Metodologi Penelitian Kualitatif

Metodologi Penelitian Kualitatif
Metodologi Penelitian Kualitatif
Kategori : Buku Statistika dan Penelitian - Statistika
Penulis : Dr. Ibrahim, MA
Penerbit : Penerbit Alfabeta
Tebal Buku : 240 Halaman
Berat Buku : 290 Gram
Harga : Rp 49.000
 
Metodologi Penelitian Kualitatif
Kekuatan penelitian ilmiah bukanlah pada kebenaran hasilnya (pernyataan ilmiah) semata, tetapi juga pada kebenaran prosesnya (metodologis). Artinya, bahwa sebuah penelitian dianggap berhasil dan dapat dipercaya bukan sekedar didapatkannya jawaban yang diinginkan dalam penelitian, melainkan juga ditentukan oleh cara-cara memperoleh (pernyataan) tersebut. Inilah yang disebut dengan kebenaran materi (isi) dan kebenaran metodologis suatu penelitian.

Karena itu, penelitian bukanlah sekedar aktivitas mencari tahu, tapi menemukan sesuatu. Penelitian bukan sekedar melaporkan informasi dan fakta sebagaimana laporan seorang pekerja jurnalis, melainkan pembuktian data. Penelitian juga bukan sekedar mendeskripsikan realitas, melainkan juga menjelaskan realitas dengan segala faktor yang terkait dalam realitas itu. Intinya, penelitian meliputi semua aspek yang terkait dengan aktivitas mencari tahu; Apa yang dicari tahu (what), mengapa perlu dicari tahu (why), bagaimana cara mencari tahu (how), dan sebagainya.

Dengan tidak bermaksud mengabaikan aspek teoritis-metodologis sebagaimana dituliskan di atas, buku ini hadir dengan warna yang sangat praktis dan aplikatif sebagai panduan bagi peminat penelitian kualitatif dasar.

0 Response to "Metodologi Penelitian Kualitatif"

Posting Komentar