Daftar Lengkap Buku Kimia

Daftar Lengkap Buku Kimia


Berikut adalah Daftar Lengkap Buku Kimia yang dapat anda pilih :

English for Chemistry

English for Chemistry

Prof. I Wayan Subagia, Ph.D.
ISBN : 978-602-262-500-1
Harga : Rp 52.800,00
Halaman : X+98

Sinopsis :
English for Chemistry

Many people have difficulties in transforming their knowledge of chemistry in English. This book will help them to learn how to use English in a particular manner, such as describing chemicals, chemical apparatus, instructing laboratory activities, writing experiment proceddure, experiment journal, and experiment report. This book also provides several pedagogical principles in learning English, such as reading loudly, slowly, and clearly.

This book consists of seven sections, namely: Introduction, Basic English Skills, Chemicals, Chemical Apparatus, Laboratory Skills, Experiment Procedure, and Experiment Report. Tasks are also provided at the end of each section aiming at facilitating the readers to improve their English skill including reading, writting, speaking, and listening. These tasks can be used as a means of improving their knowledge of chemistry as well as their English.


Mengenal Antioksidan

Mengenal Antioksidan

Prasetya Ramadhan, S.Si.
ISBN : 978-602-262-485-1
Harga : Rp 48.800,00
Halaman : X+98

Sinopsis :
Mengenal Antioksidan

Radikal bebas sebenarnya terbentuk secara alami sebagai bagian dari proses metabolisme tubuh kita. Namun radikal bebas juga dapat dipengaruhi oleh faktor lingkungan, termasuk kebiasaan merokok, penggunaan pestisida pada makanan, polusi dan radiasi. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang mudah bereaksi dengan molekul penting dari tubuh kita, termasuk DNA, lemak dan protein. Bagaimana menangkal Radikal bebas yang kadang sulit untuk kita hindari dan tidak kita sadari tersebut ?
Radikal bebas yang terbentuk dalam tubuh dapat diminimalisir dengan adanya senyawa Antioksidan dalam tubuh kita. Senyawa Antioksidan memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas tanpa menjadi radikal bebas itu sendiri. Ketika antioksidan menetralkan radikal bebas dengan menerima atau menyumbangkan elektron, mereka tidak akan berubah menjadi radikal bebas dan tetap stabil. Dengan kata lain, antioksidan adalah zat kimia yang menawarkan elektron mereka sendiri ke radikal bebas, sehingga mencegah kerusakan sel. Dalam buku ini akan dibahas mengenai apa itu antioksidan, jenis-jenis senyawa antioksidan, manfaatnya bagi kesehatan serta sumber-sumber makanan potensial antioksidan. Buku ini dikemas dengan se-interaktif mungkin untuk memudahkan para pembaca dalam memahami penjelasan-penjelasan ilmiah yang mungkin sedikit sulit untuk dipahami.




Aroma Terapi; Tijauan Aspek Kimia Medisinal

Aroma Terapi; Tijauan Aspek Kimia Medisinal

Muchtaridi, Ph.D., Apt., Prof. Dr. Moelyono M.W, Apt.
ISBN : 978-602-262-452-3
Harga : Rp 55.800,00
Halaman : VIII+116

Sinopsis :
Aroma Terapi; Tijauan Aspek Kimia Medisinal

Aromaterapi merupakan salah satu alternatif pengobatan yang popularitasnya semakin meningkat, namun belum mempunyai keberadaan ilmiah di dunia kesehatan. Aromaterapi didefinisikan sebagai perlakuan dengan menggunakan bau-bauan atau wangi-wangian, biasanya minyak tumbuhan (essential oil), yang sering digunakan untuk pemijatan.
Awal 1999, penelitian tentang mekanisme kerja senyawa aroma baik secara farmakologi maupun secara kimia medisinal semakin ramai. Hal ini terjadi seiring dengan meningkatnya popularitas aromaterapi. Berbagai postulat mengenai bagaimana mekanisme kerja senyawa aroma hingga mempengaruhi tingkah laku objek yang menghirupnya telah dipublikasikan. Bagaimana senyawa itu bekerja pada sistem syaraf juga telah lama dikemukakan. Buku ini memuat bagaimana aromaterapi bekerja dalam persefektif kimia medisinal yang dikaji berdasarkan hasil-hasil penelitian, termasuk penelitian penulis. Isi buku ini juga memberikan pengetahuan lengkap tentang toksisitas dan beberpa formula umum dalam aromaterapi.




Bioetanol Generasi Kedua

Bioetanol Generasi Kedua

Megawati
ISBN : 978-602-262-440-0
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : XXII+190

Sinopsis :
Bioetanol Generasi Kedua

Melalui buku ini, pembaca akan memperoleh informasi tentang konsep bioetanol generasi kedua, bahan baku yang prospek sebagai bioetanol generasi kedua, proses pembuatan bioetanol generasi kedua; yang meliputi tahap persiapan bahan baku, perlakuan awal bahan baku, hidrolisis dan kinetikanya, fermentasi, distilasi, dan dehidrasi sampai etanol kadar absolut; serta perhitungan analisis ekonominya pada skala industri. Buku ini mengupas empat hal utama untuk apa bioetanol generasi keduadiproduksi, yaitu adanya krisis energi fosil, keberadaan gas buang CO2 yang semakin menumpuk di atmosfer sehingga terjadi pemanasan global, limbah organik berbasis lignoselulosa yang belum termanfaatkan dengan baik, yang mengakibatkan perusakan lingkungan, serta substitusi etanol dengan bensin terbukti dapat digunakan untuk mengurangi emisi gas berbahaya dan menaikkan kinerja mesin kendaraan bermotor. Sementara itu, untuk tahapan-tahapan penting pembuatan bioetanol generasi kedua meliputi pemilihan bahan baku, persiapan bahan baku, hidrolisis, fermentasi, distilasi, dan pemurnian. Buku ini banyak memberikan informasi tentang tahapan hidrolisis lignoselulosanya.
Gagasan untuk mempelajari mekanisme hidrolisis melalui konsep perpindahan massa dan kinetika reaksi bertujuan untuk mendesain reaktor hidrolisis, yang merupakan kunci utama perancangan pembuatan bioetanol generasi kedua. Sehingga, untuk mekanisme hidrolisis dengan asam encer sebagai katalis akan dipaparkan secara mendalam. Pada hidrolisis, polimer gula yang terdapat dalam bentuk lignoselulosa, yaitu saling berikatannya antara selulosa, hemiselulosa, dan lignin, akan dipecah-pecah menjadi monomer gula. Maka, rasio etanol per bahan baku sangat ditentukan oleh banyaknya gula hasil hidrolisis ini. Ironinya, pada proses hidrolisis ini, lignoselulosa tidak hanya dapat terdegradasi menjadi gula tetapi juga senyawa-senyawa kimia selain gula. Hal ini disebabkan karena gula yang dihasilkan dapat bereaksi lanjut menjadi senyawa lain. Juga, lignin dalam lignoselulosa dapat bereaksi menjadi senyawa kimia tertentu pada suhu serta jenis dan konsentrasi asam tertentu. Buku ini akan menyajikan beberapa laporan hasil penelitian yang pernah dilakukan tentang berbagai mekanisme hidrolisis dan hasilnya.




Kimia Kuantum Dasar

Dr. I Made Kirna, M.Si.
ISBN : 978-602-262-357-1
Harga : Rp 84.800,00
Halaman : XVI+158

Sinopsis :
Kimia Kuantum Dasar

Kimia Kuantum Dasar adalah salah satu matakuliah kelompok Kimia Fisika yang memberikan landasan untuk memahami aspek mikroskopis kimia. Citra sulit dari kajian Kimia Kuantum cukup beralasan karena Kimia Kuantum membahas tentang mekanika kuantum/mekanika gelombang yang dalam kebanyakan buku Kimia Fisika cenderung menampilkan kompleksitas matematika, sementara ide-ide dasarnya cukup tersembunyi. Paparan materi dipenuhi dengan simbol-simbol matematika yang menyebabkan sebagian pembelajar alergi sebelum benar-benar mencermatinya.

Buku ini mencoba membedah mekanika kuantum agar mudah dipahami ide dasarnya dan makna hasil-hasilnya. Strukturisasi materi mengacu pada perjalanan sejarah munculnya mekanika kuantum sehingga pembelajar bisa melihat benang merah dari konsep-konsep penting yang dikaji. Setiap terminologi diberikan penjelasan yang cukup dan didukung dengan visualisasi-visualisasi konseptual serta pemberian contoh-contoh kasusnya. Di bagian akhir dari paparan materi dicantumkan rangkuman untuk membantu pembelajar merefleksikan apa yang sudah dipelajari. Dengan sedapat mungkin mengeliminasi kompleksitas matematika dan memberikan penekanan pada pemahaman kualitatif.






Kimia Analitik

Ni Putu Sri Ayuni, S.Si., M.Sc., Ni Wayan Yuningrat
ISBN : 978-602-262-339-7
Harga : Rp 89.800,00
Halaman : XX+172

Sinopsis :
Kimia Analitik

Kimia analitik memegang peranan penting dalam segala aspek kehidupan seperti lingkungan, kedokteran, industri, pertanian, dan perikanan. Pemahaman dan penguasaan terhadap analisis kimia akan membantu kita untuk memperoleh data analisis yang teliti dan akurat. Beberapa hal yang dipaparkan dalam buku ini meliputi teori dasar analisis kualitatif, cara-cara melakukan analisis secara kualitatif, serta sistematika pembagian kation dan anion ke dalam golongan-golongannya. Selain itu, dalam buku ini juga dipaparkan berbagai sistem pemisahan yang dapat dilakukan baik secara sederhana (konvensional) maupun modern. Buku ini juga dilengkapi dengan soal-soal latihan yang dapat membantu para pembaca untuk lebih memahami analisis-analisis yang dilakukan baik secara kualitatif maupun analisis untuk memisahkan suatu analit yang diinginkan dari sampel.






Kinetika Reaksi Kimia dan Reaktor; Teori dan Soal Penyelesaian dengan SCILAB

Kusmiyati, S.T., M.T., Ph.D.
ISBN : 978-602-262-266-6
Harga : Rp 109.800,00
Halaman : XVI+220

Sinopsis :
Kinetika Reaksi Kimia dan Reaktor; Teori dan Soal Penyelesaian dengan SCILAB

Dalam industri kimia, ilmu kinetika kimia dan reaktor sangat penting karena proses pembentukan produk terjadi di dalam reaktor. Oleh karena itu, seorang process engineer harus mampu menguasai ilmu proses kimia dan reaktor. Buku ini bertujuan meningkatkan pemahaman pembaca tentang proses kimia, kinetika reaksi dan reaktor. Untuk mempermudah pemahaman tentang ilmu kinetika dan reaktor, penulis tidak hanya menyajikan teori, tetapi juga contoh soal dan penyelesaiannya. Buku ini lebih menekankan penyelesaian soal-soal disertai langkah-langkah penyelesaiannya. Perhitungan kinetika dan reaktor diselesaikan dengan pemrograman komputer, terutama dengan Software Scilab yang bisa diperoleh secara gratis sehingga perhitungan dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah.

Buku ini membahas reaksi kimia dalam berbagai reaktor kimia beserta penyelesaian numerisnya dengan menggunakan pemrogram komputer (scilab). Dengan banyaknya latihan soal dan penyelesaian yang diberikan, pembaca akan lebih cepat memahami tentang perhitungan laju reaksi dan perancangan reaktor kimia yang meliputi Reaktor Batch, Continuous Stirred Tank Reactor (CSTR), Plug-Flow Reactor (PFR), Fixed-Bed Reactor (FBR) dan Bioreaktor pada berbagai kondisi operasi.






Soal dan Pembahasan Redoks dan Elektrokimia

Dra. Desy Esther Prabowo
ISBN : 978-602-262-143-0
Harga : Rp 24.800,00
Halaman : VI+50

Sinopsis :
Soal dan Pembahasan Redoks dan Elektrokimia

Buku ini berisi kumpulan soal-soal tentang reaksi reduksi oksidasi (redoks) dan elektrokimia beserta pembahasannya, di antaranya berisi:
•Perkembangan konsep reduksi oksidasi serta penerapannya
•Perhitungan bilangan oksidasi dan penerapannya dalam reaksi redoks
•Penentuan reduktor, oksidator, hasil reduksi dan hasil oksidasi dalam reaksi redoks
•Penerapan konsep reaksi redoks dalam sel elektrokimia, yaitu sel volta dan sel elektrolisis disertai contoh nyata pemakaiannya dalam kehidupan sehari-hari.
Urutan soal-soal dalam buku ini disusun sedemikian rupa sehingga para pembaca dapat belajar dan berlatih; mulai dari teori dasar hingga pengerjaan soal-soal dari mudah ke sukar. Semoga buku ini bermanfaat.




Adsorpsi dan Katalisis Menggunakan Material Berbasis Clay

Dr. Is Fatimah, M.Si
ISBN : 978-602-262-127-0
Harga : Rp 78.800,00
Halaman : XIV+172

Sinopsis :
Adsorpsi dan Katalisis Menggunakan Material Berbasis Clay

Buku ini merupakan rangkuman dari penelaahan puluhan penelitian penting dalam bidang modifikasi Clay sebagai material katalis dan adsorben. Dengan latar belakang bahwa potensi sumber daya mineral Clay/lempung di Indonesia yang melimpah sementara pemanfaatannya dalam industri strategis belum banyak dieksplorasi, buku ini menyajikan rangkaian penelitian-penelitian modifikasi kimiawi Clay yang secara signifikan dapat diperankan dalam berbagai industri kimia maupun farmasi.
Penulis berharap buku ini dapat bermanfaat bagi setiap pembaca, khususnya di bidang kimia, teknik kimia, dan farmasi yang berkaitan dengan modifikasi Clay.




Intisari Konsep Kimia Dasar

Prof. Djulia Onggo, Ph. D.
ISBN : 978-602-262-046-4
Harga : Rp 29.800,00
Halaman : VIII+60

Sinopsis :
Intisari Konsep Kimia Dasar

Buku ini berisi informasi esensial bagi para pembaca yang memerlukan konsep kimia dasar. Konsep-konsep tersebut ditulis secara sederhana sehingga dapat dipahami secara jelas. Buku ini membahas lima topik utama yaitu Stoikiometri, Struktur Atom dan Tabel Periodik, Ikatan Kimia dan Struktur Molekul, Gaya Tarik Inter-molekul dan Wujud Zat serta Energetika Kimia. Setiap pembahasan disertai contoh soal dan soal latihan yang terintegrasi antar berbagai konsep, dengan tujuan mempertajam pemahaman konsep tersebut. Dengan memahami konsep kimia dasar yang tepat, diharapkan para pembaca dapat mengembangkan materi menjadi  cara penyelesaian untuk masalah kimia yang dihadapi.




Elektrokimia; Transformasi Energi Kimia-Listrik

Dr. Fitria Rahmawati,M. Si.
ISBN : 978-602-262-015-0
Harga : Rp 54.800,00
Halaman : XIV+106

Sinopsis :
Elektrokimia; Transformasi Energi Kimia-Listrik

Proses elektrokimia yang melibatkan reaksi reduksi-oksidasi telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, misalnya pada proses korosi, pelapisan logam, proses pemurnian logam, baterai, sel surya dan sebagainya. Terkait dengan isu global warming yang terutama disebabkan oleh emisi karbon yang sangat tinggi akibat mesin berbasis pembakaran (combustion engine) yang selama ini digunakan sebagai mesin konversi energi, maka upaya mendapatkan mesin konversi energi yang lebih bersih dan efisien semakin besar. Mesin berbasis elektrokimia merupakan pilihan yang sangat menjanjikan, karena bahan bakar dan driving force yang bisa memicu terjadinya konversi energi pada mesin berbasis elektrokimia lebih variatif. Selain itu, mesin berbasis elektrokimia ini juga memungkinkan penggunaan sumber daya alam yang melimpah, yang selama ini belum dimanfaatkan secara maksimal, seperti misalnya penggunaan sinar matahari untuk sel surya, air sebagai sumber bahan bakar hidrogen melalui proses elektrolisis atau fotoelektrolisis, penggunaan gas hidrogen sebagai bahan bakar fuel cells untuk menghasilkan listrik serta penggunaan berbagai macam sumber energi terbarukan pada fuel cells untuk menghasilkan listrik. Sementara itu, perkembangan yang luar biasa pesat dari perangkat-perangkat elektronik portable juga menuntut perkembangan yang pesat dalam riset-riset untuk mendapatkan baterai berdensitas daya tinggi, ringan massanya serta murah harganya. Dalam rangka mengikuti perkembangan-perkembangan tersebut, maka akademisi dan peneliti akan membutuhkan pengetahuan dasar tentang sistem elektrokimia.



Teknologi Fermentasi Edisi 2

Lieke Riadi, Prof., Ir., Ph.D
ISBN : 978-979-756-948-8
Harga : Rp 71.800,00
Halaman : VIII+150

Sinopsis :
Teknologi Fermentasi Edisi 2

Pada edisi kedua buku Teknologi Fermentasi ini, materi baru sudah ditambahkan, termasuk Fermentasi Bahan Pangan. Sudah banyak buku yang ditulis tentang fermentasi. Untuk melengkapi buku-buku tersebut, buku ini lebih fokus pada teknologi fermentasi dari proses hulu sampai hilir, dimulai dengan  pembuatan media sampai pada proses pengambilan produk, yang disertai sebuah aplikasi proses fermentasi untuk bahan pangan. Buku ini ditulis berbasis pembelajaran, sehingga terdapat soal-soal yang disampaikan dan contoh-contoh soal beserta penyelesaiannya.
Walaupun ditulis untuk mahasiswa strata-1, buku ini juga dapat digunakan sebagai referensi bagi mahasiswa pasca-sarjana.



Prinsip Pembangkitan Sinar Laser; Sebuah Pengantar Singkat untuk Kimia Laser

Saludin Muis, Dr., Ir., M. Kom
ISBN : 978-979-756-943-3
Harga : Rp 51.800,00
Halaman : X+104

Sinopsis :
Prinsip Pembangkitan Sinar Laser; Sebuah Pengantar Singkat untuk Kimia Laser

Foton laser adalah bahan paling penting dalam penelitian kimia laser, karena merupakan dasar kimia laser yang menyatukan deskripsi prinsip-prinsip laser dan radiasi laser. Buku ini mencoba merangkum prinsip-prinsip aksi laser dan parameter-parameternya yang dapat memberikan gambaran mengenai prinsip kerja pembangkitan sinar laser dalam praktek dari sudut pandang kimia laser.
Adapun isi buku ini antara lain :
Atom dan Molekul, dan Interaksinya Dengan Gelombang Cahaya   v
Dasar-Dasar Laser         v
Sistem -Sistem Laser         v
Prinsip Kimia Laser





Teknik Laboratorium Kimia Organik

Prof. Dr. HM Sanusi Ibrahim, Marham Sitorus, Drs., M.Si
ISBN : 978-979-756-925-9
Harga : Rp 67.800,00
Halaman : X+140

Sinopsis :
Teknik Laboratorium Kimia Organik

Aktivitas di Laboratorium Kimia Organik meliputi praktikum, penelitian dan tentu saja bergelut dengan berbagai bahan kimia dan peralatan baik peralatan gelas sederhana hingga yang modern (instrumen) elektronik. Dalam melakukan aktivitas di Laboratorium digunakan peralatan dan bahan kimia yang sifatnya belum kita pahami atau belum dikenal sama sekali. Bahan-bahan kimia tersebut dapat menimbulkan keracunan, kebakaran, ledakan atau bahaya-bahaya lain yang mungkin juga belum kita pahami. Dalam bekerja di laboratorium tentu saja kita mempunyai target atau tujuan, namun hendaknya untuk mencapai target tersebut keselamatan tidak kita abaikan. Dalam bekerja hendaknya kita punya motto: hasil didapat, diri selamat atau jangan mengorbankan diri demi target. Bila akan melakukan aktivitas di Laboratorium maka pengetahuan tentang bahan, cara mengoperasikan peralatan, manajemen Laboratorium dan keselamatan kerja adalah sesuatu yang mutlak dikuasai.




Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia

Dr. Marham Sitorus, M.Si, Dra. Ani Sutiani, M.Si
ISBN : 978-979-756-913-6
Harga : Rp 29.800,00
Halaman : XII+54

Sinopsis :
Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia

Dalam melakukan aktivitas di Laboratorium digunakan peralatan dan bahan kimia yang sifatnya belum kita pahami atau belum dikenal sama sekali. Bahan–bahan kimia tersebut dapat menimbulkan keracunan, kebakaran, ledakan  atau bahaya–bahaya lain yang mungkin juga belum kita pahami. Selanjutnya aspek – aspek manajemen dan pengelolaan Laboratorium khususnya laboratorium kimia juga tidak kalah pentingnya untuk diketahui khususnya bagi orang – orang yang terlibat dalam pengelolaan laboratorium. Bila akan melakukan aktivitas di Laboratorium maka pengetahuan tentang bahan, cara mengoperasikan peralatan, manajemen Laboratorium dan keselamatan kerja adalah sesuatu yang mutlak dikuasai.

Buku ini menyajikan secara sederhana namun konprehensip tentang hal – hal tersebut di atas yang meliputi: Manajemen Operasional Laboratorium; Penanganan Bahan Kimia dan Peralatan Gelas; Alat Keselamatan Laboratorium; Bahan Kimia Berbahaya; Interaksi Zat Beracun Dengan Tubuh; P3K Laboratorium; Penanganan Limbah Laboratorium.




Kinetika Kimia

Dr. Is Fatimah
ISBN : 978-979-756-919-8
Harga : Rp 96.800,00
Halaman : VIII+206

Sinopsis :
Kinetika Kimia

Kinetika Kimia adalah buku yang secara komprehensif menuntun pembaca mempelajari secara runtut prinsip-prinsip kinetika, pengertian dasar laju reaksi, orde reaksi dan konstanta laju reaksi, pembahasan mengenai beberapa model kinetika kimia, pengolahan data eksperimen untuk menentukan kinetika sebuah reaksi, teori tumbukan efektif, serta kinetika reaksi terkatalisis. Buku ini disusun dengan harapan dapat menjadi pegangan mahasiswa yang menempuh studi di Prorgam Studi Ilmu Kimia, Teknik Kimia, D3 analis kimia serta panduan penelitian berbasis kajian kinetika reaksi.





Pemodelan Molekul dalam Kimia Medisinal

Jutti Levita, Resmi Mustarichie
ISBN : 978-979-756-832-0
Harga : Rp 44.800,00
Halaman : VIII+90

Sinopsis :
Pemodelan Molekul dalam Kimia Medisinal

Sebagai upaya untuk membantu pembaca dalam memahami atau memprediksi sifat fisikokimia suatu senyawa bioaktif dan bagaimana senyawa tersebut berinteraksi dengan protein reseptor atau makromolekul lain maka buku yang berisi tentang pemodelan molekul akan sangat membantu.
Hadirnya buku ini akan berguna sekali bagi pembaca  yang sedang melakukan penelitian di bidang Kimia Medisinal, khususnya dalam Pemodelan Molekul. Di samping itu, buku ini juga sangat membantu staf pengajar dalam mengajarkan Kimia Medisinal. Pembaca yang memerlukan informasi lebih detail untuk aplikasi teknis dapat merujuk pustaka yang disitasi.
Untuk jangka panjang, buku praktis seperti ini dan buku-buku yang berkaitan dengan keilmuan Kimia Medisinal yang ditulis oleh penulis Indonesia akan sangat membantu program Perhimpunan Ahli Kimia Medisinal Indonesia (PERAKMI) dalam meningkatkan kompetensi staf pengajar dan peneliti di bidang terkait.




Stereokimia

Enny Fachriyah, Ismiyarto
ISBN : 978-979-756-816-0
Harga : Rp 63.800,00
Harga Jual Setelah Diskon : Rp.  55.700
Halaman : X+130

Sinopsis :
Stereokimia

Buku Stereokimia dimaksudkan membantu mhs program S1 untuk lebih mudah belajar stereokimia.
Buku ini membahas mengenai stereokimia statis dan dinamis. Stereokimia statis membahas mengenai bagaimana susunan atom atau gugus yang terikat pada atom karbon suatu molekul dalam ruang. Adapun stereokimia dinamis membahas perubahan susunan molekul yang terjadi karena reaksi kimia.
Pada stereokimia statis, susunan atom atau gugus yang terikat pada atom karbon digambarkan dalam proyeksi Fischer, Newman, dan Flying wedge. Dalam molekul monosakarida menggunakan proyeksi  Haworth. Dibahas juga senyawa dissimetri dan senyawa siklis serta bahan alam.




Dasar-Dasar Kimia Anorganik Transisi

Kristian H. Sugiyarto
ISBN : 978-979-756-793-4
Harga : Rp 136.800,00
Halaman : XXII+282

Sinopsis :
Dasar-Dasar Kimia Anorganik Transisi

Kehidupan umat manusia dengan sekelilingnya tak mungkin terhindar dari unsur –unsur dan senyawa kimianya. Secara sederhana unsur kimia dapat dikelompokkan menjadi logam dan non-logam. Besi, nikel, tembaga, perak, platina, dan emas adalah beberapa contoh unsur logam yang sangat umum telah dikenal dan dimanfaatkan oleh manusia sejak zaman kuno. Dalam perspektif ilmu kimia, logam diklasifikasi ke dalam logam “transisi” dan “non-transisi”, dan beberapa contoh tersebut termasuk kelompok logam transisi. Disebut demikian sebab kelompok ini berada dalam posisi “peralihan” dari kelompok logam non-transisi ke kelompok non-logam.
Logam transisi, jumlahnya kurang lebih separuh dari sekitar 115 jenis unsur yang telah dikenal; salah satu aspek kimiawi yang menonjol darinya adalah kemampuannya membentuk senyawa “kompleks” atau sering dikenal pula sebagai senyawa koordinasi, dan beberapa logam transisi merupakan unsur utama dalam kehidupan. Dalam tubuh manusia, unsur-unsur transisi ini membentuk senyawa kompleks dengan protein dalam berbagai metaloenzim yang berperan sebagai katalis. Heme dalam hemoglobin pengikat ion Fe2+, dan dalam vitamin B12 mengikat ion Co3+.  Kedua heme ini berfungsi sebagai pembawa oksigen dalam darah dengan mengikatnya di dalam senyawa kompleksnya dan melepaskan kembali ketika dibutuhkan.
Buku ini membahas sangat mendasar pembentukan senyawa kompleks, tatanama terbaru menurut IUPAC, bentuk isomer, dan teori yang menjelaskan sifat magnetik, warna, dan bangun geometrinya. Aspek stabilitas termodinamik-kinetik senyawa kompleks menambah kelengkapan buku ini. Meskipun porsi utama diberikan pada seri transisi (3)d, dibahas pula senyawa transisi “dalam” kelompok (4)f, sehingga buku ini memang layak menjadi sumber pengetahuan dalam Kimia Anorganik Transisi.




Teknik Spektroskopi; Untuk Elusidasi Struktur Molekul

Tri Panji
ISBN : 978-979-756-791-0
Harga : Rp 49.800,00
Halaman : X+102

Sinopsis :
Teknik Spektroskopi; Untuk Elusidasi Struktur Molekul

Elusidasi atau penentuan struktur senyawa organik dapat dilakukan dengan teknik spektroskopi. Teknik ini memanfaatkan jejak suatu molekul yang dikonversi menjadi sinyal listrik dan dicatat oleh suatu pencatat (recorder).
Buku ini menjelaskan secara ringkas analogi masing-masing jenis spektroskopi, bagaimana terjadinya jejak molekul dalam bentuk puncak-puncak dan bagaimana menginterpretasikan puncak-puncak tersebut untuk identifikasi struktur senyawa organik. Dengan memahami buku ini, para mahasiswa akan lebih mudah memahami teknik elusidasi struktur molekul, serta diharapkan akan dapat melakukan analisis struktur molekul berdasarkan data-data spektrum keempat jenis spektroskopi tersebut.
Perkembangan spektroskopi massa yang digabungkan dengan gas kromatografi (GC), yaitu GCMS, juga dibahas dalam teknik spektroskopi ini. Penjelasan secara ringkas dengan bahasa yang sederhana, disertai analogi masing-masing jenis spektroskopi, membedakan buku ini dengan buku lain yang sudah ada, terutama yang lebih terkesan sebagai buku terjemahan.





Teknologi Katalis untuk Konversi Energi; Fundamental dan Aplikasi

Istadi
ISBN : 978-979-756-734-7
Harga : Rp 72.800,00
Halaman : XII+148

Sinopsis :
Teknologi Katalis untuk Konversi Energi; Fundamental dan Aplikasi

Buku ini dapat digunakan sebagai Buku Pegangan untuk pembaca maupun praktisi di  bidang teknik dan sains. Beberapa pembahasan yang terkait dengan topik buku ini adalah Teknologi Katalis; Sistem Konversi Energi; dan Teknologi Reaktor Plasma. Buku ini berisi tentang
Dasar – dasar teknologi katalis (organisasi katalis, disain dan struktur katalis, metode pembuatan katalis, dan aktifasi katalis)
Dasar-dasar karakterisasi katalis
State of the art teknologi katalis dalam produksi biodiesel
Aplikasi teknologi katalis dalam konversi energi (studi kasus konversi sampah plastik menjadi bahan bakar)
Konsep dasar teknologi plasma untuk konversi energi
Konsep dasar teknologi plasma yang lengkap dapat dibaca di buku lain yang ditulis Penulis, yaitu: Hybrid Catalytic – Plasma Reactor Development For Energy Conversion (ISBN: 978-979-704-839-6, Penerbit: Badan Penerbit Undip)





Kimia Analisis Kuantitatif; Dasar Penguasaan Aspek Eksperimental
Didik Setiyo Widodo - Retno Ariadi Lusiana
ISBN : 978-979-756-662-3
Harga : Rp 97.800,00
Halaman : VIII+208

Sinopsis :
Kimia Analisis Kuantitatif; Dasar Penguasaan Aspek Eksperimental

Buku ini didesain untuk memberikan dasar eksperimental dalam tata kerja analisis kimia kuantitatif baik dari sisi kompetensi pemilihan, penggunaan alat-alat, dan penciptaan kenyamanan laboratorium. Pada bagian eksperimen diberikan teknik melakukan percobaan dan kupasan langkah demi langkah percobaan, antisipasi kemungkinan kesalahan dan dasar penghitungan kuantitatif, sehingga buku ini menjadi referensi dan dasar yang harus dikuasai. Penguasaan dasar ini diharapkan mampu memberikan landasan mengembangkan analisis kuantitatif konvensional maupun instrumental.





Kimia Organik Umum

Marham Sitorus
ISBN : 978-979-756-658-6
Harga : Rp 94.800,00
Halaman : X+202

Sinopsis :
Kimia Organik Umum

Secara umum senyawa organik adalah senyawa yang dihasilkan oleh mahluk hidup (organisme) melalui proses biosintesa, karena senyawa yang dapat disintesa dari senyawa anorganik sangat terbatas. Keragaman unsur penyusun senyawa organik relatif sederhana yaitu terdiri dari unsur utama Karbon (C) dan Hidrogen (H) yang dikenal sebagai hidrokarbon. Derivat hidrokarbon biasanya mengandung Oksigen (O), Nitrogen (N) , Fosfor (P), Sulfur (S) , halogen (X) dan beberapa metaloid pada senyawa organometal seperti Si, Al dan merupakan penciri suatu golongan senayawa organik yang dikenal dengan gugus fungsional. Gugus fungsional bertanggung jawab terhadap sifat fisik dan kimia (reaksi) suatu golongan senyawa organik. Dalam senyawa organik tidak berlaku kaedah identitas yaitu satu rumus molekul untuk satu struktur karena adanya fenomena berbagai isomer yaitu senyawa yang mempunyai rumus molekul sama tetapi strukturnya berbeda. Hal-hal yang berkaitan dengan gugus fungsional (penggolongan), sifat kimia dan fisika dan kimia, fenomena isomer untuk senyawa organik secara sederhana namun komprehensip dikemukakan dalam buku ini yang meliputi: ? Teori Struktur Molekul ? Alkana dan Sikloalkana ? Alkena dan Alkuna ? Alkohol dan Eter ? Aldehid dan Keton ? Senyawa Karboksilat dan Turunannya ? Senyawa Aromatis ? Teori Struktur Molekul ? Alkana dan Sikloalkana ? Alkena dan Alkuna ? Alkohol dan Eter ? Aldehid dan Keton ? Senyawa Karboksilat dan Turunannya ? Senyawa Aromatis




Strategi Pembelajaran Kimia

Retno Dwi Suyanti
ISBN : 978-979-756-644-9
Harga : Rp 99.800,00
Halaman : XII+208

Sinopsis :
Strategi Pembelajaran Kimia

Buku ini ditujukan kepada para guru, mahasiswa, dan pengelola pendidikan lainnya untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran di sekolah sebagaimana tuntutan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Buku ini dapat dikembangkan sesuai dengan filosofi kurikulum yang menekankan pembelajaran siswa aktif. Buku strategi pembelajaran ini merupakan salah satu referensi, untuk memberikan pemahaman yang lebih baik dalam melaksanakan Kurikulum Berbasis Kompetensi, yang pada dasarnya sekolah diberi keleluasaan dalam mengembangkan kurikulum dan proses pembelajaran sebagaimana diatur dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi.




Biokimia; Metabolisme & Bioenergitika

Yohanis Ngili
ISBN : 978-979-756-558-9
Harga : Rp 154.800,00
Halaman : xvi+328

Sinopsis :
Biokimia; Metabolisme & Bioenergitika

Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur, organisasi, dan fungsi materi hidup pada level molekul. Berbagai penemuan besar baik berupa discovery maupun invention di dunia saat ini dapat dilakukan setelah adanya akumulasi pengetahuan biokimia yang memadai tentang struktur dan fungsi biomolekul, sintesis asam nukleat, vitamin dan koenzim, mekanisme kerja enzim, reseptor, dan pengendalian metabolisme dan biokimia komparatif. Biokimia merupakan disiplin ilmu mandiri, dengan membatasi kajian pada struktur biomolekul dan reaksi yang dijalaninya, enzim dan mekanisme biokatalis, elusidasi jalur metabolisme dan pengendaliannya, serta prinsip dari proses-proses kehidupan yang dapat dipahami melalui hukum-hukum kimia. Oleh karena itu, untuk memahami peran biokimia dalam dalam ilmu biologi, maka diperlukan pemahaman yang dalam mengenai; unsur-unsur kimia penyusun biomolekul, struktur dan fungsi dari ribuan senyawa biomolekul, serta peran biomolekul dalam reaksi metabolisme termasuk stoikiometri dan mekanisme reksinya. Buku ini menyajikan pengetahuan praktis dan teoritis untuk memudahkan mahasiswa dan dosen memahami materi metabolisme dan bioenergitika. Buku Biokimia; Metabolisme dan Bioenergitika ini dapat digunakan sebagai buku referensi dalam mempelajari Biokimia pada tingkat dasar dan lanjutan. Isi Buku Biokimia ini yang meliputi Metabolisme dan Bioenergitika meliputi materi-materi; Prinsip Dasar Metabolisme, Metabolisme Karbohidrat, Siklus Asam Sitrat, Metabolisme Lipid, Transpor Elektron dan Fosforilasi Oksidatif; dan Metabolisme Nitrogen.





Spektroskopi Elusidasi Struktur Molekul Organik

Marham Sitorus
ISBN : 978-979-756-555-8
Harga : Rp 46.800,00
Halaman : viii+96

Sinopsis :
Spektroskopi Elusidasi Struktur Molekul Organik

Senyawa Organik ditinjau dari jenis unsur penyusunnya relatif sederhana yaitu dari unsur utama Karbon (C) dan Hidrogen (H) yang dikenal sebagai hidrokarbon. Derivat hidrokarbon biasanya mengandung oksigen (O), Nitrogen (N), Fosfor (P), Sulfur (S) dan beberapa metaloid pada senyawa organometal seperti Si, Al dan lain-lain. Kerumitan dari senyawa organik adalah disebabkan adanya fenomena berbagai isomer yaitu senyawa yang mempunyai rumus molekul (RM) suatu senyawa organik diketahui tidak serta merta strukturnya diketahui atau tidak berlaku kaedah identitas yaitu satu struktur untuk satu RM seperti senyawa inorganik pada umumnya. Untuk penempatan struktur suatu senyawa organik maka pengetahuan spektroskopi adalah sesuatu yang mutlak. Dengan mengetahui prinsip dasar sifat spektroskopi dari suatu molekul maka struktur suatu molekul organik dapat ditentukan (dieluisidasi). Buku ini mengemukakan secara sederhana namun konprehensip tentang spektroskopi UV (analisis gugus kromofor), IR (analisis gugus fungsional) H1-NMR (Analisis perbandingan, jenis dan kedudukan Hidrogen) dan MS (analisis BM dan pola fragmentasi). Interpretasi dari gabungan sifat spektoskopi dapat digunakan untuk analisis suatu senyawa organik unknown.





Biokimia Struktur & Fungsi Biomolekul

Yohanis Ngili
ISBN : 978-979-756-448-3
Harga : Rp 154.800,00
Halaman : xii+332

Sinopsis :
Biokimia Struktur & Fungsi Biomolekul

Ilmu Biologi telah mengalami perkembangan yang revolusioner dan biokimia merupakan jantung dari perkembangan ini. Berbagai penemuan besar di dunia saat ini dapat dilakukan setelah adanya akumulasi pengetahuan biokimia yang memadai tentang struktur dan fungsi biomolekul, sintesis asam nukleat, vitamin dan koenzim, mekanisme kerja enzim, reseptor dan pengendalian metabolisme dan biokimia komparatif. Ilmu Biokimia merupakan ilmu yang mempelajari struktur, organisasi dan fungsi materi hidup pada level molekul.Pembagian kajian Biokimia mencakup Struktur dan Fungsi Biomolekul, Metabolisme dan Bioenergitika dan Aliran Informasi Genetika. Biokimia merupakan disiplin ilmu mandiri, dengan membatasi kajian pada; struktur biomolekul dan reaksi yang dijalaninya, enzim dan mekanisme biokatalis, elusidasi jalur metabolisme dan pengendaliannya, serta prinsip dari proses-proses kehidupan yang dapat dipahami melalui hukum-hukum kimia. Oleh karena itu, untuk memahami peran biokimia dalam ilmu biologi, maka diperlukan pemahaman yang mendalam mengenai: unsur-unsur kimia penyusun biomolekul, struktur dan fungsi dari ribuan senyawa biomolekul, serta peran biomolekul dalam reaksi metabolisme termasuk stoikiometri dan mekanisme reaksinya.




Kimia Organik Fisik

Marham Sitorus
ISBN : 978-979-756-328-8
Harga : Rp 48.800,00
Halaman : X+98

Sinopsis :
Kimia Organik Fisik

Mempelajari kimia organik fisik pada hakekatnya adalah mengkaji aspek fisik dari suatu senyawa organik. Dengan mengetahui secara baik aspek fisik suatu molekul organik maka dapat dirancang suatu sintesa molekul target tertentu dengan pendekatan diskoneksi terutama mensintesis suatu senyawa yang bermanfaat khususnya untuk obat-obatan yang secara alami kadarnya sangat rendah dalam makhluk hidup. Dalam perancangan suatu sintetik mutlak memahami reaktivitas starting material, jenis dan mekanisme reaksinya serta kemungkinan reksi samping yang terjadi dan bagaimana agar suatu reaksi bersifat kemoselektif. Buku ini ditulis dengan bahasa yang sederhana dan disertai dengan beberapa contoh soal. Materi pembahasan meliputi: Kinetika reaksi Reaktivitas molekul Mekanisme reaksi Reaksi radikal bebas dan senyawa polisiklik dan heterosiklik aromatic Reaksi perisiklik Sintesa organic





Kimia Koordinasi

Retno Dwi Suyanti
ISBN : 978-979-756-327-1
Harga : Rp 48.800,00
Halaman : XXIV+84

Sinopsis :
Kimia Koordinasi

Buku Kimia Koordinasi ini merupakan pelengkap Kimia Anorganik Fisik yang terkonsentrasi pada Senyawa Koordinasi, Stereokimia, Isomer, Teori Medan Kristal dan Kestabilan Kompleks. Buku ini disajikan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami pembaca. Penyajian gambar-gambar yang menarik membantu pembaca mengembangkan daya pikir sehingga pengetahuan ruangnya dalam mempelajari stereokimia berkembang. Buku ini membahas penggunaan kompleks, beberapa istilah penting, ion logam transisi dalam air serta sejarah kompleks. Glossary disusun pada akhir buku supaya bagian utama buku lebih menekankan konsep-konsep esensial yang akan mempermudah pembaca. Buku ini juga akan membantu pembaca menyadari bahwa Kimia Anorganik bukan �Kamus Kimia�.




Untuk Daftar Lengkap Buku Kimia lebih lengkap lainnya silakan hubungi kami untuk meminta katalog Daftar Lengkap Buku Kimia lebih lengkap linnya melalui email atau kontak yang tersedia. terima kasih


0 Response to "Daftar Lengkap Buku Kimia"

Poskan Komentar