Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Teoritis dan Praktis)

Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Teoritis dan Praktis)
Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Teoritis dan Praktis)
Kategori : Buku Statistika dan Penelitian - Penelitian
Penulis : Paizaluddin, M.Pd.I. dan Ermalinda, M.Hu
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 284 Halaman
Berat Buku : 350 Gram
Harga : Rp 74.000
 
Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Teoritis dan Praktis)
Penelitian tindakan kelas (classroom action research) merupakan salah satu jenis penelitian dari berbagai jenis penelitian yang ada seperti penelitian eksperimen dan penelitian kualitatif. Namun, PTK merupa­kan jenis penelitian yang paling tepat dan strategis untuk perbaikan proses pembelajaran yang permasalahannya banyak dialami oleh para tenaga pendidik dan kependidikan. Oleh karena itu, jenis penelitian ini sangat tepat untuk dipahami dan diaplikasikan dalam upaya mengatasi masalah yang relevan bagi mereka, yang kesehariannya tidak lepas dari masalah di kelas atau proses pembelajaran.

Dengan membiasakan diri merespons permasalahan aktual yang muncul di lingkungan kerja dan adanya upaya untuk mengatasinya, niscaya akan mampu meningkatkan kualitas pendidikan, dan profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan akan lebih mudah tercapai.



Kegiatan penelitian sebenarnya sudah sering dilakukan oleh para peneliti, guru, serta tenaga kependidikan. Namun, hasilnya kurang dirasakan dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Hal tersebut terutama disebabkan permasalahan yang dijadikan fokus penelitian jarang diangkat dari kondisi nyata yang terjadi di kelas, kurang berkaitan langsung dengan sumber masalahnya. Peneliti kurang memahami bahwa itu masalah penelitian, atau kurang melakukan identifikasi masalah yang terjadi dan dirasakan sehari-hari oleh para guru di kelas. Permasalahan fokus penelitian itu terjadi, baik pada penelitian pendidikan yang dilakukan oleh institusi lembaga penelitian ataupun perorangan.

0 Response to "Penelitian Tindakan Kelas (Panduan Teoritis dan Praktis)"

Posting Komentar