Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah ( Edisi Revisi )

Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah ( Edisi Revisi )
Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah ( Edisi Revisi )
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada dasarnya merupakan kegiatan nyata yang dilakukan guru dalam rangka memperbaiki mutu pembelajaran di kelasnya. Secara ringkas, PTK dimulai dari tahap perencanaan setelah ditemukannya masalah dalam pembelajaran, dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Guru memegang peranan yang sangat penting dan strategis dalam upaya membentuk watak bangsa dan mengembangkan potensi siswa dalam kerangka pembangunan pendidikan di lndonesia. Kehadiran guru hingga saat ini bahkan sampai akhir zaman nanti tidak akan pernah dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun. Oleh sebab itu, dalam melaksanakan tugas-tugas guru yang cukup komplek dan unik, diperlukan guru yang memiliki kemampuan yang maksimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dan diharapkan secara kontinyu guru dapat meningkatkan kompetensinya. 

Masalah pada PTK muncul dari kesadaran pada diri guru, yang harus diperbaiki dengan prakarsa perbaikan dari guru itu sendiri, bukan oleh orang dari luar. Dengan demikian, masalah dalam PTK berasal dari permasalahan nyata dan aktual yang terjadi dalam pembelajaran di kelas. Dengan kata lain, PTK berfokus pada masalah praktis bukan problem teoritis. PTK merupakan bagian penting dari upaya pengembangan profesinalisme guru, karena PTK mampu membelajarkan guru untuk berfikir kritis dan sistematis, mampu membiasakan guru untuk menulis, dan membuat catatan Tujuan utama Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di sekolah-sekolah yang berada dalam binaan pengawas sekolah. 

Kegiatan penelitian ini tidak saja bertujuan untuk memecahkan masalah, tetapi sekaligus mencari jawaban ilmiah mengapa hal tersebut dapat dipecahkan dengan tindakan yang dilakukan. Secara lebih rinci, tujuan Penelitian Tindakan Sekolah antara lain: meningkatkan mutu isi, masukan, proses, dan hasil pendidikan, manajemen dan pembelajaran, termasuk mutu guru, kepala sekolah, khususnya yang berkaitan dengan tugas profesional kepengawasan, di sekolah-sekolah yang menjadi binaannya. Meningkatkan kemampuan dan sikap profesional sebagai pengawas sekolah. Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan. Oleh karena itu, kepala sekolah dan guru perlu mempelajari bagaimana sistematika menyusun PTK dan PTS, guna meraih predikat pangkat dan golongan yang lebih baik. Hampir merupakan suatu kewajiban bagi guru dan kepala sekolah untuk mampu melakukan PTK dan PTS ini. Pada Edisi Revisi kali ini ditambahkan beberapa materi yang sangat penting dan diperlukan bagi kita semua sebagai guru atau pendidik.

Spesifikasi Buku:

JUDUL BUKU: Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah ( Edisi Revisi )
PENULIS: Drs. Daryanto
PENERBIT: Gava Media
ISBN: 978-602-5568-27-5
TAHUN: 2018
UKURAN: 16 X 23 cm
HALAMAN: xii + 306

Posting Komentar untuk "Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah ( Edisi Revisi )"