Daftar Lengkap Buku Biologi

Daftar Lengkap Buku Biologi


Berikut adalah Buku-buku Biologi yang dapat anda pilih :


Keanekaan Hayati Jenis Binatang; Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Keanekaan Hayati Jenis Binatang; Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Prof. Dr. Johan Iskandar, M.Sc.
ISBN : 978-602-262-407-3
Harga : Rp 115.800,00
Halaman : XVI+228

Sinopsis :
Keanekaan Hayati Jenis Binatang; Manfaat Ekologi Bagi Manusia

Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi di dunia, termasuk keanekaragaman binatang/satwa liar atau fauna. Misalnya, Indonesia menempati peringkat pertama di dunia dengan memiliki keanekaragaman jenis mamalia (515 jenis); dengan memiliki keanekarahaman jenis burung (1.539 jenis), Indonesia menempati peringkat ke-4 di dunia—di bawah Kolumbia, Peru dan Brazil; serta memiliki keanekaan jenis reptilia (600 jenis) sehingga Indonesia berada di peringkat ke-3, setelah Meksiko dan Australia. Namun dalam beberapa dasawarsa terakhir ini, keanekaragaman binatang di Indonesia yang berperan penting bagi fungsi ekologi, sosial ekonomi dan budaya manusia malah banyak  diperlakukan tidak wajar oleh manusia, seperti diburu, dibunuh, dan dirusak atau dimusnahkan habitatnya. Akibatnya, beberapa jenis binatang terancam punah.
Buku ini membahas tentang berbagai jenis binatang yang berperan penting bagi ekologi di alam atau di ekosistem, seperti penyebar biji-bijian, penyerbuk tumbuhan, pengendali hama tumbuhan/tanaman, indikator kualitas lingkungan perairan, indikator perubahan musim, indikator timbul bencana alam, dan penghasil sarang walet yang sangat menguntungkan bagi kepentingan bisnis. Oleh karena itu, buku ini sangat penting untuk dibaca oleh berbagai kalangan untuk mengenal jenis-jenis binatang di Indonesia, yang menguntungkan bagi alam sehingga dapat menjaga kelestariannya.



Mini Riset Mikrobiologi Terapan

Mini Riset Mikrobiologi Terapan

Dr. Hasruddin, M.Pd., Rifnatul Husna, M.Pd.
ISBN : 978-602-262-374-8
Harga : Rp 68.800,00
Halaman : XVI+116

Sinopsis : 
Mini Riset Mikrobiologi Terapan

Buku ini berisi tentang peran mikroorganisme dalam bidang pangan, tanah, air, pertanian dan industri serta peranan mikroorganisme yang menguntungkan ataupun sebagai patogen. Diharapkan dengan tersedianya buku ini, para pembaca akan dapat lebih mudah mempelajari masalah Mikrobiologi Terapan.
Secara garis besar materi buku ini meliputi sejarah perkembangan mikrobiologi, peranan mikroorganisme, kerugian yang diakibatkan mikroorganisme, dan produk yang dihasilkan dengan memanfaatkan mikroorganisme.




Ilmu Alamiah Dasar

Ilmu Alamiah Dasar

Drs. I Wayan Suja, M. Si
ISBN : 978-602-262-355-7
Harga : Rp 107.800,00
Halaman : X+214

Sinopsis :
Ilmu Alamiah Dasar

Buku ini membahas tentang Perkembangan Alam Pikiran Manusia, Perkembangan dan Pengembangan IPA, Bumi dan Alam Semesta, Keanekaragaman Makhluk Hidup dan Persebarannya, Makhluk Hidup dan Ekosistem Alami, Sumberdaya Alam dan Lingkungan, IPA dan Teknologi bagi Kehidupan Manusia, Beberapa Perkembangan Teknologi Penting, dan Isu Lingkungan.
Mengingat konten teori-teori dasar sains yang bersifat esensial dan dikembangkan di Barat, maka perlu dilengkapi dengan konteks keindonesiaan agar pembaca tidak menjadi “rabun dekat” atau bahkan bisa tercerabut dari akar budayanya sendiri. Atas dasar itu, penyusunan buku ini dilengkapi dengan muatan pendidikan karakter dan kearifan lokal.





Sistem Reproduksi Manusia

Sistem Reproduksi Manusia

Dr. Dra. Desak Made Citrawathi, M.Kes
ISBN : 978-602-262-368-7
Harga : Rp 41.800,00
Halaman : XII+76





Biologi Medik

Biologi Medik

Dra. Agnes Sri Harti, M.Si.
ISBN : 978-602-262-032-7
Harga : Rp 27.800,00
Halaman : VIII+58

Sinopsis :
Biologi Medik

"Biologi adalah kajian tentang kehidupan. Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada tingkat gen, tingkat jenis, dan tingkat ekosistem yang dijumpai di permukaan bumi. Dalam perkembangannya sebagai ilmu pengetahuan, biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang membawa manfaat besar bagi kesejahteraan manusia. Biologi medik merupakan cabang ilmu biologi dalam lingkup kesehatan yang bersifat multidisplin ilmu meliputi biologi sel, biokimia dan genetika. Materi kajian utama biologi medis adalah pembahasan tentang struktur, fungsi dan reproduktif sel ditinjau dari tingkat molekuler. Akibatnya seringkali terjadi tumpang tindih di antara materi-materi yang dibahas sehingga diperlukan batasan untuk pemisahannya. Sebagai contoh reaksi metabolisme yang diatur oleh pengaruh konsentrasi reaksi dan produk merupakan materi kajian biokimia; struktur komponen sel dipelajari dalam lingkup biologi sel; komponen dan proses replikasi DNA dipelajari dalam genetika. Namun reaksi biokimia merupakan reaksi katalisis oleh sistem enzim yang mengalami perubahan struktur; keterkaitan dalam struktur dan fungsi molekuler di dalam sel serta proses genetika secara molekuler yang melibatkan berbagai macam enzim beserta fungsinya maka dipelajari dalam lingkup biologi molekuler.
   Meskipun biologi medik khususnya biologi molekuler sebagai cabang ilmu pengetahuan terhitung relatif baru, namun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat semenjak tiga dasawarsa lalu. Perkembangan ini terjadi ketika berbagai sistem biologi khususnya mekanisme alih info hayati pada bakteri dan bakteriofag terungkap. Diawali dengan penemuan struktur double helix DNA oleh Watson dan Crick serta perkembangan Human Genom Project maka semakin banyak dipelajari dan dilakukan riset ilmiah, antara lain berkembangnya teknologi rekombinan DNA atau rekayasa genetika pada tahun 1970 an yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan biologi molekuler. Di dalam bidang kesehatan maka biologi molekuler memberik dampak pada ilmu pre-klinik seperti genetika, histologi, embriologi, fisiologi, mikrobiologi, parasitologi, patologi, imunologi dan farmakologi.
 Mekanisme di tingkat molekular merupakan kunci penting dalam membuka banyak misteri yang belum terungkap, seperti mengungkap fungsi gen terkait onset penyakit genetis, interaksi pemaparan nutrisi yang tepat dalam metabolisme gen target, atau identifikasi hubungan evolusi genetis, identifikasi DNA forensik dan kelainan genetik. Analisis biologi molekular diperlukan untuk mempermudah memahami mekanisme molekular termasuk mengidentifikasi gen, DNA finger printing, ekspresi & eksplorasi protein/enzim, serta menganalisis fungsi gen dan protein. Pada kenyataannya, berbagai teknik eksperimental baru yang terkait dengan manipulasi DNA menjadi landasan semakin berkembangnya biologi sel, genetika dan biologi molekuler untuk dipelajari.
         Pemahaman tentang biologi medik dalam lingkup kesehatan khususnya biologi sel dan genetika merupakan materi ini dalam buku ini. Oleh karena itu, besar harapan penulis semoga buku ini dapat bermanfaat pembaca dalam memahami tentang biologi sel dan genetika."





Biologi Sintesis Telur; Perspektif Fisiologi, Biokimia dan Molekuler Produksi Telur

Biologi Sintesis Telur; Perspektif Fisiologi, Biokimia dan Molekuler Produksi Telur

Andi Mushawwir, S.PT., M.P., Dr. Ir. Diding Latipudin, M.Si.
ISBN : 978-979-756-954-9
Harga : Rp 81.800,00
Halaman : XIV+168

Sinopsis :
Biologi Sintesis Telur; Perspektif Fisiologi, Biokimia dan Molekuler Produksi Telur

"Domestikasi Bangsa Burung (Aves) terutama species ayam, telah dan terus memberikan dampak kesejahteraan bagi manusia terutama dalam pemenuhan konsumsi protein dan peningkatan pendapatan.
Pengetahuan faktor lingkungan internal (biologi ayam) dan faktor dampak lingkungan eksternal  memegang peranan penting sebagai dasar dalam melakukan rekayasa guna meningkatkan performans ayam petelur. Penelitian terhadap rekayasa pakan dan lingkungan fisik dapat  diprediksikan dan diukur keberhasianya melalui fenomena fisiologik, biokimia dan molekuler sebagai respon biologi ayam tersebut.
Buku ini memaparkan aspek fisiologi, biokimia dan molekuler  produksi telur.  Agar mudah dalam memahami sintesis telur maka buku ini disajikan secara berurutan sesuai urutan biosintesis telur, termasuk  regulasi molekuler dalam sintesis nutrien telur,  molekuler visual transduksi, hingga aspek fisiologi, biokimia dan molekuler dampak faktor lingkungan  (temperatur, kelembaban, logam berat, ammonia).
Kehadiran buku ini mampu memberikan “knowledge” kepada para mahasiswa, dosen, peneliti dan praktisi yang terkait dengan bidang rekayasa biologis ayam petelur,  dengan demikian dapat menjadi sumber inspirasi dan  wawasan  dalam  memahami dan melakukan penelitian serta rakayasa produksi dengan baik sehingga dapat diimplementasikan dalam industri peternakan petelur.



Mikrobiologi Pertanian

Mikrobiologi Pertanian

Oetami Dwi Hajoeningtijas
ISBN : 978-979-756-840-5
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : XIV+198

Sinopsis :
Mikrobiologi Pertanian

Dunia mikroba merupakan kelompok organisme yang memiliki karakteristik unik. Secara ekologis, mikroba bersifat kosmopolitan, mereka dapat tumbuh di berbagai tempat, mulai dari tanah, air, udara, dan dalam tubuh organisme. Peranan mikroba bagi manusia memiliki dua sisi, di satu sisi mereka banyak merugikan, sebagai agen penyebab berbagai penyakit infeksi sehingga tidak sedikit menjadi mesin pembunuh populasi manusia, hewan, dan organisme lain; di sisi lain, mikroba banyak menguntungkan umat manusia.
Di bidang pertanian, Mikrobiologi Pertanian (Agricultural Microbiology) digunakan untuk tujuan memecahkan masalah-masalah praktis di bidang pertanian. Beberapa aspek mikroba di bidang pertanian meliputi hal-hal sebagai berikut: penyubur tanah, pembentukan humus, fiksasi nitrogen, dekomposer, pemacu pertumbuhan tanaman, dan kesehatan tanaman. Pada pengolahan hasil pertanian pun terdapat peran mikrobiologi pangan di dalamnya. Beberapa hal penting di atas akan dibahas dalam buku ini sehingga kita bisa memandang dunia mikroba dengan lebih arif dan bijaksana.




Genetika

Genetika

Agus Hery Susanto
ISBN : 978-979-756-716-3
Harga : Rp 176.800,00
Halaman : X+382

Sinopsis :
Genetika

Abad ke-21 antara lain ditandai dengan perkembangan yang luar biasa di bidang biologi molekuler berkat ditemukannya berbagai teknik manipulasi genetik atau lebih dikenal dengan istilah rekayasa genetika. Kita menyaksikan bahwa paling tidak semenjak tiga dasawarsa terakhir ini konstruksi organisme transgenik dan penemuan berbagai teknik molekuler baru telah terjadi begitu cepatnya, mewarnai tulisan di jurnal-jurnal ilmiah hingga berita populer di media massa. Meskipun demikian, pemahaman terhadap konsep molekuler akan menjadi lebih baik apabila dilandasi dengan pengetahuan yang baik pula tentang genetika klasik. Bertolak dari pemikiran inilah, maka buku teks Genetika ini disusun dengan menyajikan kisaran materi bahasan yang cukup luas, mulai dari genetika klasik hingga dasar-dasar genetika molekuler.
Bagian genetika klasik di dalam buku ini disajikan melalui uraian tentang dasar-dasar pewarisan Mendel, berangkai, rangkai kelamin dan penentuan jenis kelamin, perubahan jumlah dan struktur kromosom, pewarisan sitoplasmik, genetika kuantitatif, dan genetika populasi. Sementara itu, bagian yang membicarakan dasar-dasar genetika molekuler dapat dijumpai pada bab-bab tentang materi genetik, ekspresi gen, mutasi, genetika virus dan bakteri, dan dasar-dasar rekayasa genetika. Guna mendukung pemahaman konsep genetika secara keseluruhan juga diberikan penjelasan sekilas tentang genom organisme dan pembelahan sel sebagai pelaksanaan pewarisan sifat.
Buku ini terutama ditujukan penggunaannya sebagai buku ajar kuliah genetika bagi mahasiswa program studi S1 biologi dan rumpun disiplin ilmu-ilmu pertanian. Namun, melihat kemasannya yang sederhana buku ini juga dapat digunakan oleh khalayak umum yang berminat mempelajari pengetahuan dasar genetika. Di bagian belakang diberikan daftar istilah, yang terutama dimaksudkan untuk membantu pembaca umum dalam memahami pengertian istilah-istilah teknis tertentu.




Biologi Insekta Entomologi

Biologi Insekta Entomologi

H. Mochamad Hadi - Udi Tarwotjo - Rully Rahadian
ISBN : 978-979-756-464-3
Harga : Rp 78.800,00
Halaman : xii+162

Sinopsis :
Biologi Insekta Entomologi

Biologi Insekta atau Entomologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari hal ihwal serangga, dari struktur morfologi, anatomi, fisiologi, reproduksi dan siklus hidup serangga. Juga mempelajari tentang serangga fitofagus, serangga entomofaga dan patogen serangga. Di samping itu juga mempelajari tingkah laku serangga, klasifikasi serangga dan juga ekologi serangga. Biologi Insekta juga mempelajari ketahanan tumbuhan terhadap serangga serta penyerbukan tumbuhan oleh serangga. Peranan pokok bahasan-pokok bahasan tersebut sering dipakai dalam mempelajari serangga bidang biologi, bidang kesehatan, bidang pertanian, bidang peternakan, bidang kehutanan dan lain sebagainya. Peranan serangga telah dikembangkan sebagai jasad yang secara langsung atau secara tidak langsung mempengaruhi kestabilan ekosistem alami maupun ekosistem binaan, mengingat serangga adalah jasad hidup yang paling banyak jumlahnya dan paling besar keanekaragamannya. Serangga adalah jasad hidup yang dapat dijumpai di hampir semua habitat, di lingkungan yang sangat dekat dengan manusia. Pemanfaatan serangga sebagai parameter alami atau indikator alami terhadap perubahan yang terjadi di dalam lingkungan telah banyak digunakan, khususnya tingkat kualitas lingkungan. Dalam buku ini, dikemukakan beberapa hal baru antara lain perilaku serangga, ketahanan tumbuhan terhadap serangga, penyerbukan tumbuhan oleh serangga. Diharapkan, uraian dalam buku ini akan dapat membantu memecahkan permasalahan di lingkungan yang semakin rumit dan pelik dewasa ini. Penggunaan serangga untuk mengatasi berbagai permasalahan lingkungan dipakai sebagai salah satu alternatif karena bersifat aman, akrab dan ramah lingkungan.




Biologi Sel

Biologi Sel

Sumadi - Aditya Marianti
ISBN : 978-979-756-264-9
Harga : Rp 99.800,00
Halaman : XII+208

Sinopsis :
Biologi Sel

Seiring dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi di bidang Biologi (Bioteknologi) maka pengetahuan tentang sel akan sangat diperlukan. Rekayasa Biologi memerlukan pemahaman tentang sel dan segala seluk beluknya secara tuntas. Buku Biologi Sel ini merupakan salah satu jawaban untuk memahami sel beserta isi dan organel-organelnya yang meliputi struktur dan fungsinya, serta segala sesuatu yang berkenaan dengan sel tersebut. Pembahasan dalam buku ini disajikan secara sederhana, dengan bahasa yang mudah dipahami dan runtut. Pembahasan materi meliputi: Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik Lingkungan Eksternal Sel Dinding Sel Membran Plasma Badan Mikro Mitokondria Kloroplas Retikulum Endoplasma Aparatus Golgi Lisosom Ribosom Sitoskelet Inti Sel Siklus hidup Sel


SILAKAN HUBUNGI KAMI MELALUI EMAIL ATAU KONTAK YANG TERSEDIA UNTUK MENDAPATKAN DAFTAR BUKU BIOLOGI ATAU KATALOG BUKU BIOLOGI LEBIH LENGKAP. TERIMA KASIH

0 Response to "Daftar Lengkap Buku Biologi"

Posting Komentar