Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

settia

Daftara Buku Fisika

Daftara Buku Fisika


Berikut adalah beberapa Daftara Buku Fisika yang dapat anda pilih :

Elektromagnetika

Elektromagnetika

Wiyanto
ISBN : 978-979-756-318-9
Harga : Rp 69.800,00
Halaman : VIII+146

Sinopsis :
Buku ini disusun dengan struktur utama sesuai dengan sejarah perkembangan di bidang kelistrikan dan kemagnetan, yaitu diawali dari pembahasan elektrostatika dan magnetostatika secara terpisah. Pembahasan berikutnya adalah tentang elektrodinamika dan induksi elektromagnet yang mulai mengkaitkan gejala kelistrikan dengan kemagnetan. Keterkaitan tersebut dilengkapi dengan hipotesis Maxwell yang menjadikan beberapa hukum tentang kelistrikan dan kemagnetan dapat untuk meramalkan gejala gelombang elektromagnetik. Struktur pembahasan seperti itu diharapkan dapat memberikan pemahaman yang utuh tentang kelistrikan dan kemagnetan bagi pembaca. Untuk membekali pembaca dengan bahasa matematik yang banyak digunakan dalam buku ini, sebelum masuk bagian utama dibahas terlebih dahulu tentang analisis vektor. Selain itu, beberapa contoh soal dan solusinya diberikan agar pembaca lebih memahami setiap bagian atau topik, sedangkan ilustrasi beberapa ahli fisika yang terlibat dalam sejarah perkembangan kelistrikan dan kemagnetan diharapkan dapat memotivasi pembaca untuk berinovasi.



Fisika Dasar Eleksitas & Magnetisme

Fisika Dasar Eleksitas & Magnetisme

Mohamad Ishaq
ISBN : 978-979-756-289-2
Harga : Rp 99.800,00
Halaman : XII+212

Sinopsis :
Ilmu Fisika telah melahirkan dua revolusi penting yaitu revolusi industri sejak dibangunnya mesin uap dengan prinsip-prinsip Termodinamika dan kedua revolusi informasi sejak diciptakannya semikonduktor sebagai bagian terpenting dari prosesor dalam komputer. Bahkan konsep internet sesungguhnya dirintis pertama kali bukan oleh DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) Amerika seperti yang selama ini dikenal, tetapi oleh laboratorium Fisika nuklir CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire) di Geneva Swis (kunjungi www.cern.ch). Hampir seluruh komponen elektronika dan konsepnya dirintis oleh para ahli Fisika eksperimentalis, : Ohm, Coulomb, Ampere, Volt, Tesla, Maxwell, Gauss, Hertz dll. Sedangkan mesin-mesin, kontruksi, pemanfaatan gelombang tidak bisa lepas dari dinamika gerak yang disusun Galileo, Newton, Pascal, Leibniz, Otto, Carnot, dll.Tidak berlebihan seandainya dikatakan bahwa ilmu Fisika adalah jantung dalam kemajuan teknologi saat ini. Dengan demikian, mengingat pentingnya ilmu Fisika dalam kemajuan sains dan teknologi maka tidak berlebihan juga jika dikatakan bahwa kemajuan tersebut tergantung dari pemahaman dasar-dasar Fisika. Dan untuk keperluan tersebut, sangatlah penting menyediakan sebanyak mungkin buku-buku dasar yang akan membantu mahasiswa dalam memahami hukum dasar Fisika dengan baik.




Fisika Dasar Edisi 2

Fisika Dasar Edisi 2

Mohamad Ishaq
ISBN : 978-979-756-286-1
Harga : Rp 153.800,00
Halaman : XII+328

Sinopsis :
Merupakan kenyataan sejarah bahwa Ilmu Fisika adalah dasar utama dan paling penting dalam kemajuan teknologi. Ilmu Fisika juga yang telah melahirkan dua revolusi penting yaitu, Revolusi Industri sejak dibangunnya mesin uap dengan prinsip-prinsip Termodinamika dan kedua Revolusi Informasi sejak diciptakanya semikonduktor sebagai bagian terpenting dari prosesor dalam komputer, bahkan konsep internet sesungguhnya dirintis pertama kali bukan oleh DARPA (Defense Advance Research Projects Agency) Amerika seperti yang selama ini dikenal, tetapi oleh Laboratorium Fisika Nuklir CERN (Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire) di Geneva Swiss. Hampir seluruh komponen elektronika dan konsepnya dirintis oleh para ahli Fisika: Ohm, Coulomb, Ampere, Volt, Tesla, Maxwell, Gauss, Herzt dll. Sedangkan mesin-mesin, kontruksi, pemanfaatan gelombang tidak bisa lepas dari dinamika gerak yang disusun Galileo, Newton, Pascal, Leibniz, Otto, Carnot, dan lain-lain. Tidak berlebihan seandainya dikatakan bahwa ilmu Fisika adalah jantung dalam kemajuan teknologi saat ini. Dengan demikian, mengingat pentingnya ilmu Fisika dalam kemajuan sains dan teknologi maka tidak berlebihan juga jika dikatakan bahwa kemajuan tersebut tergantung dari pemahaman dasar-dasar Fisika. Dan untuk keperluan tersebut, sangatlah penting untuk menyediakan sebanyak mungkin buku-buku dasar yang akan membantu mahasiswa dalam memahami hukum dasar Fisika dengan baik.


Fisika Dasar

Fisika Dasar

Bernard Mediarman
ISBN : 979-756-043-9
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : X + 202




e-Learning Fisika Berbasis Macromedia Flash MX +CD

e-Learning Fisika Berbasis Macromedia Flash MX +CD

Afrizal Mayub
ISBN : 979-3289-64-3
Harga : Rp 95.800,00
Halaman : XIV + 198




Termodinamika

Termodinamika

Ainie Khuriati Riza Sulistiati
ISBN : 978-979-756-534-3
Harga : Rp 149.800,00
Halaman : XII + 320

Sinopsis :
Buku ini membahas tentang konsep-konsep dan prinsip-prinsip termodinamika dari sudut klasik secara mendalam mengenai pembahasan hukum pertama dan hukum kedua baik untuk sistem tertutup maupun sistem terbuka, entropi, perumusan produksi entropi, ireversibilitas dan analisis dayaguna sistem perekayasaan, hubungan termodinamik, persamaan keadaan, dan kriteria kesetimbangan. Pembahasan dalam buku ini dilengkapi dengan contoh-contoh soal. Materi pembahasan meliputi: Sistem termodinamika dan spesifikasi keadaannya Kalor, usaha, dan hukum pertama termodinamika Sifat-sifat termodinamik zat murni Analisis hukum pertama termodinamika untuk volume atur Hukum kedua termodinamika dan entropi Ireversibilitas, dayaguna (eksergi), dan kriteria kesetimbangan Hubungan termodinamik dan persamaan keadaan





Konsep Dasar Akustik; untuk Pengendalian Kebisingan Lingkungan

Konsep Dasar Akustik; untuk Pengendalian Kebisingan Lingkungan

Drs. Dodi Rusjadi TE. M.Eng.
ISBN : 978-602-262-409-7
Harga : Rp 44.800,00
Halaman : XVI+76

Sinopsis :
Pesatnya pembangunan diiringi dengan meningkatnya pencemaran, salah satunya suara bising atau kebisingan. Kebisingan bukan hanya mengurangi kenyamanan, melainkan juga mengganggu kesehatan, bahkan dapat merusak telinga manusia. Pengaruh kebisingan pada manusia ditentukan oleh beberapa faktor akustik, seperti tingkat tekanan bunyi, kandungan frekuensi dan waktu papar.
Untuk menanggulangi kebisingan ini, dibutuhkan pengetahuan tentang konsep dasar akustik. Buku ini memberikan pengetahuan dasar tentang akustik dan standar-standar akustik untuk kebisingan baik kebisingan lingkungan maupun kebisingan di tempat kerja yang ada di Indonesia. Secara umum buku ini dapat dijadikan pegangan bagi yang peduli dengan kebisingan dan atau bagi lembaga-lembaga yang bertanggung-jawab pada kebisingan dan pengendaliannya. Penyajian pada buku ini lebih bersifat praktis, tetapi bagi yang ingin lebih mendalam dapat mempelajarinya dari lampiran buku ini.





Tomografi Resonansi Magnetik Inti; Teori Dasar, Pembentukan Gambar dan Intrumentasi Perangkat Kerasnya

Tomografi Resonansi Magnetik Inti; Teori Dasar, Pembentukan Gambar dan Intrumentasi Perangkat Kerasnya

Daniel Kartawiguna
ISBN : 978-602-262-423-3
Harga : Rp 64.800,00
Halaman : VIII+132

Sinopsis :
Tomografi Resonansi Magnetik Inti (MRI) adalah teknik pencitraan diagnostik medis yang berkerja berdasarkan prinsip resonansi megnetik inti (Nuclear Magnetic Resonance/NMR). Pesawat MRI dapat menghasilkan citra diagnostik bagian dalam tubuh manusia baik dalam potongan sagital, koronal, transversal, dan oblik dengan tidak menggunakan radiasi ionisasi (Sinar-X) dan juga tidak menggunakan zat radioaktif. Dengan demikian, pengaruh bahaya radiasi dapat dihindari. MRI juga dapat mencitrakan pembuluh darah, cairan sumsum tulang belakang, cartilage, bone marrow, jaringan otot, jaringan pengikat, dan jaringan-jaringan lunak tubuh manusia lainnya.
Untuk melakukan pemeriksaan dengan pesawat MRI, pasien diletakkan dalam suatu medan magnet yang sangat kuat (0,2 1,5 Tesla). Kemudian gelombang radio dipancarkan melalui kumparan yang berfungsi sebagai antena ke bagian tubuh yang akan diperiksa. Hal ini mengakibatkan atom-atom pada bagian tersebut akan beresonansi. Oleh karena itu setelah gelombang radio eksternal dimatikan, atom-atom ini akan memancarkan kembali gelombang elektromagnetik sesuai dengan karakteristik dari atom-atom tersebut. Gelombang inilah yang kemudian ditangkap oleh antena pemerima yang selanjutnya diolah oleh komputer menjadi citra 2 dimensi atau 3 dimensi.





Fisika Dasar

Fisika Dasar

Putu Artawan, S.Pd., M.Si
ISBN : 978-602-262-337-3
Harga : Rp 91.800,00
Halaman : X+182

Sinopsis :
Fisika membahas secara spesifik tentang alam dan fenomenanya yang dibagi menjadi beberapa bidang seperti Fisika Teoritik, Fisika Material, Fisika Optoelektronika, Fisika Instrumentasi, Fisika Komputasi dan Geofisika serta bidang lain sesuai dengan karakteristik bidang atau materi yang dikaji. Sebagai pondasi dalam mempelajari dan memahami Fisika lanjut maka disajikan kuku terkait dasar-dasar dalam Ilmu Fisika yang memuat fenomena sederhana tentang Fisika serta beberapa perhitungan sebagai latihan.
Buku ini disusun dengan mengambil berbagai referensi. Buku ini disusun untuk memudahkan pembaca dalam mempelajari konsep dasar terkait Fisika dan pengembangan aplikasinya serta sebagai pondasi untuk mempelajari Fisika lanjut.




Eksplorasi Gaya Berat

Eksplorasi Gaya Berat

Dr. Muh Sarkowi, M.Si.
ISBN : 978-602-262-308-3
Harga : Rp 79.800,00
Halaman : XVI+136



Fisika untuk Universitas

Fisika untuk Universitas

Ir. Sutarno, M.Sc.
ISBN : 978-602-262-041-9
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : XII+190

Sinopsis :
Buku yang berjudul Fisika Untuk Universitas ini dimaksudkan sebagai salah satu referensi pendukung buku teks fisika yang digunakan oleh mahasiswa tahun pertama di perguruan tinggi bidang Teknik dan MIPA, serta para dosen pengajar Fisika Dasar di perguruan tinggi, para guru SMU dan siswa dan SMU yang terlibat dalam proses belajar mengajar fisika.
Buku ini berisi prinsip-prinsip fisika dengan disertai contoh soal dan penyelesaian yang bertujuan memberikan kemudahan kepada para mahasiswa pada umumnya dan pelajar SMU jurusan IPA/SMK Teknik pada umumnya dalam memahami persoalan fisika secara sistematis. Di setiap akhir bab buku ini disuguhkan soal-soal dalam setiap babnya sebagai latihan memecahkan masalah fisika. Semoga buku Fisika Untuk Universitas ini turut mencerdaskan para mahasiswa dan pelajar Indonesia.




Fisika Batuan; Pendekatan Estimasi Permeabilitas dan Saturasi Air Berbasiskan Data Seismik

Fisika Batuan; Pendekatan Estimasi Permeabilitas dan Saturasi Air Berbasiskan Data Seismik

Prof. Dr. Sismanto, M.Si.
ISBN : 978-602-262-001-3
Harga : Rp 71.800,00
Halaman : X+148

Sinopsis :
Perkembangan mutakhir dari penelitian dan pengujian laboratorium baik secara analitis maupun empiris, menunjukkan adanya hubungan yang sangat erat antara besaran-besaran fisis reservoar tersebut dengan parameter elastik dan parameter gelombang seismik seperti koefisien atenuasi, faktor kualitas, amplitudo, frekuensi, dan kecepatan. Berdasarkan pemahaman tersebut, menimbulkan pertanyaan, bagaimana menghitung besaran reservoar migas tersebut khususnya permeabilitas dan saturasi air dari gelombang seismik yang terekam di permukaan, sehingga dapat dimanfaatkan secara langsung untuk dasar kajian berikutnya. Walaupun disadari bahwa metoda seismik permukaan yang bekerja dalam skala makro sangat berbeda daya resolusinya dengan pengukuran yang menggunakan metoda loging (skala mini) maupun coring (skala mikro). Namun demikian, hal tersebut sangat mungkin, karena secara ilmiah menurut kaidah mekanika batuan terdapat hubungan yang jelas secara analitik maupun eksperimen antara parameter reservoar dengan nilai-nilai tetapan elastik batuan.
Kali ini penulis mengajukan suatu rumusan mengekstrak data seismik untuk memperoleh informasi parameter reservoar yang sangat penting di dalam eksplorasi minyak dan gas bumi yaitu permeabiltas dan saturasi air. Secara numerik metode terebut telah diuji dengan menggunakan data sintetik dan memberikan hasil yang memuaskan. Untuk uji data riel digunakan data seismik HSP (horizontal seismik profiling) dan VSP (vertical seismic profiling) secara terbatas. Memang terdapat kendala-kendala yang masih harus dicermati, seperti faktor kalibrasi, kualitas data seismik dan pemrosesan preserve amplitudo yang memadai. Terlepas dari berbagai faktor kendala tersebut baik di lapangan maupun di pengolahan data dan mekanisme kalibrasi;




Menguak Misteri Crop Circle di Indonesia

Menguak Misteri Crop Circle di Indonesia

Muhammad Nur, Kartono
ISBN : 978-979-756-746-0
Harga : Rp 48.800,00
Halaman : XII+96

Sinopsis :
Lingkaran tanaman (berasal dari bahasa Inggris Crop Circle sering disingkat CC) adalah suatu pola teratur yang terbentuk secara misterius dalam waktu sangat singkat di area ladang tanaman. Pola teratur tersebut sering membentuk rancangan yang simetris berbasis bentuk lingkaran.
Fenomena CC di Indonesia terjadi di Yogyakarta yang diketahui pada tanggal 23 Januari 2011 pagi hari, langsung diberitakan secara nasional dan Internasional, dan telah menyedot perhatian masyarakat luas, mulai masyarakat awam sampai kalangan peneliti atau akademisi. Dua pendapat yang diterima masyarakat dari media bahwa CC dibuat oleh manusia secara mekanik, dan yang lainnya CC merupakan bekas jejak pesawat makhluk luar angkasa (alien). Berdasarkan pengalaman penelitian dalam bidang fisika plasma, seorang fisikawan dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Universitas Diponegoro mengutarakan penjelasan alternatif, yakni CC terbentuk dari peristiwa alamiah. Dugaan sementara itu ditindaklanjuti dengan penelitian yang mendalam oleh sebuah Tim Peneliti dan memanfaatkan peralatan canggih dan standart saat ini. Data dan fakta ilmiah terungkap dari hasil penelitian ini, bahwa telah terjadi peristiwa fisika, kimia, plasma kimia, berakhir dengan perubahan biologi pada tanaman di area CC. Di area CC telah terjadi pembengkokkan pada nodus (bongkol), amilun bulir padi hancur, epidermis rusak, kadar nitrogen naik secara mencolok, dan ditemukan Nikel dengan kadar 3% pada nodus batang padi. Tim menyimpulkan bahwa, Crop Circle yang terjadi di Yogyakarta bukanlah buatan manusia. Dengan membaca buku ini, Anda akan menikmati investigasi saintifik yang menggairahkan, karena masih berada di wilayah misteri. Ilmu pengetahuan modern kadang tak mampu menjawab tuntas kejadian-kejadian di alam. Buku ini mencoba membawa kita untuk melihat



Fungsi-Fungsi Khusus dilengkapi dengan Deret Fourier & Transformasi Integral; Seri Fisika Matematika

Fungsi-Fungsi Khusus dilengkapi dengan Deret Fourier & Transformasi Integral; Seri Fisika Matematika

Asan Damanik
ISBN : 978-979-756-620-3
Harga : Rp 69.800,00
Halaman : XII+144

Sinopsis :
Konsep-konsep matematis diberikan pada setiap awal pembahasan disertai dengan contoh-contoh sehingga pembaca memperoleh pemahaman yang benar terhadap konsep-konsep matematis yang sedang dipelajari. Selanjutnya, konsep-konsep matematis yang sudah dipelajari itu digunakan untuk perhitungan dan manipulasi-manipulasi matematis persoalan fisika. Pada setiap akhir Bab diberikan pula soal-soal latihan untuk memperdalam pemahaman konsep-konsep matematis dan aplikasinya dalam fisika. Materi Pembahasan meliputi: Deret Fourier Transformasi Integral Fungsi Gamma dan Beta Fungsi-fungsi Khusus




Elektrokimia dan Aplikasinya

Elektrokimia dan Aplikasinya

Riyanto, Ph.D.
ISBN : 978-979-756-946-4
Harga : Rp 87.800,00
Halaman : VIII+187

Sinopsis :
Elektrokimia dan Aplikasinya merupakan buku yang tidak hanya menyajikan teori-teori elektrokimia tetapi juga menyampaikan aplikasi dalam kehidupan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Buku ini menyampaikan teori dasar elektrokimia dan diikuti dengan aplikasinya di bidang energi alternatif seperti baterai, fuel cell, mobil berbahan gas hidrogen, elektroplating, elektrodegradasi limbah, elektrosintesis bahan organik dan anorganik (industri logam dan non logam), dan analisis elektrokimia. Buku ini diperuntukkan bagi kalangan industri, institusi penelitian, laboratorium dan mahasiswa yang berhubungan dengan mata Kuliah Elektrokimia antara lain Mahasiswa Prodi Ilmu Kimia, Analis Kimia, Farmasi, Fisika, Geologi, Seni, Teknik Kimia, Teknik Pertambangan, Teknik Elektro dan Teknik Mesin.


SILAKAN HUBUNGI KAMI MELALUI EMAIL ATAU KONTAK YANG TERSEDIA UNTUK MENDAPATKAN DAFTAR BUKU FISIKA ATAU KATALOG BUKU FISIKA LEBIH LENGKAP. TERIMA KASIH

1 komentar untuk "Daftara Buku Fisika"

  1. assalamu 'alaikum
    ada buku pengarang dari mohammad ishaq "Menguak Rahasia Alam dengan Fiksik" atau tidak ya?
    kalau ada saya bisa pesan atau tidak?
    terima kasih
    wassalamu 'alaikum

    BalasHapus