Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan

Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan 
Pengarang: Prof. Dr. H. Abdullah Idi, M.Ed.
Halaman: 384
Harga: Rp. 72.000

Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan 
Sosiologi pendidikan adalah  ilmu pengetahuan yang membahas proses interaksi sosial anak-anak melalui keluarga, masa sekolah sampai dewasa dengan kondisi-kondisi sosio-kultural yang terdapat di dalam masyarakat dan negara. Dalam prakteknya  sosiologi pendidikan sangat terkait erta dengan sekolah, khususnya sistem pendidikan dalam masyarakat, termasuk pengembangan pendidikan secara berkelanjutan. Sosiolog berpendapat bahwa struktur kekuasaan dan kebutuhan masyarakat individu menentukan arah pendidikan.

Konsep Sosiologi dapat lebih membantu memahami masalah pendidikan, sebab Sosiologi memiliki alat-alat dan teknik ilmiah untuk mempelajari pendidikan dan dapat memberikan sumbangan berharga kepada sistem pendidikan dalam masyarakat. Melalui analisis hubungan dan interaksi manusia dalam pendidikan, akan diperoleh prinsip-prinsip dan generalisasi hubungan manusia dalam sistem pendidikan.

Sosiologi pendidikan merupakan analisis ilmiah atas proses sosial dan pola-pola sosial yang terdapat dalam sistem pendidikan. Dengan demikian para pendidik diharapkan dapat mengenal sosiologi dan memanfaatkannya, walaupun ia bukanlah ahli sosiologi. Bagi seorang pendidik/guru, pengetahuan tentang perubahan sosial dan pendidikan serta  berbagai dinamika perubahan sosial diperlukan sebagai upaya antisipatif dan responsif terhadap perubahan tersebut yang diharapkan  berdampak positif dalam proses pembelajaran.

Buku Sosiologi Pendidikan ini memuat konsep-konsep sosiologis yang menjadi alat analisa bagi para pendidik/guru untuk memudahkan proses belajar mengajar dan pengembangan pendidikan.Â

Sasaran pembaca :
Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan 
Buku ini dianjurkan bagi dosen dan mahasiswa S1, S2 dan S3 di kalangan ilmu Pendidikan dan sangat bermanfaat bagi para praktisi pendidikan.

Sekilas penulis:
Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan 
Abdullah Idi (Prof. Dr., M.Ed, Drs.), lahir: Sempan (Bangka), 27/09/1965.  Sejak 1991, menjadi dosen tetap di Fakultas Tarbiyah IAIN Raden Fatah Palembang. Selain memberi kuliah di Program Pascasarjana IAIN Raden Fatah Palembang (2006-sekarang),  menjadi dosen Program Magister Administrasi Publik (MAP) STISIPOL Candradimuka (2006-sekarang); dan dosen Program  Pascasarjana (S2) Universitas PGRI Palembang (2007-sekarang). Pernah menjadi Pembantu Rektor III IAIN Raden Fatah Palembang (2003-2007), dan dipercaya menjadi Direktur MAP Stisipol Candradimuka Palembang (sejak 2008).

0 Response to "Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat, dan Pendidikan "

Poskan Komentar