Biologi Medik

Biologi Medik
Biologi Medik
Dra. Agnes Sri Harti, M.Si.
ISBN : 978-602-262-032-7
Harga : Rp 27.800,00
Halaman : VIII+58

Sinopsis :
Biologi Medik
"Biologi adalah kajian tentang kehidupan. Keanekaragaman hayati dapat terjadi pada tingkat gen, tingkat jenis, dan tingkat ekosistem yang dijumpai di permukaan bumi. Dalam perkembangannya sebagai ilmu pengetahuan, biologi memiliki cabang-cabang ilmu yang membawa manfaat besar bagi kesejahteraan manusia. Biologi medik merupakan cabang ilmu biologi dalam lingkup kesehatan yang bersifat multidisplin ilmu meliputi biologi sel, biokimia dan genetika. Materi kajian utama biologi medis adalah pembahasan tentang struktur, fungsi dan reproduktif sel ditinjau dari tingkat molekuler. Akibatnya seringkali terjadi tumpang tindih di antara materi-materi yang dibahas sehingga diperlukan batasan untuk pemisahannya. Sebagai contoh reaksi metabolisme yang diatur oleh pengaruh konsentrasi reaksi dan produk merupakan materi kajian biokimia; struktur komponen sel dipelajari dalam lingkup biologi sel; komponen dan proses replikasi DNA dipelajari dalam genetika. Namun reaksi biokimia merupakan reaksi katalisis oleh sistem enzim yang mengalami perubahan struktur; keterkaitan dalam struktur dan fungsi molekuler di dalam sel serta proses genetika secara molekuler yang melibatkan berbagai macam enzim beserta fungsinya maka dipelajari dalam lingkup biologi molekuler.

   Meskipun biologi medik khususnya biologi molekuler sebagai cabang ilmu pengetahuan terhitung relatif baru, namun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat semenjak tiga dasawarsa lalu. Perkembangan ini terjadi ketika berbagai sistem biologi khususnya mekanisme alih info hayati pada bakteri dan bakteriofag terungkap. Diawali dengan penemuan struktur double helix DNA oleh Watson dan Crick serta perkembangan Human Genom Project maka semakin banyak dipelajari dan dilakukan riset ilmiah, antara lain berkembangnya teknologi rekombinan DNA atau rekayasa genetika pada tahun 1970 an yang telah memberikan kontribusi besar dalam perkembangan biologi molekuler. Di dalam bidang kesehatan maka biologi molekuler memberik dampak pada ilmu pre-klinik seperti genetika, histologi, embriologi, fisiologi, mikrobiologi, parasitologi, patologi, imunologi dan farmakologi.

 Mekanisme di tingkat molekular merupakan kunci penting dalam membuka banyak misteri yang belum terungkap, seperti mengungkap fungsi gen terkait onset penyakit genetis, interaksi pemaparan nutrisi yang tepat dalam metabolisme gen target, atau identifikasi hubungan evolusi genetis, identifikasi DNA forensik dan kelainan genetik. Analisis biologi molekular diperlukan untuk mempermudah memahami mekanisme molekular termasuk mengidentifikasi gen, DNA finger printing, ekspresi & eksplorasi protein/enzim, serta menganalisis fungsi gen dan protein. Pada kenyataannya, berbagai teknik eksperimental baru yang terkait dengan manipulasi DNA menjadi landasan semakin berkembangnya biologi sel, genetika dan biologi molekuler untuk dipelajari.
         Pemahaman tentang biologi medik dalam lingkup kesehatan khususnya biologi sel dan genetika merupakan materi ini dalam buku ini. Oleh karena itu, besar harapan penulis semoga buku ini dapat bermanfaat pembaca dalam memahami tentang biologi sel dan genetika.

0 Response to "Biologi Medik"

Poskan Komentar