DASAR-DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN

DASAR-DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN
DASAR-DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN 
Pengarang: MARTIN
Halaman: 176
Harga: Rp. 34.000

DASAR-DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN 
Dewasa ini perencanaan pendidikan telah berkembang menjadi disiplin ilmu pengetahuan. Jika dipandang dari sudut idiologi maka perencanaan pendidikan itu berbeda-beda, dan jika dipandang dari sudut metodologi, maka perencanaan pendidikan bersifat fleksibel dapat disesuaikan dengan sistem sosial dan taraf perkembangan yang berbeda-beda dari berbagai masyarakat yang ada. Konsep-konsep dan prinsip-prinsip perencanaan pendidikan bersifat universal dan applicable untuk setiap masyarakat.

Tugas pokok perencanaan pendidikan adalah menentukan keadaan yang sebaik-baiknya dari hubungan-hubungan internal dan eksternal sistem pendidikan untuk mencapai keseimbangan yang sebaik-baiknya dalam keadaan yang berubah secara dinamis dan mempengaruhi kearah perubahan yang diinginkan. Dalam rangka pandangan ini maka perencanaan pendidikan menjadi suatu keharusan bagi pembangunan bangsa dan negara.

Namun apakah sebenarnya perencanaan pendidikan itu? Bagaimana cara kerjanya? Masalah apa saja yang meliputinya? Apakah perencanaan pendidikan dapat diterapkan di sembarang tempat atau hanya di tempat tertentu saja ? Apa saja jenis-jenisnya dan pendekatan-pendekatan yang digunakan? Mengapa perlu dipelajari? Bagaimana masa depannya? Dapatkah perencanaan pendidikan yang berlaku saat ini mengatasi masalah besar yang timbul di kemudian hari yang akan dihadapi oleh berbagai sistem pendidikan? Kalau tidak, dengan cara apa perencanaan itu diperkuat?  dan lain sebagainya.

Kehadiran buku ini dimaksudkan untuk membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut di atas, meskipun pembaca tidak akan menemukan jawaban yang pasti dan meyakinkan atas pertanyaan tersebut, melainkan hanya sekedar jawaban sementara yang nantinya dapat diperbaiki.


0 Response to "DASAR-DASAR PERENCANAAN PENDIDIKAN "

Poskan Komentar