Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gotong-Royong Dalam Membangun perpustakaan Desa Menjadi Lebih Baik

Perpustakaan desa merupakan sebuah sarana untuk mendorong minat baca masyarakat supaya mengembangkan ilmu pengetahuannya dalam pemberdayaan masyarakat desa. Perpustakaan desa bisa menjadi sebuah pusat ilmu informasi dan pengetahuan baru bagi masyarakat desa guna meningkatkan harkat hidupnya, baik itu dari sisi sosial maupun ekonomi. Akan tetapi, karena minat baca masyarakat yang rendah akhirnya membuat pembangunan perpustakaan menjadi terhambat.

Gotong-Royong Dalam Membangun perpustakaan Desa Menjadi Lebih Baik

Apakah Perpustakaan Desa Itu Penting Bagi Masyarakat?

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jika perpustakaan desa memang dapat menjadi pusat ilmu informasi dan pengetahuan baru bagi masyarakat. Namun, kebutuhan membaca buku ini belum dianggap hal yang penting bagi masyarakat di pedesaan. Apalagi sebagian orang beranggapan jika aktivitas di perpustakaan hanya pantas dilakukan oleh orang-orang terpelajar saja. Padahal jika dilihat dari fungsi perpustakaan desa dapat diketahui jika ada banyak sekali hal penting yang bisa diperoleh dengan adanya perpustakaan desa.

Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Untuk Membangun Budaya Literasi

Tahukah Anda  kenapa banyak masyarakat di pedesaan yang masih ketinggalan dengan pola pikir dan hidupnya ? Hal ini tentunya disebabkan dengan rendahnya minat baca sehingga berbagai informasi penting tidak akan diketahui oleh masyarakat di pedesaan. Padahal dengan adanya perpustakaan desa ini, tidak hanya bisa mencerdaskan para pembacanya, namun juga bisa menaiki derajatnya di kalangan masyarakat.

Meningkatkan Minat Baca Masyarakat Untuk Membangun Budaya Literasi

Nah, untuk meningkatkan minat baca masyarakat memang tidak mudah karena sudah adanya belenggu yang merantai minat bacanya. Namun, jika masyarakat berusaha dengan baik untuk meningkatkan minat bacanya maka belenggu yang semula merantai minat bacanya bisa secara perlahan-lahan terbuka dengan sendirinya. Untuk itulah, penting bagi Anda sesekali berkunjung ke perpustakaan desa agar nantinya bisa terbiasa dengan perpustakaan dan tertarik untuk membaca berbagai koleksi yang dimilikinya. Selain itu, perlu diketahui dengan menerapkan budaya membaca sejak dini juga dapat membangun budaya literasi yang baik sejak dini sehingga para generasi bisa lebih cerdas dan memiliki intelektual yang sangat kuat.

Mendirikan Komunitas Di Dalam Perpustakaan

Perlu diketahui, komunitas memang sangat penting dibuat agar para pengunjung memiliki teman diskusi dan tidak merasa sendiri saat berada di dalam ruang perpustakaan. Selain itu, dengan adanya komunitas juga lebih mudah menarik pengunjung saat diadakan acara ataupun agenda yang menggunakan perpustakaan desa. Dengan adanya komunitas dalam perpustakaan, juga membuat desa Anda menjadi lebih ramai dan tidak terkesan sepi maupun monoton. Nah, untuk membuat komunitas ini, tentunya Anda harus sama-sama bergotong-royong mencarikan pakar dari luar untuk proses pelatihan meningkatkan keahlian maupun skil masyarakatnya. Tidak hanya itu saja, dengan adanya komunitas juga masih ada banyak hal yang bisa Anda lakukan jauh lebih mudah dan ringan.

Menjadikan Perpustakaan Sebagai Wahana Rekreasi

Semakin bervariasi koleksi yang dimiliki perpustakaan tentunya semakin menarik minat pemustaka untuk berkunjung. Nah, melalui berbagai buku-buku yang ada di perpustakaan ini juga membuat masyarakat pedesaan bisa melakukan rekreasi sosial dengan membaca buku cerita maupun novel di perpustakaan desa. Sebab selain menghibur, buku cerita dan novel juga dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat desa mengenai budaya di daerah lainnya.

Menjadikan Perpustakaan Sebagai Wahana Rekreasi

Merangkul Masyarakat Desa Dengan Minat Baca tinggi Sebagai Duta Perpustakaan

Untuk sama-sama membangun perpustakaan desa maka perpustakaan harus memberikan apresiasi bagi masyarakat yang mempunyai minat baca tinggi untuk bisa mendorong masyarakat lainnya agar lebih terpacu dalam meramaikan perpustakaan desa. Pada dasarnya, ada beberapa apresiasi yang bisa diberikan, salah satunya memberikan apresiasi sebagai duta perpustakaan. Duta perpustakaan dapat diambil dari para pengunjung yang paling sering mengunjungi dan meminjam buku di perpustakaan selama waktu tertentu. Duta perpustakaan yang dipilih sangatlah berguna untuk mensosialisasikan perpustakaan desa kepada masyarakat luas. Nah, bentuk sosialisasi ini juga bisa dilakukan dengan mudah, baik itu melalui diskusi ataupun bentuk kegiatan sosial lainnya.

Merangkul Masyarakat Desa Dengan Minat Baca tinggi Sebagai Duta Perpustakaan

Perlu diketahui, mewujudkan masyarakat yang gemar membaca dan cinta perpustakaan memang menjadi cita-cita yang harus diperjuangkan bersama. Untuk itu, penting bagi masyarakat untuk saling gotong-royong dalam membangun perpustakaan desa yang baik dan diimpikan. Dengan membangun perpustakaan desa yang baik tentunya dapat menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan tersebut.

Distributor Buku
Distributor Buku Distibutor Buku Yogyakarta adalah salah sayu divisi usaha dari kami. Melalui Distributor Buku Yogyakarta ini, kami hendak menyebarluaskan buku ke beberapa daerah pelosok negeri. Tak hanya bekerjasama dengan penerbit lokal Yogyakarta saja, Kami juga bekerjasama dengan ratusan penerbit Indonesia yang tersebar di bernagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang dan kota lainnya.

Posting Komentar untuk "Gotong-Royong Dalam Membangun perpustakaan Desa Menjadi Lebih Baik"