Fisiologi Dan Aspek Klinis Cairan Tubuh dan Elektrolit

Fisiologi Dan Aspek Klinis Cairan Tubuh dan Elektrolit
Fisiologi Dan Aspek Klinis Cairan Tubuh dan Elektrolit
Rp 46,000.00

ISBN 978-602-1107-58-4
Ukuran : 16×23 cm, xviii+166 hlm
Tahun Terbit : 2015
Pengarang : dr. Hardisman, MHID, DrPH (Med)


Deskripsi Produk

Fisiologi dan aspek klinis cairan tubuh dan elektrolit erat kaitannya dengan hampir semua sub-disiplin Ilmu Kedokteran, terutama pada Ilmu Penyakit Dalam, Kesehatan Anak, Gawat Darurat, dan Kedokteran Perioperatif. Pemberian cairan pada saat emergensi dan pertimbangan pemberian makanan dan cairan pada perawatan merupakan kasus umum yang sering dijumpai yang sangat membutuhkan pemahaman bidang kajian ini. Oleh karena itu, setiap mahasiswa kedokteran, keperawatan ataupun kebidanan seyogyanya sejak dini perlu memahaminya dengan baik.
Lebih lanjut lagi, pemahamanan kajian ini menjadi dasar untuk penatalaksanaan kasus-kasus kritis pada gangguan keseimbangan elektrolit dan asam-basa. Sehingga pemahaman akan cairan dan elektrolit tubuh tidak hanya dibutuhkan oleh calon dokter layanan umum (layanan primer) dan perawat tapi juga oleh calon-calon dokter spesialis terkait. Pembahasan buku ini mencakup:
– Fisiologi, komposisi dan kebutuhan cairan dan elektrolit
– Fisiologi dan gangguan keseimbangan asam basa.
– Masalah syok, sepsis, gangguan keseimbangan elektrolit

Buku ini juga disertai dengan contoh-contoh soal pada setiap akhir bab yang dapat menjadi panduan belajar bagi mahasiswa.

Rekomendasi: “Pengetahuan dan pemahaman fisiologi dan aspek klinis cairan tubuh dan elektrolit menjadi salah satu landasan dalam melakukan penatalaksanaan berbagai gangguan klinis dan penyakit. Bahkan sebahagian besar adalah kondisi gawat darurat dan kasus-kasus kritis, seperti syok, dehidrasi dan ganguan keseimbangan elektrolit dan asam-basa. Namun pembahasan yang komprehensif dan terintegrasi pada pokok bahasan ini masih sangat jarang khususnya yang ditujukan bagi mahasiswa kedokteran dan profesi kesehatan lainnya. Buku ini menjadi salah satu rujukan yang sangat tepat dalam akademis dan aspek praktis” (dr. Nasman Puar, SpAn, Ketua Bagian Anestesiologi dan Terapi Intensif FK-Unand/ RSUP M Djamil Padang).

0 Response to "Fisiologi Dan Aspek Klinis Cairan Tubuh dan Elektrolit"

Posting Komentar