seperti lomba mewarnai untuk anak-anak sekolah dasar, agar semakin banyak masyarakat yang turut serta di dalam event tersebut dan mereka bisa mulai melirik perpustakaan desa. Karena sebenarnya yang paling sulit adalah memulai mengajak masyarakat untuk peduli akan pentingnya literasi bagi terbentuknya karakter masyarakat yang berkualitas untuk masa depan desa dan negara Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Membangun Masyarakat Berkualitas Melalui Perpustakaan Desa"

Posting Komentar