Daftar Buku Ekonomi Syariah

Daftar Buku Ekonomi Syariah

Berikut adalah Daftar Buku Ekonomi Syariah yang dapat anda pilih :

Falsifikasi Kebijakan Fiskal di Indonesia Perspektif Islam; Menemukan Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Keuangan Publik Sebagai Potret

Falsifikasi Kebijakan Fiskal di Indonesia Perspektif Islam; Menemukan Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Keuangan Publik Sebagai Potret Khazanah Kebijakan Fiskal Periode Klasik Islam

Minarni., S.E.I., M.Si.
ISBN : 978-602-262-398-4
Harga : Rp 79.800,00
Halaman : XII+164

Sinopsis :
Falsifikasi Kebijakan Fiskal di Indonesia Perspektif Islam; Menemukan Relevansi Pemikiran Ibnu Taimiyah Tentang Keuangan Publik Sebagai Potret Khazanah Kebijakan Fiskal Periode Klasik Islam

Kesejahteraan ekonomi akan selalu menjadi dambaan bangsa Indonesia. Dalam usaha mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan sosial, pemerintah Indonesia menjadikan kebijakan moneter dan fiskal sebagai senjata utama. Tentu saja kondisi yang ada saat ini sudah jauh lebih baik jika dibandingkan dengan masa  awal kemerdekaan. Namun, sepanjang guratan jejak kehidupan bangsa masih tidak sedikit kelompok masyarakat yang belum mampu menikmatinya secara layak.
Buku ini ditulis untuk mendiskusikan tema kesejahteraan ekonomi dari sudut pemikiran Islam klasik milik seorang ulama besar, Ibnu Taimiyah. Pemikiran beliau tentang keuangan publik disandingkan dengan “pemikiran” pengambil kebijakan fiskal di Indonesia sehingga diperoleh pembandingan yang logis dan berimbang. Melalui goresan pena beliau, Ibnu Taimiyah mengusahakan adanya transformasi sosial ke arah yang lebih baik. Berangkat dari kegelisahan akademik tentang kesejahteraan ekonomi di Indonesia, buku ini juga salah satu usaha transformasi sosial, mengingat Islam telah menawarkan pedoman umum solusi seluruh permasalahan manusia. Pada akhirnya, tergantung upaya manusia itu sendiri dalam memilih jalan hidupnya. Manusia hendaknya selalu ingat bahwa Allah Subhanahu Wa Ta’ala tidak pernah menyia-nyiakan usaha hamba-Nya.



Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah

Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah

Naf'an
ISBN : 978-602-262-272-7
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : XIV+184

Sinopsis :
Pembiayaan Musyarakah dan Mudharabah

Produk pembiayaan berbasis bagi hasil tidak efektif bagi bank karena berisiko tinggi, menimbulkan terjadinya asymmetric information dan administrative problem. Sedangkan bagi nasabah juga kurang efektif karena nasabah harus memberikan laporan keuangan setiap bulan, terlalu ribet dan merepotkan. Dari sisi efisiensi, produk pembiayaan bagi hasil merupakan produk mahal karena berisiko tinggi dan memerlukan biaya tinggi baik bagi bank maupun bagi nasabah sehingga bisa dikatakan bahwa produk pembiayaan bagi hasil tidak efisien. Terakhir, produk pembiayaan bagi hasil kurang menarik baik bagi nasabah maupun bagi bank sehingga susah untuk dipasarkan. Hal ini tercermin pada realitas yang ada bahwa produk pembiayaan bagi hasil kurang dominan pada bank syariah dibandingkan dengan produk murabahah. Dengan demikian, “pure produk pembiayaan bagi hasil tidak efektif dan efisien untuk diterapkan pada perbankan syariah modern”.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan salah satu buku berbahasa Indonesia yang membongkar konsep pembiayaan berbasis bagi hasil pada bank syariah dan sekaligus mencarikan solusi melalui redesign konsep pembiayaan musyarakah dan mudharabah pada bank syariah. Diharapkan melalui buku ini, akan menjadi trigger bagi para bankir, praktisi ekonomi syariah dan para akadimisi untuk melanjutkan inovasi produk pembiayaan berbasis bagi hasil yang merupakan ciri khas bank syariah di masa yang akan datang sehingga diharapkan pembiayaan berbasis bagi hasil menjadi dominan dan idola bagi bank syariah di masa depan.



Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah

Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah

Naf'an
ISBN : 978-602-262-200-0
Harga : Rp 114.800,00
Halaman : XII+276

Sinopsis :
Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah

Pada awal 1940-an, Joseph Schumpeter dalam bukunya berjudul Capitalism, Socialism and Democracy menyebutkan bahwa teori ekonomi modern telah memasuki masa-masa krisis. Pandangan yang sama juga dikemukakan oleh ekonom generasi 1950-an dan 60-an, seperti Daniel Bell dan Irving Kristol dalam buku The Crisis in Economic Theory. Karena itu, kini telah mencul gelombang kesadaran untuk menemukan dan menggunakan sistem ekonomi ”baru” yang membawa implikasi keadilan, pemerataan, kemakmuran secara komprehensif serta pencapaian tujuan-tujuan efisiensi. Konsep ekonomi baru tersebut dipandang sangat mendesak diwujudkan. Konstruksi  ekonomi tersebut dilakukan dengan analisis objektif terhadap keseluruhan format ekonomi kontemporer dengan pandangan yang jernih serta pendekatan  yang segar dan komprehensif.

Buku Ekonomi Makro; Tinjauan Ekonomi Syariah ini merupakan wujud pengembangan konsep Ekonomi Islam yang dianggap sebagai konsep pilihan untuk mewujudkan semua itu. Buku ini terdiri dari 15 bab yang dimulai dari Sejarah Ekonomi Makro, Konsep Sumber Daya dalam Ekonomi Islam, Analisis Kegiatan Ekonomi Klasik Keynes dan Masa Kini, Uang dalam Ekonomi Islam, Pandangan Para Ekonom Muslim Tentang Uang, Teori Permintaan Uang dalam Islam, Inflasi dalam Ekonomi Islam, Inflasi dan Pengangguran, Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi, Kebijakan Moneter Islami, Kebijakan Fiskal dan Distribusi Ekonomi dalam Islam, Pendapatan Nasional, Baitul Mal: Apbn dalam Perspektif Ekonomi Islam, Pertumbuhan dalam Ekonomi Pembangunan Islam dan Perdagangan Internasional dalam Literatur Islam. Buku ini disajikan dengan pendekatan komparasi antara konsep ekonomi konvensional dengan konsep ekonomi Islam sehingga pembaca bisa membandingkan perbedaan-perbedaan antara kedua konsep, serta bisa mencari celah untuk mengembangkan lebih lanjut konsep ekonomi Islam secara makro. Sehingga pantas jika sumbangan pemikiran ini sepatutnya disambut dengan hangat oleh umat muslim dan juga seluruh lapisan masyarakat yang telah lama merindukan terwujudnya kesejahteraan hakiki dalam hidup berekonomi.



Ekonomi Islam; Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam

Ekonomi Islam; Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam

Sumar'in, S.EI.,M.Si.
ISBN : 978-602-262-062-4
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : VIII+194

Sinopsis :
Ekonomi Islam; Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam

Hadirnya ekonomi Islam dimuka bumi bukanlah sebuah ilmu baru yang timbul oleh pemikiran dan buah karya manusia. Ekonomi islam sesungguhnya telah ada bersama hadirnya Islam di muka bumi, dalam hal ini konsep ekonomi dalam perspektif Islam menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari ajaran dan pedoman Islam itu sendiri. Ekonomi Islam telah diajarkan dan dipraktekkan oleh Rasulullah SAW sebagai pembawa risalah Islam. Karena bagaimanapun Islam dan ekonomi adalah sebuah bagian yang utuh yang tidak bisa dilepaskan. Sehingga didalamnya kajian ilmu ekonomi Islam tidak akan bisa dilepaskan antara kajian ekonomi normative yang diterjemahkan dalam ilmu ekonomi positif, perpaduan antara nilai normative dan teori ilmu positif merupakan body of Islamic economic itu sendiri.

Buku ini disusun secara umum dalam dua kategori besar yakni tentang Kajian tentang Fundamental Ekonomi Islam yang meliputi Bab I Konsep Dasar Ekonomi Islam, Bab 2 Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Bab 3 Mazhab Ekonomi dan Rancang Bangun Ekonomi Islam serta Bab 4 Perbandingan Sistem Ekonomi Dunia. Adapun bagian kedua yakni tentang kajian Ekonomi Mikro Islam secara lebih ekplisit. Yakni Bab 5 Teori Konsumsi dalam Perspektif Islam, Bab 6 Teori Permintaan Islami, Bab 7 Teori Penawaran Islami, Bab 8 Teori Produksi Islami dan Ba.b 9 Mekanisme Pasar Islami sebagai bab akhir dari tulisan ini.



Konsep Kelembagaan Bank Syariah

Konsep Kelembagaan Bank Syariah

Sumar'in, S.EI, M.S.I
ISBN : 978-979-756-888-7
Harga : Rp 62.800,00
Halaman : X+128

Sinopsis :
Konsep Kelembagaan Bank Syariah

Sesungguhnya embrio kemunculan Bank Islam (red: Syariah) sudah dimulai  pada tahun 1940-an, dengan dimulainya diskusi dan tulisan tentang gagasan keuangan yang berdasarkan bagi hasil. Setidaknya ditemukan beberapa penulis awal tetang konsep keuangan berbasis bagi hasil dan mencoba menghilangkan praktik bunga di antara lain Anwar Qureshi (1946), Naiem Siddiqi (1948) dan Mahmud Ahmad (1952). Uraian dan ide yang lebih terperinci mengenai gagasan mengenai perbankan Islam dilanjutkan oleh ulama besar Pakistan, yakni Abul A'la Al-Mawdudi (1961) serta Muhammad Hamidullah (1944-1962)

Lahirnya Bank Syariah sebagai sebuah institusi bisnis yang menjadikan system dan mekanisme operasional berdasarkan nilai dan prinsip islam, mengacu kepada ketentuan-ketentuan Al-Qur'an dan Hadits. Merupakan sebauh konsekwensi dari sebuah pemahanan utuh tentang Islam itu sendiri yang merupakan ajaran komperhensif dan universal dalam kehidupan manusia.

Atas dasar ini bagi para praktisi maupun akademisi maupun para pengkaji bank syariah (mahasiswa) dituntut untuk mempunyai pemahaman yang luas dan menyeluruh tentang Islam maupun bank Syariah. Untuk itu kajian tetang, Islam dan ekonomi, prinsp transasksi dalam Islam, konsep riba, aspek  hukum bank syariah, peluang dan tantangan, maupun bentuk kelembagaan bank syariah yang terkait dengan produk dan pengembangan serta pola kelembagaan dan manajemen sangat  penting untuk terus dikaji dan diperdalam. Atas dasar itu pula buku ini berusaha untuk menjawab dan menjadi literature atas permasalahan dan tema kajian diatas.

Akhirnya buku ini merupakan salah satu referensi untuk melengkapi kebutuhan dalam pengkajian dan pengayaan pemahaman lembaga perbankan Syariah. Penulis berusaha untuk mendekatkan sebuah kajian filosofis normative menuju pendekatan empiric praktis yang menjadi tuntutan dan kebutuhan dalam pengembangan kelembagaan bank Syariah itu sendiri.



Akuntansi Perbankan Syariah

Akuntansi Perbankan Syariah

Osmad Muthaher
ISBN : 978-979-756-831-3
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : X+202

Sinopsis :
Akuntansi Perbankan Syariah

Buku ini membahas materi Akuntansi Perbankan Syariah yang disampaikan secara rinci disesuaikan dengan pedoman standar akuntansi yang berlaku disertai dengan gambar/alur produk-produk bank syariah sehingga memudahkan dalam memahami isi dari materi buku ini. Di samping itu juga disertakan contoh-contoh soal kasus dalam akuntansi perbankan syariah pada setiap akad-akad produk bank syariah sehingga memperjelas proses pencatatan, penyajian dan pelaporan akuntansinya. Buku ini juga bisa digunakan pembaca untuk memperdalam kemampuan akuntansi bank syariah sebagai bekal dalam menyongsong dunia kerja pada bank-bank syariah.



Lembaga Keuangan Mikro Syariah; Pergulatan Melawan Kemiskinan & Penetrasi Ekonomi Global

Lembaga Keuangan Mikro Syariah; Pergulatan Melawan Kemiskinan & Penetrasi Ekonomi Global

Muhammad
ISBN : 978-979-756-523-7
Harga : Rp 63.800,00
Halaman : x+130

Sinopsis :
Lembaga Keuangan Mikro Syariah; Pergulatan Melawan Kemiskinan & Penetrasi Ekonomi Global

Usaha ekonomi mikro telah menunjukkan potensi diri tampil sebagai pilar penyangga ekonomi nasional. Tapi tidak semua lembaga keuangan mikro memiliki concern yang serius dalam membantu pendanaan untuk survivalitas usaha. Kondisi ini diperparah krisis ekonomi dan keuangan global yang membawa efek domino secara langsung maupun tidak langsung terhadap kinerja lembaga keuangan bank. Akibatnya lembaga keuangan formal, bank, semakin ketat dalam menerapkan prinsip prudential banking system dan lebih selektif dalam mengucurkan dana pembiayaan, terutama bagi usaha sektor riil. Menyikapi realitas ini, lembaga keuangan mikro kecil seperti BMT dan sejenisnya tumbuh sebagai lembaga micro banking. Layanan lembaga keuangan mikro (LKM) ini secara de facto telah menunjukkan kemampuan untuk mengubah kondisi ekonomi masyarakat akar rumput (grass root) yang semula berorientasi konsumtif berubah menjadi produktif serta memiliki kebiasaan untuk menabung bahkan menyisihkan sebagian dari pendapatannya untuk dana IKS. Pada sisi lain, lembaga keuangan mikro turut berperan sebagai mediasi dalam menghimpun dan menyalur dana zakat, infak dan shadakah dari masyarakat sekitarnya. Buku ini menunjukan peran nyata BMT sebagai lembaga keuangan mikro mengubah mindset masyarakat. Lembaga ini memiliki mekanisme kontrol yang jelas terhadap masyarakat akar rumput yang menerima dan mengembangkan dana zakat baik untuk tujuan konsumtif maupun produktif. Sedangkan sebagai lembaga keuangan mikro yang menawarkan jasa keuangan bagi masyarakat akar rumput, LKM syari'ah memiliki sejumlah karakteristik dan mekanisme operasional yang berbeda dari lembaga keuangan pada umumnya.



Ekonomi Islam: Analisis Mikro & Makro

Ekonomi Islam: Analisis Mikro & Makro

Abdul Aziz
ISBN : 978-979-756-421-6
Harga : Rp 91.800,00
Halaman : xviii+186

Sinopsis :
Ekonomi Islam: Analisis Mikro & Makro

Buku ini ditulis terutama untuk pembaca yang sedang mempelajari ekonomi atau manajemen bisnis. Namun demikian, penulis melihat bahwa metode penelitian yang digunakan dalam bidang ekonomi atau manajemen bisnis tidak jauh berbeda dengan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh bidang ilmu sosial lainnya, misalkan di bidang ilmu sosial dan ilmu politik, psikologi, atau di bidang sosiologi. Oleh karenanya, buku ini dapat digunakan oleh para peneliti di bidang ekonomi, manajemen bisnis, atau ilmu sosial lainnya terutama yang menggunakan pendekatan perilaku (behavioral research). Beberapa contoh pendukung konsep dalam buku ini penulis kemukakan berupa kasus sosial, bukan kasus bisnis atau manajemen, misalkan contoh mengenai remaja nakal pada pembahasan penelitian exploratory pada Bab I. Buku ini dapat digunakan oleh pembaca pemula karena bersifat mendasar dan filosofis. Kelebihan buku ini adalah penulisan dan susunan buku yang berorientasi praktis, yaitu kemudahan dalam melakukan penelitian, tidak banyak teori atau konsep yang dikemukakan dalam buku ini, tetapi lebih banyak kepada pembahasan langkah-langkah dan teknik-teknik melakukan penelitian secara praktis. Selain itu, buku ini ditulis berdasarkan studi literatur yang luas



Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah

Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah

Muhammad
ISBN : 978-979-756-419-3
Harga : Rp 88.800,00
Halaman : XII + 184

Sinopsis :
Paradigma, Metodologi & Aplikasi Ekonomi Syari'ah

Nilai-nilai moral dan religius dalam sistem ekonomi konvensional sering kali tidak memiliki wibawa dan nilai apa-apa, bahkan dianggap sebagai rintangan untuk mencapai tujuan-tujuan dalam kegiatan ekonomi dan bisnis. Akibatnya, pembangunan ekonomi menghasilkan disorientasi nilai-nilai (moral dan religius), yang pada gilirannya menimbulkan depresi mental dan keterasingan diri. Fenomena ini memunculkan kekhawatiran secara luas dikalangan ilmuwan yang berhaluan kritis. Mereka menyerukan perlunya rekonstruksi ilmu ekonomi baik pada tataran paradigmatis maupun pada tataran praktik dengan pendekatan multiparadigma.

Buku yang ada di tangan pembaca ini merupakan karya yang tidak hanya mengelaborasi nestapa yang dimunculkan oleh kesalahan paradigma dalam ilmu ekonomi, tetapi juga menawarkan multiparadigma dalam merekonstruksi ilmu pengetahuan, seperti paradigma positivisme, paradigma Interpretivisme, paradigma kristisme, paradigma posmodernisme dan paradigma tauhid.
Paradigma yang disebut terakhir (Tauhid) merupakan formulasi sintesis dari berbagai sumber yang penulis didesain sedemikian rupa dalam menjadi sebuah paradigma dalam mengkonstruksi ilmu dan pengetahuan. Ia (tauhid) tidak lagi dipahami secara doktriner-normatif seperti yang terjadi selama ini, tetapi juga dapat diterjemahkan secara empiris-sosiologis dalam praktik ekonomi dan bisnis perbankan syari'ah. Dalam praktik ekonomi, tauhid memiliki kekuatan transformatif untuk mempengaruhi dan  mengubah cara pandang individu terhadap hakekat dan tujuan serta fungsi dari kegiatan ekonomi. Tauhid dalam karya ini ditempatkan sebagai kerangka dasar dan referensi nilai-nilai etika dan moral dalam merumuskan ilmu ekonomi dan  dalam praktik (pembangunan ekonomi). Buku yang ada dihadapan Anda  ini  memetakan persoalan keilmuan baik pada tataran ontologi, epistemologi, metodologi maupun aksiologinya sehingga diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahaman kepada akademisi (mahasiswa dan dosen), praktisi dan para peminat ilmu ekonomi syari'ah.



Lembaga Ekonomi Syariah

Lembaga Ekonomi Syariah

Muhammad
ISBN : 978-979-756-276-2
Harga : Rp 51.800,00
Halaman : VII+108

Sinopsis :
Lembaga Ekonomi Syariah

Lembaga Ekonomi Islam adalah salah satu keahlian yang diajarkan pada Program Studi Ekonomi Syari'ah. Buku Lembaga Ekonomi syariah ini adalah salah satu buku yang dapat dijadikan referensi.Buku ini terdiri dari delapan bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Dua fokus utama yang menjadi titik tekan pembahasan buku ini, yaitu lembaga ekonomi dan keuangan Islam, Bank dan lembaga ekonomi dan keuangan Islam non-Bank yang meliputi bait al mal, pegadaian syari'ah, asuransi syari'ah dan koperasi syari'ah. Semoga kehadiran buku ini dapat memberi nilai yang bermanfaat bagi pembaca yang budiman, terutama bagi mahasiswa jurusan ekonomi dan keuangan syari'ah.




Aspek Hukum dalam Muamalat

Aspek Hukum dalam Muamalat

Muhammad
ISBN : 978-979-756-249-6
Harga : Rp 82.800,00
Halaman : XII+172

Sinopsis :
Aspek Hukum dalam Muamalat

Buku ini terdiri dari sembilan bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Selain menyajikan kerangka definitif secara komparatif antara hukum Islam dan hukum Barat, perkembangan hukum Islam dalam konteks kehidupan komunitas masyarakat Muslim, buku ini juga membahas aspek hukum dalam perkembangan sosial ekonomi mutakhir seperti, perdagangan internasional, globalisasi ekonomi, perdagangan dan pertukaran mata uang, asuransi, zakat dan pajak. Pembahasan materi meliputi: Islam: Makna dan Kerangka Dasar Ajaran Hukum Islam dan Hukum Positif Sejarah Perkembangan Hukum Islam di Dunia Muslim Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam Bisnis dan Perdagangan dalam Islam Globalisasi Ekonomi dan Peran Ekonomi Islam Foreign Exchange (Pertukaran Mata Uang Asing) Bursa Efek dalam Ekonomi Islam Zakat dan Pajak



Prinsip-prinsip Ekonomi Islam
Prinsip-prinsip Ekonomi Islam
Muhammad
ISBN : 978-979-756-246-5
Harga : Rp 59.800,00
Halaman : VIII+124

Sinopsis :
Prinsip-prinsip Ekonomi Islam

Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam merupakan salah satu mata kuliah profesi yang diajarkan pada Program Studi Ekonomi Syari�ah. Buku ini ditulis dalam rangka memenuhi kekurangan dan kelangkaan referensi atau acuan dalam mempelajari mata kuliah dimaksud. Meskipun penyajian materi dalam buku ini sederhana, namun tetap mengacu pada pada substansi dan inti kurikulum dan silabis yang diajarkan untuk mata kuliah bersangkutan. Buku ini terdiri dari enam bab yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Bab pertama, menyajikan hakikat atau ontologi, konfigurasi dan azas-azas ekonomi Islam. Problematika ekonomi kontemporer yang diangkat dalam bab dua menyajikan beberapa sub bahasan meliputi problema paradigma keilmuan, problema ekonomi sebagai disiplin ilmu bebas nilai, problema ketimpangan sosial ekonomi antara negara. Pada bagian akhir bab ini mempresentasikan nilai-nilai Islam sebagai tawaran ke arah reorientasi ekonomi sejati. Bab tiga buku ini secara khusus membahas permasalahan aktual di seputar trend liberalisasi dan permasalahan ekonomi dengan sub bahasan berupa hakikat liberalisasi, isi liberalisasi dan implikasi terhadap ekonomi mikro. Bab empat menyajikan landasan Islam dalam pembangunan ekonomi yang terdiri dari landasan filosofis, landasan etika dan moral, landasan ekonomi dan bisnis dan landasan sosial. Dua bab terakhir yaitu bab lima dan bab enam menyoroti bagaimana nilai-nilai agama bisa memformat pembangunan ekonomi secara ideal. Secara khusus dalam bab enam menawarkan paradigma Islam dalam pemberdayaan ekonomi mikro.



Bank Syariah: Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia

Bank Syariah: Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia

Muhammad
ISBN : 979-756-084-4
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : XIV + 184

Sinopsis :
Bank Syariah: Problem dan Prospek Perkembangan di Indonesia

Para akademisi dan praktisi terus menerus melakukan eksplorasi dan eksplanasi tentang ekonomi dan perbankan syari’ah. Namun upaya-upaya intensif yang mereka persembahkan belum cukup memadai untuk memenuhi rasa ingin tahu (curiosity) masyarakat luas. Hal ini juga didasari oleh kenyataan bahwa, pertama, di¬siplin ilmu ekonomi dan perbankan syari’ah masih sangat baru sehingga literatur-literatur tentang ini masih sangat diperlukan, kedua, lingkungan dunia bisnis yang berbasis syari’ah saat ini semakin memperlihatkan jati dirinya. Hal mana ditandai dengan semakin tandasnya lembaga ekonomi syari’ah di tengah-tengah lingkungan ekonomi dan perbankan yang semakin kompetitif. Ketiga, minat praktisi dan akademisi semakin meningkat ditandai  dengan misalnya semakin banyak kalangan mahasiswa yang menaruh perhatian dalam mengkaji ekonomi dan bank syari’ah dalam lembar kerja akademik mereka.

Secara garis besar, buku ini mem¬berikan wawasan dan pemahaman kepadan pembaca seputar problem dan prospek bank syari’ah. Sebagaimana lazimnya bank-bank lain, bank syari’ah tidak lepas dari dua problem baik internal maupun eksternal. Yang pertama berhubungan erat dengan konsep-konsep, dan pendekatan dalam pengembangan bank syari’ah sampai problem sumber daya manusia. Sedangkan yang kedua terkait dengan tantangan yang dihadapi bank syari’ah di tengah-tengah gejolak persaingan antar bank yang semakin drastis dan kompetitif, seperti lingkungan ekonomi, sosial, politik, hukum/undang-undang, tek¬no¬logi, dan ekologi. Kebalikan dari itu, buku ini juga menyuguhkan fakta-fakta empiris yang memperlihatkan kinerja dan keunggulan serta komitmen bank syari’ah terutama dalam merealisasikan misinya sebagai lembaga ekonomi yang concern terhadap kalangan ekonomi menengah ke bawah dalam memberdayakan ekonomi mereka. Bagian akhir dari buku ini menyuguhkan pentingnya peran perguruan tinggi dalam pengembangan sumber daya manusia dan transformasi perbankan syari’ah.



Ekonomi Islam; Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional

Ekonomi Islam; Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional

Eko Suprayitno
ISBN : 979-756-019-2
Harga : Rp 123.800,00
Halaman : XVIII + 256

Untuk Daftar Buku Ekonomi Syariah lebih lengkap lainnya silakan hubungi kami untuk meminta katalog Daftar Buku Ekonomi Syariah lebih lengkap linnya melalui email atau kontak yang tersedia. terima kasih

3 Responses to "Daftar Buku Ekonomi Syariah"

  1. Terimakasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis yang bisa anda kunjungi di
    Pusat Studi Ekonomi Syariah

    BalasHapus
  2. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai ekonomi syariah
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai ekonomi syariah yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar ekonomi syariah

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Ekonomi Syariah.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Ekonomi syariah yang bisa anda kunjungi di Informasi Ekonomi Syariah

    BalasHapus