Daftar Buku Teknik Transportasi dan Telekomunikasi

Daftar Buku Teknik Transportasi dan  Telekomunikasi


Perencanaan Sistem Transportasi Publik

Perencanaan Sistem Transportasi Publik

Sakti Adji Adisasmita, Ir., M. Si., M. Eng., Sc.,
ISBN : 978-602-262-489-9
Harga : Rp 52.800,00
Halaman : X+98

Sinopsis :
Perencanaan Sistem Transportasi Publik
Jumlah penduduk perkotaan meningkat cukup tinggi, demikian pula jumlah kendaraan bermotor. Namun panjang jalan perkotaan tak juga bertambah. Hal inilah yang memicu padatnya arus lalu-lintas, bahkan menimbulkan kemacetan. Untuk mengatasinya, diharapkan penggunaan kendaraan pribadi dikurangi dan lebih meningkatkan penyelenggaraan transportasi publik perkotaan.
Transportasi publik perkotaan sebaiknya diupayakan secara efektif, berkapasitas dan berkualitas ke berbagai pusat kegiatan di daerah perkotaan. Secara efektif berarti mencapai sasaran yang telah direncanakan. Berkapasitas artinya fasilitas (prasarana dan sarana) transportasi publik yang disediakan cukup memenuhi kebutuhan. Berkualitas artinya dapat memberikan pelayanan jasa transportasi yang bermutu sesuai dengan keinginan pengguna jasa transportasi, yaitu lancar (cepat), selamat (aman), murah dan nyaman ke berbagai pusat kegiatan perkotaan— melayani secara merata ke berbagai bagian kota.  
Dalam buku ini, penulis mencoba untuk menjelaskan bagaimana menyelenggarakan sistem transportasi publik, seperti Bus Rapid Transit (BRT), Mass Rapid Transit (MRT), Monorail, Light Rapid Transit (LRT), Trem, ataupun transportasi publik lainnya, dengan melakukan beberapa tahapan, yaitu: (1) Tahap Perencanaan I: Analisis Pendahuluan; (2) Tahap Perencanaan II: Struktur Sistem BRT; (3) Tahap Perencanaan III: Komunikasi, Layanan Pelanggan dan Pemasaran; (4) Tahap Perencanaan IV: Rekayasa dan Desain; (5) Tahap Perencanaan V: Teknologi dan Perangkatnya; (6) Tahap Perencanaan VI: Integrasi Moda; dan (7) Tahap Perencanaan VII: Rencana Untuk Implementasi.


Analisis Kebutuhan Transportasi

Analisis Kebutuhan Transportasi

Rahardjo Adisasmita, Prof., Dr., M.Ec
ISBN : 978-602-262-394-6
Harga : Rp 92.800,00
Halaman : XIV+186

Sinopsis :
Kebutuhan trasnportasi (sisi permintaan) terus meningkat seiring pertambahan jumlah penduduk, harus diimbangi oleh kapasitas fasilitas (sarana dan prasarana) trasnportasi (sisi penawaran) yang mencukupi. Tidak boleh kelebihan atau kekurangan karena keduanya akan mengakibatkan dampak negatif terhadap kegiatan pelayanan transportasi yang efektif dan efisien.
Pembahasan kebutuhan transportasi sangat luas aspeknya, di antaranya: (1) konsolidasi (lalu-lintas), (2) pengaruh penawaran dan permintaan atas out-put dan harga, (3) kebijakan tarif angkutan, (4) perencanaan program investasi dan keprasaranaan (5) kebijakan pembangunan transportasi dan (6) pembangunan transportasi jalan, laut, dan udara, transportasi perkotaan, transportasi pedesaan, dan transportasi massa depan. Transportasi berfungsi sangat penting, yaitu sebagai fasilitas penunjang perekonomian dan pendorong pembangunan (membuka daeragh baru, melayani daerah terisolasi, terpencil, tertinggal dan daerah perbatasan.
Ada lima komponen transportasi, yaitu: pengguna jasa transportasi (user), perusahaan pengangkutan (operator), tenaga kerja/SDM (labour), pemerintah (regulator), dan masyarakat (public).



Perencanaan dan Pemodelan Transportasi

Perencanaan dan Pemodelan Transportasi

Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T.
ISBN : 978-602-262-302-1
Harga : Rp 69.800,00
Halaman : X+104

Sinopsis :
Seiring semakin meningkatnya pergerakan manusia dan barang, kemacetan dan pemasalahan lain yang mengikutinya juga meningkat. Buku ini bisa memberikan gambaran bagaimana pola pergerakan meningkat seiring peningkatan kebutuhan manusia. Dalam menyikapi peningkatan pergerakan yang sering menimbulkan masalah karena keterbatasan prasarana dan sarana transportasi yang ada, maka perencanaan transportasi diperlukan. Dengan perencanaan transportasi yang tepat, berbagai pemecahan masalah yang ada dilakukan.
Di sini fungsi dan peran pemodelan dalam perencanaan transportasi juga digambarkan. Bagaimana memformulasikan dan memvisualisasikan pemasalahan yang sedemikian kompleks tersebut dalam suatu rumusan matematis atau bentuk visual. Pemodelan merupakan peyederhanaan dari realitas di lapangan yang digunakan untuk merumuskan kebijakan penanganan permasalahan transportasi dengan beberapa skenario kebijakan yang diambil. Bagaimana proses pemodelan itu dilakukan, menguji tingkat akurasinya, serta alat bantu apa yang bisa digunakan juga diulas dalam buku ini.
Buku ini menjelaskan juga beberapa alat bantu yang bisa digunakan untuk mempercepat proses perencanaan yang dilakukan dengan menggunakan pemodelan. Masing-masing alat bantu tersebut dengan spesifikasi dan penggunaannya per kasus permasalahan yang ada. Terakhir diberikan contoh gambaran penggunaan pemodelan transportasi sebagai bagian dari perencanaan dalam memecahkan permasalahan transpotasi angkutan barang di suatu daerah.


Transportasi Komprehensif dan Multi Moda

Transportasi Komprehensif dan Multi Moda

Sakti Adji Adisasmita, Ir., M. Si., M. Eng., Sc.,
ISBN : 978-602-262-232-1
Harga : Rp 64.800,00
Halaman : X+154

Sinopsis :
Jaringan prasarana transportasi (trayek, dan rute), terminal (terminal angkutan darat, pelabuhan, dan bandar udara), sarana transportasi (kendaraan bermotor, kapal laut, dan pesawat udara), dan muatan (manusia dan barang) merupakan unsur fundamental transportasi. Jaringan transportasi komprehensif yang didukung oleh tersedianya prasarana dan sarana transportasi harus diselenggarakan ke seluruh pelosok tanah air, yang menghubungkan antar pulau, antar wilayah/daerah, antar kota, antar tata ruang yang tersebar, melalui jaringan transportasi darat, laut, dan udara.
Sistem transportasi komprehensif harus didukung oleh Sistem Transportasi Antar Moda (STAM)/Multi Moda (STMM) yang mengupayakan terjadinya peralihan barang dari suatu wilayah ke wilayah lain melalui terminal/pelabuhan/bandar udara, secara lancar dan aman untuk menyediakan pelayanan transportasi dari pintu ke pintu (door to door transportation service). Untuk mewujudkan Sistem Transportasi Komprehensif dan Sistem Transportasi Antar Moda/Multi Moda yang terkonsolidasi dan terintegrasi dibutuhkan perumusan kebijakan dan penyusunan rencana pembangunan transportasi yang komprehensif, terarah, dinamis, dan berwawasan masa depan, diperlukan tersedianya sumber daya manusia yang berkapasitas dan berkemampuan tinggi, yang didukung oleh peraturan perundangan dan iklim investasi dan usaha/berusaha yang kondusif dan favorable, serta penguatan kelembagaan dalam arti luas.



Tatanan Bandar Udara Nasional

Tatanan Bandar Udara Nasional

Sakti Adji Adisasmita, Ir., M. Si., M. Eng., Sc.,
ISBN : 978-602-262-187-4
Harga : Rp 49.800,00
Halaman : XII+112

Sinopsis :
Dalam mengorganisasi tatanan bandar udara nasional, dibutuhkan banyak aspek, di antaranya aspek penetapan lokasi, penguasaan dan penggunaan lahan, perairan serta ruang udara di bandar udara, pelaksanaan kegiatan di bandar udara. Bertambahnya jumlah perusahaan penerbangan (operator) mendorong terjadinya persaingan usaha, berupa persaingan kualitas pelayanan dan tarif penerbangan. Dalam penyelenggaraan pelayanan bandar udara dilakukan berbagai upaya untuk menekan biaya opersional kebandarudraan yang disebut Low Cost Terminal (LCT). Penerbangan dan bandar udara telah berupaya menekan biaya operasionalnya untuk melayani permintaan jasa penerbangan dan jasa penerbangan yang menunjukan pertumbuhan yang makin pesat, tanpa mengurangi kualitas lingkungan.
Peningkatan kualitas dalam penyelenggaraan bandar udara dikaitkan dengan kelestarian lingkungan. Hal ini berarti mengurangi dampak negatif yang diakibatkan oleh degradasi lingkungan hidup, yaitu berupa pencemaran udara, pencemaran air dan suara bising (kebisingan) yang terjadi di bandar udara yang berakibat buruk terhadap kesehatan manusia dan menimbulkan suasana tidak nyaman. Untuk mewujudkan penyelenggaraan kebandarudaraan yang sehat, bersih, dan nyaman, telah diformulasikan konsep pengembangan bandar udara berwawasan lingkungan atau disebut eco-airport.



Manajemen Pembangunan Transportasi

Manajemen Pembangunan Transportasi

Rahardjo Adisasmita, Prof., Dr., M.Ec
ISBN : 978-602-262-147-8
Harga : Rp 59.800,00
Halaman : XII+156

Sinopsis :
Kebutuhan akan jasa transportasi semakin meningkat seiring dengan jumlah penduduk yang bertambah banyak dan pendapatan yang meningkat, akan mendorong peningkatan produksi barang kebutuhan masyarakat, lalu lintas pergerakan barang meningkat dan mobilitas penduduk meningkat pula. Penyelenggaraan pelayanan transportasi harus dikelola secara efektif dan efisien, agar supaya lancar, berkapasitas, selamat, dan nyaman.
Manajemen pembangunan transportasi sangat penting bukan hanya dirasakan intra moda dan antar moda, bahkan dirasakan pula secara lintas sektoral dan regional. Manajemen pembangunan transportasi yang efektif dan efisien meliputi berbagai dimensi utama, yaitu (1) tersedianya fasilitas transportasi dan sumberdaya manusia (pengelola dan pelaksana) yang berkapasitas, (2) kelembagaan yang kuat, (3) koordinasi internal dan eksternal yang mantap, (4) seluruh unsur dalam siklus manajemen (mulai dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring/pengendalian dan pengawasan), (5) kepemimpinan yang profesional, (6) pelaksanaan proses manajemen yang transparan dan akuntabel, dan (7) didukung oleh fasilitas penunjang dan pelengkap yang terkait.


Manajemen Pembangunan Transportasi

Mega City & Mega Airport

Sakti Adji Adisasmita, Ir., M. Si., M. Eng., Sc.,
ISBN : 978-979-756-997-6
Harga : Rp 73.800,00
Halaman : X+154

Sinopsis :
Kemajuan teknologi penerbangan berkembang sangat pesat yang ditunjukkan oleh peningkatan kecepatan (faster speed) dan perbesaran kapasitas angkut (bigger capacity). Telah diproduksi dan dioperasikan pesawat udara jumbo jet Airbus A-320 yang berkapasitas maksimum 800 tempat duduk dan berkecepatan mendekati kecepatan suara. Kegiatan arus lalu lintas penumpasng dan pesawat udara menunjukkan tingkat pertumbuhan yang sangat pesat, maka dibutuhkan bandar udara yang berkapasitas yang mampu melayani kegiatan lalu lintas transportasi udara masa depan yang efektif dan efisien.
Terdapat tantangan dan tuntutan untuk membangun bandar udara yang berkapasitas besar dan bertambah lebih besar seiring dengan pertumbuhan kegiatan transportasi udara. Bandar udara yang semakin bertambah besar cenderung menjadi Mega Airport. Mega Airport melayani lalu lintas penumpang udara dari dan menuju ke Kota Metropolitan (berpenduduk sekitar 10-15 juta jiwa) yang cenderung menjadi Megapolitan (sekitar 20 juta jiwa), dan bila bertambah lebih besar lagi maka akan menjadi Mega City.
Pada tahun 2000 terdapat tiga Kota Metropolitan di dunia, yaitu Beijing, Los Angeles dan Jakarta; lima Megapolitan, yaitu Tokyo, Shanghai, New York, Calcutta, dan Bombay; dan dua Mega City, yaitu Mexico City dan Sao Paulo.
Terbentuknya Mega City dan Mega Airport merupakan studi peramalan masa depan atau merupakan kajian futuristik, yaitu didasarkan pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), capaian hasil-hasil pembangunan selama ini, invensi, improvisasi, dan inovasi yang produktif.



Perencanaan Infrastuktur Transportasi Wilayah

Sakti Adji Adisasmita
ISBN : 978-979-756-848-1
Harga : Rp 74.800,00
Halaman : XII+156

Sinopsis :
Transportasi memiliki peranan dan fungsi yang sangat strategis dalam kehidupan masyarakat dan perkembangan pembangunan dari dahulu sampai sekarang dan masa depan. Keberhasilan kegiatan pelayanan transportasi memerlukan dukungan ketersediaan infrastruktur dan sarana transportasi. Infrastruktur transportasi meliputi jalan, pelabuhan laut (dermaga), dan bandar udara (landasan pacu/runway). Secara mikro, kegiatan transportasi diupayakan agar dapat trerselenggara secara menguntungkan bagi para operatornya. Secara makro, kegiatan sistem transportasi agar dapat diwujudkan secara efektif dan efisien.
Ketersediaan infrastruktur transportasi harus diupayakan secara mencukupi dan berkapasitas untuk melayani kebutuhan masyarakat, artinya bahwa penyediaannya berkeseimbangan dengan permintaan. Namun karena fungsi infrastruktur transportasi merupakan leading sector, yaitu sektor yang harus disediakan lebih dahulu (mendahului) dan mengingat bahwa kegiatan transportasi menunjukkan pertumbuhan yang sangat cepat, maka untuk mengantisipasi permintaan masa depan, penyediaan fasilitas infrastruktur selayaknya lebih besar dari kebutuhan/permintaan.
Dalam buku ini disajikan bahasan tentang fungsi dan peranan infrastruktur transportasi wilayah masing-masing sub sektor transportasi, transportasi darat (jalan), transportasi laut (dermaga pelabuhan), dan transportasi udara (landasan pacu/runway bandar udara), serta kebijakan pengembangan infrastruktur pedesaan daerah tertinggal dan strategi pembangunan infrastruktur transportasi nasional dan regional.
Dapat dikatakan bahwa kata kunci dari infrastruktur transportasi wilayah adalah sebagai kekuatan pembentuk keberhasilan pembangunan (as a formative power of development).


Penerbangan dan Bandar Udara

Sakti Adji Adisasmita
ISBN : 978-979-756-838-2
Harga : Rp 88.800,00
Halaman : XII+184

Sinopsis :
Dewasa ini, jasa penerbangan telah menjadi kebutuhan masyarakat luas, bukan hanya masyarakat berpendapatan tinggi, tetapi dibutuhkan juga oleh masyarakat berpendapatan menengah dan rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan ketersediaan prasarana dan sarana fasilitas bandar udara yang memadai serta diperlukan perencanaan konfigurasi prasarana dan sarana bandar udara (susunan dan tata letaknya), perencanaan pembangunan bandar udara, dan peningkatan kapasitas pelayanan dalam perencanaan terminal bandar udara. Ciri (karakteristik) yang menonjol dalam penyelenggaraan pelayanan penerbangan dan bandar udara, yaitu (1) keselamatan (safety) dan (2) kualitas pelayanan (quality of service).
Penerbangan berfungsi sebagai jembatan udara yang menghubungkan ke seluruh bandar udara yang tersebar di berbagai negara dan benua. Persaingan dalam bisnis penerbangan sangat kompetitif sehingga mendorong diselenggarakannya tarif penerbangan murah (low cost carrier) dan pengoperasian terminal  murah (low cost terminal). Akhirnya, dapat dikatakan bahwa negara yang memiliki sistem penerbangan dan bandar udara yang efektif, efisien, dinamis, dan modern adalah negara yang kokoh dan maju serta diperhitungkan dalam interaksi dan percaturan internasional (global).



Teknologi HSDPA dan HSUPA dalam Sistem Komunikasi Nirkabel TD - SCDMA 3.5 G

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-602-262-418-9
Harga : Rp 109.800,00
Halaman : XX+216

Sinopsis :
TD-SCDMA adalah satu dari standar IMT-2000 yang disetujui lembaga ITU. Pada acara Olimpiade ke 29 di Peking- China, sistem yang dikembangkan oleh standar China/ CCSA berupa N-frekuensi TD-SCDMA DCH (sistem 3G) diuji coba secara komersil dengan sukses. Selanjutnya sesuai dengan tuntutan perkembangan yang membutuhkan laju transfer data lebih tinggi yang mendukung servis multimedia, jaringan TD-SCDMA telah berkembang ke versi ditingkatkan yaitu TD-SCDMA HSDPA/HSUPA.
Buku ini memberikan gambaran teknologi HSDPA dan HSUPA secara mendalam (merupakan sistem 3.5G), yang merupakan tulang punggung ke generasi komunikasi nirkabel 4G. Khusus untuk teknik OFDM dan CDMA sendiri, pembaca dapat mengacu ke buku karangan penulis yang telah terbit yaitu Perancangan Sistem OFDM, Teknik Komunikasi Canggih Masa Depan dan Sistem CDMA Berdasarkan Standar CDMA IS95 Untuk Alat Komunikasi Selular, untuk memperoleh deskripsi lebih utuh mengenai teknik terkait. Di samping itu pembaca juga dapat mengacu kepada buku karangan penulis Perencanaan dan Optimalisasi Teknologi HSPA dan LTE untuk melengkapi buku ini agar memperoleh pemahaman lebih lengkap mengenai teknologi HSPA dan aplikasinya dalam komunikasi nirkabel 4G. Buku ini membahas tentang Prinsip, Teknologi Dan Unjuk Kerja TD-SCDMA HSDPA/HSUPA, Penjadwalan Paket Dan Manajemen Paket Pada HSDPA, Kontrol Kongesi Lapisan Jaringan Transpor HSPA, Rancangan Penerima Dan Ekstensi Pemakai Banyak Ke MIMO HSDPA, Rancangan Jaringan Akses Radio HSPA.



Komputasi Kuantum; Teknologi Komputasi Masa Depan

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-602-262-284-0
Harga : Rp 69.800,00
Halaman : XII+132

Sinopsis :
Buku ini meyajikan materi teknik komputasi yang menarik dan merupakan teknologi abad mendatang, yaitu komputasi kuantum. Komputer klasik yang dikenal saat ini memiliki hambatan dalam hal kecepatan pemrosesan yang dibatasi oleh beberapa hukum fisika, sebaliknya teknologi kuantum melompat jauh ke depan memanfaatkan ”keadaan/state” atom-atom atau ion-ion yang unik, yang secara teoritis memberikan banyak kelebihan teknis yang tidak terdapat pada komputer klasik. Tidak hanya dalam aspek perangkat keras komputasi, tetapi juga dalam aspek pertukaran data/kuantum informasi dan aspek enkripsi /kriptografik atau kerahasiaan-keamanan data.
Buku ini membahas tentang Sirkuit Kuantum, Komputer Kuantum, dan Realisasi Fisik. Selain itu, penulis juga memberikan penjelasan secara mendalam mengenai aspek komputasi kuantum dari sisi teori yang melatar-belakangi dan memaparkan macam-macam sumber pembangkit keadaan data kuantum yang unik. Sajian buku ini mampu memberikan ilustrasi komputasi kuantum secara komprehensif dan mudah dipahami. Sedangkan aspek teknik pertukaran informasi atau komunikasi data kuantum akan dibahas pada buku lain yang berjudul ”Informasi Kuantum, Teknologi Komunikasi Data Masa Depan”. Untuk aspek kriptografik, pembaca dapat mengacu ke buku karangan penulis yang sudah terbit ”Pengantar Kriptografik Kuantum”.



Sistem Mobile 4G; Komunikasi Nirkabel Kecepatan Tinggi

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-602-262-274-1
Harga : Rp 84.800,00
Halaman : X+190

Sinopsis :
Teknologi 4G yang bersandar pada teknik LTE dan OFDM merupakan perkembangan terakhir teknologi komunikasi nirkabel saat ini. Teknologi aplikasi seperti komunikasi nirkabel selalu melibatkan banyak teknik didalamnya dan juga sistem perangkat lunak terkait sehingga standarisasi agar dapat diadopsi secara meluas selalu memerlukan waktu. Disamping keputusan teknis apakah akan kompatibel terhadap sistem lama seperti 2G dan 3G atau tidak, juga menjadi kendala besar secara teknis, karena sistem lama dari segi kecepatan transfer data jauh dibawah yang dibutuhkan teknologi 4G.
Buku ini memberikan gambaran teknologi generasi komunikasi nirkabel 4G dari segi perangkat kerasnya, yang menekankan pembahasan secara analitik /kuantitatif dan mendalam semua aspek teknik /metode penting yang diadopsi dalam sistem 4G. Cakupan pembahasan buku ini sangat penting bagi kalangan akademisi yang menekankan pemahaman teoritis sistem, disamping kalangan diluar akademisi yang ingin memahami secara mendalam prinsip kerja teknologi komunikasi nirkabel 4G dari sisi analitik.
Adapun isi buku ini mencakup: Komunikasi Nirkabel Kecepatan Tinggi: UWB, Pendeteksian Optimal Dan MMSE Untuk OFCDM Downlink, Pendeteksian Hibrida Untuk Sistem OFCDM, Arsitektur Ruang-Waktu-Frekuensi Lapisan Terkode, Transmisi Sub-Paket Untuk Sistem Hibrida ARQ.



Sistem Mobile 3G; Komunikasi Nirkabel Kecepatan Tinggi

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-602-262-244-4
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : XVI+216

Sinopsis :
Teknologi 3G yang bersandar pada teknik TD-CDMA merupakan awal perkembangan teknologi komunikasi nirkabel kecepatan tinggi. Teknologi aplikasi seperti komunikasi nirkabel selalu melibatkan banyak teknik di dalamnya dan juga sistem perangkat lunak terkait sehingga standardisasi agar dapat diadopsi secara meluas selalu memerlukan waktu. Di samping keputusan teknis apakah akan kompatibel terhadap sistem lama seperti 2G dan 2.5G, juga menjadi kendala dari sisi teknis, karena sistem lama dari segi kecepatan transfer data tergolong jauh di bawah yang dibutuhkan teknologi 3G.
Buku ini memberikan gambaran teknologi generasi komunikasi nirkabel 3G dari segi perangkat kerasnya, yang menekankan pembahasan secara analitik/kuantitatif dan mendalam semua aspek teknik /metode penting yang diadopsi dalam sistem 3G. Cakupan pembahasan buku ini sangat penting bagi kalangan akademisi yang menekankan pemahaman teoritis sistem, disamping kalangan diluar akademisi yang ingin memahami secara mendalam prinsip kerja teknologi komunikasi nirkabel 3G dari sisi analitik.
Adapun isi buku ini mencakup Komunikasi Nirkabel Kecepatan Tinggi: UWB, Penerima TD dengan Informasi Keadaan Kanal Ideal, Penerima TD dengan Estimasi Kanal Tidak Sempurna, Keragaman Antena Dengan QAM, QAM  untuk CDMA Kode Banyak Dengan Penghapusan Interferensi.



Perencanaan dan Optimalisasi Teknologi HSPA dan LTE dalam Sistem Komunikasi Wireless 4G

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-602-262-214-7
Harga : Rp 99.800,00
Halaman : XII+244

Sinopsis :
Komunikasi nirkabel telah menjadi salah satu bidang aplikasi sangat penting, yang tidak hanya untuk pemakaian khusus seperti lembaga pemerintah, tetapi juga pada banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari oleh masyarakat umum. Banyak sistem komunikasi terkini dibuat dari salah satu dua teknologi canggih yang dikenal OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) dan CDMA (code division multiple access). Kedua teknik ini merupakan dasar dalam sistem komunikasi nirkabel 4G yang mencakup HSPA dan LTE.
Buku pengantar ini memberikan gambaran garis besar kedua teknologi tersebut yang terkait dengan sistem HSPA dan LTE untuk komunikasi nirkabel 4G. Khusus untuk teknik OFDM dan CDMA sendiri, pembaca dapat mengacu ke buku karangan penulis yang telah terbit yaitu Perancangan Sistem OFDM; Teknik Komunikasi Canggih Masa Depan dan Sistem CDMA Berdasarkan Standar CDMA IS95 untuk Alat Komunikasi Selular, untuk memperoleh deskripsi lebih utuh.
Adapun isi buku ini mencakup antara lain :
Pengantar HSPA dan LTE   √
Perencanaan dan optimalisasi sistem HSPA √
Perencanaan dan optimalisasi sistem LTE √



Sistem CDMA Berdasarkan Standar CDMA IS95 Untuk Alat Komunikasi Selular

Saludin Muis
ISBN : 978-979-756-627-2
Harga : Rp 99.800,00
Halaman : XVI+208

Sinopsis :
Teknologi CDMA pada awalnya dirancang untuk komunikasi keperluan militer karena kemampuan yang menyangkut kerahasiaan data yang baik dimana informasi disebar dalam spektrum lebar dengan menggunakan kode Walsh dan kode PN di samping kekebalan terhadap jamming. Penerapan pada jaringan selular memiliki kelebihan dengan kemampuan soft handoff di mana pelayanan terhadap alat komunikasi selular dibagi dalam satuan sel-sel kecil yang memungkinkan secara teoritis pita frekuensi dapat dipakai kembali tanpa batas. Buku ini membahas secara garis besar sistem CDMA yang mengacu kepada standar IS-95 untuk jaringan komunikasi selular. Pembahasan meliputi 4 topik utama, yaitu: garis besar konsep CDMA, struktur komunikasi CDMA yang bersifat asimetris, teknik modulasi yang diterapkan pada sistem CDMA, dan rekayasa CDMA yang yang berkaitan dengan unjuk kerja. Disamping itu buku ini dilengkapi bab ke 5 yang membahas secara garis besar standar IS2000 yang merupakan kelanjutan dari standar IS95. Dengan demikian diharapkan buku ini mampu menyajikan secara lengkap pengetahuan dasar penting sistem CDMA selular kepada pembaca.



Sistem Selular WCDMA

Gatot Santoso
ISBN : 979-756-100-5
Harga : Rp 104.800,00
Halaman : XII + 220

Sinopsis :
Buku yang berisi tentang konsep dasar sistem selular WCDMA ini ditujukan bagi siapa saja yang ingin mendalami tentang sistem komunikasi spectral tersebar (spread spectrum ), khususnya sistem witeband code division multiple access (WCDMA). Buku ini berguna bagi mahsiswa Teknik Elektro yang mengambil mata kuliah dasar komunikasi dan teknik komunikasi atau sebagai sarana untuk menyusun tugas akhir. Namun tidak menutup kemungkinan bagi disiplin ilmu lain untuk mengembangkan sesuai dengan bidangnya berdasarkan konsep dasar yang terkandung di dalamnya.



Sistem Selular CDMA

Gatot Santoso
ISBN : 979-3289-42-2
Harga : Rp 116.800,00
Halaman : XII + 246


DAPATKAN DISKON HINGGA 30% UNTUK BUKU-BUKU TEKNIK TRANSPORTASI DAN TELEKOMUNIKASI INI DENGAN BERBELANJA DI TOKO ONLINE KAMI DI TOKOPEDIA.COM

SILAKAN KLIK DI :

0 Response to "Daftar Buku Teknik Transportasi dan Telekomunikasi"

Poskan Komentar